PERKEMBANGAN MATEMATIKA EROPA ABAD 13-16 : KONTRIBUSI LEONARDO FIBONACCI DALAM MEMPERKENALKAN KONSEP MATEMATIKA
DOI:
https://doi.org/10.33603/e.v12i1.9820Keywords:
Matematika Eropa, Sejarah, Leonardo Fibonacci, Konsep MatematikaAbstract
Matematika telah ada sejak zaman dahulu dan selalu mengalami perkembangan. Pada abad 13, matematika mengalami perkembangan di eropa terutama sejak diperkenalkannya sistem angka Hindu-Arab serta konsep-konsep lainnya oleh Leonardo Fibonacci dalam bukunya Liber Abaci, Eropa mengalami perubahan besar dalam cara mengolah dan memahami matematika. Namun masih sedikit kajian yang mengulas secara mendalam mengenai kontribusi para matematikawan periode abad ini. Terdapat banyak tokoh atau ilmuwan yang memiliki kontribusi besar dalam perkembangan ilmu matematika, salah satunya adalah Leonardo Fibonacci. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh karya matematikawan eropa, khususnya Leonardo Fibonacci, terhadap konsep-konsep matematika yang diperkenalkan nya dalam pengembangan matematika. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan pendekatan studi pustaka. Instrumen yang digunakan dalam penelitian berupa studi literatur manuskrip, dengan subjek penelitian meliputi karya-karya matematikawan eropa abad 13-16. Hasil penelitian ini yaitu diharapkan untuk dapat meningkatkan pengetahuan tentang matematika abad 13-16 dan tentang pentingnya kontribusi ilmuwan matematika dalam membentuk konsep-konsep matematika.
References
Adelika, A., & Hendra, H. (2023). Peran Lingkungan Politik Pada Bisnis Internasional: Pendekatan Kualitatif Studi Pustaka. Jurnal Minfo Polgan, 12(2), 2401–2405.
Agustinova, D. E. (2018). Penerapan Kurikulum 2013 pada mata pelajaran sejarah pada Sekolah Menengah Atas. ISTORIA: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sejarah, 14(1).
Akas, P. S., Eddy, S., & Titin, R. (2021). Matematika Ekonomi. Zahir Publisher.
Anwar Kurniadi, S. K., & Kep, M. (2024). Buku Ajar Matematika Militer dalam Kebencanaan. Indonesia Emas Group.
Arrifadah, Y., Rofiqoh, D., & Kusaeri, K. (2016). Dinamika perkembangan Matematika abad pertengahan hingga munculnya gerakan renaissance: implikasinya terhadap pembelajaran Matematika di Sekolah. JURNAL FOURIER (Jurnal Matematika Dan Pembelajaran), 5(2), 49–56.
Assyakurrohim, D., Ikhram, D., Sirodj, R. A., & Afgani, M. W. (2023). Metode studi kasus dalam penelitian kualitatif. Jurnal Pendidikan Sains Dan Komputer, 3(01), 1–9.
Azzahra, P., Sundari, O., Ramasanti, P. A., Ananta, G. P., Susanti, E., Meryansumanyeka, M., Zulkardi, Z., & Lesmana, H. (2024). CAK Ingkling Fibonacci: Alat Peraga Dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep Bilangan Fibonacci Siswa Smp. FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 10(1), 77–88.
Baihaqi, M. (2024). Ensiklopedi tokoh pendidikan: dari Abendanon hingga KH Imam Zarkasyi. Nuansa Cendekia.
Bussotti, P. (2015). Annales Universitatis Paedagogicae Cracoviensis Studia ad Didacticam Mathematicae Pertinentia VII (2015) Leonardo Pisano called Fibonacci, between advanced mathematics, history of mathematics and mathematics education: three examples drawn from Liber Quadratorum * * *.
Dwiyanto, D. (2002). Metode Kualitatif: Penerapannya dalam Penelitian. Diakses Dari: Https://Www. Academia. Edu/Download…, 0, 1–7.
Ekowati, D. W., & Suwandayani, B. I. (2018). Literasi numerasi untuk sekolah dasar (Vol. 1). UMMPress.
Fernandes, A. A. R. (2018). Metodologi penelitian kuantitatif perspektif sistem: Mengungkap novelty dan memenuhi validitas penelitian. Universitas Brawijaya Press.
Gusteti, M. U. (2024). Era Digital dalam Kelas Matematika: Menggabungkan Teknologi dengan Alat Peraga Tradisional. Mega Press Nusantara.
Høyrup, J. (2016). Fibonacci, Leonardo. In Encyclopedia of Islam Three (pp. 58–61). Brill.
Intan, R. (2012). Peran Perpustakaan Dalam Membantu Pengembangan Ilmu Pengetahuan Masa Islam Klasik: sebuah kajian historis tentang perpustakaan masa Bani Abbasiyah.
Kurniati, K. (2023). Peran Perpustakaan dalam Melestarikan Warisan Budaya dan Sejarah Lokal. THE LIGHT: Journal of Librarianship and Information Science, 3(2), 102–114.
Kurniawan, D. (2011). Menggenggam Mutiara dalam Angka. Be Champion.
Munthe, H. P., Rambe, J. Q., Fadly, M., & Hasibuan, R. C. (2024). Tantangan dan Trobosan Matematika Sebagai Ilmu Hitung. Jurnal Pendidikan Tambusai, 8(1), 1027–1033.
Muslim Iqbal Romadhoni, M. P., & Haryati, I. (2021). Be Moslem Scientists-Juz 3 (revisi). Elex Media Komputindo.
Nasri, N. (2019). Sains Sebagai Perluasan dari Islam. ISLAMIKA, 1(2), 102–115.
Oktavia, F. I. N. (2019). Pemanfaatan Fraktal Fibonacci Snowflake pada Pola Pengubinan.
Prihandoko, A. C. (2006). Memahami konsep matematika secara benar dan menyajikannya dengan menarik. Jakarta: Depdiknas.
Putri, N. A. (2022). Analisis Antara Bilangan K-Lucas Dengan Bilangan K-Fibonacci.
Rahim, H., Bakti, A. F., & Hasan, H. (n.d.). Sintesis kurikulum studi islam timur tengah dan barat di sekolah pascasarjana universitas islam negeri syarif hidayatullah jakarta.
Razi, M. (2017). 50 Ilmuwan Muslim Populer. QultumMedia.
Saputra, H. (2024). Al-Khawarizmi dan Warisan Ilmiahnya: Membangun Dasar-Dasar Komputasi Yang Kita Kenal Hari Ini. Jurnal Arjuna: Publikasi Ilmu Pendidikan, Bahasa Dan Matematika, 2(2), 410–418.
Sholichah, S. M. (2022). Dasar Filsafat Politik Barat Modern. Jurnal Al-Harakah.
Sholihah, H. (2019). Representasi Perkalian Pada Barisan Bilangan Dan Aplikasi Untuk Bilangan Fibonacci Yang Diperumum.
Sitorus, Z., Renyaan, A. S., SI, S., Kmurawak, R. M. B., & Lokollo, P. D. (2024). Tinjauan mendalam tentang ilmu komputer: konsep dasar, algoritma, dan perkembangan terkini: buku referensi. PT. Media Penerbit Indonesia.
Suhartawan, B., MT, M., Nurmaningtyas, A. R., Deni, H. A., MM, C. Q. M., Santje Magdalena Iriyanto, M. T., Siti Sopiah, S. S., Indah Naryanti, S. K. M., Vanchapo, A. R., & MKes, M. (2024). Metodologi Penelitian. Cendikia Mulia Mandiri.
Sujalu, A. P., & Milasari, L. A. (2023). Matematika Ekonomi untuk Universitas: Teori dan Aplikasi. Zahir Publishing.
Sulartopo, S., Kholifah, S., Danang, D., & Santoso, J. T. (2023). Transformasi Proyek Melalui Keajaiban Kecerdasan Buatan: Mengeksplorasi Potensi AI Dalam Project Management. Jurnal Publikasi Ilmu Manajemen, 2(2), 363–392.
Susilawati, W. (2017). Sejarah & filsafat matematika. Bandung: CV. INSAN MANDIRI.
Syam, M. A. (2017). Penentuan Kriteria Demarkatif untuk Nilai π dalam penerapannya secara praktis. Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar.
Zaluchu, S. E. (2021). Metode penelitian di dalam manuskrip jurnal ilmiah keagamaan. Jurnal Teologi Berita Hidup, 3(2), 249–266.
Published
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2025 Sarah Fadiya, Yulyanti Harisman

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
The author who published his work in this journal agrees to the following terms:
The author reserves the copyright and grants the first publishing rights journal, with works simultaneously licensed under the License: Creative Commons Attribution - Share Alike 4.0 Internasional License that enables others to share works with the acknowledgment of early publication and authorship of the work in this journal.