EKSPLORASI ETNOMATEMATIKA PADA PROSES PENGOLAHAN PEMBUATAN BANDREK

Rahmat Apendi, Siti Salamah Br Ginting

Abstract


Penelitian ini mengeksplorasi konsep matematika yang terlibat dalam pembu bandrek. Bandrek sebagai salah satu minuman khas Indonesia memiliki unsur matematika etnik dalam proses pembuatannya.Matematika etnik yang dipelajari adalah konsep matematika yang berkaitan dengan matematika yang dipelajari di sekolah. Oleh karena itu, matematika yang ditemukan dalam proses pembuaatantan bandrek ini dapat digunakan sebagai salah satu metode kegiatan pembelajaran matematika. Tujuan dari penelitian ini adalah menyajikan konsep matematika sebagai suatu kegiatan yaitu pada proses pembuatan bandrek. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan menggunakan metode etnografi, data diperoleh melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Uji validitas data menggunakan teknik triangulasi. Teknologi analisis data mengacu pada model Miles dan Huberman yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.Adapun hasil dari penelitian ini ditemukan konsep-konsep matematika dalam proses pembuatan Bandrek di antaranya  konsep himpunan, konsep satuan pengukuran, konsep gabungan dalam himpunan, konsep waktu, konsep geometri ruang tabung, konsep perubahan volume tabung, konsep perbandingan volume tabung. Konsep matematika yang ditemukan adalah matematika yang juga dipelajari di sekolah.

Kata Kunci: Etnomatematika, Bandrek, Volume


References


Abi, A. M. (2017). Integrasi Etnomatematika Dalam Kurikulum Matematika Sekolah. JPMI (Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia), 1(1). https://doi.org/10.26737/jpmi.v1i1.75

Anon. (2018). Manfaat Super Jahe Merah untuk Kesehatan.

Febriyanti, C. (2019). Etnomatematika Permainan Kelereng. Jurnal Matematika Dan Pembelajaran, 7(1), 32–40.

Fitriatien, S. R. (2016). Pembelajaran berbasis etnomatematika. Conference Paper. December, December 2016.

H.B. Santoso. (2008). Ragam & Khasiat Tanaman Obat.

Nirmalasari, D., Sampoerno, P. D., & Makmuri, M. (2021). STUDI ETNOMATEMATIKA: EKSPLORASI KONSEP-KONSEP TEOREMA PYTHAGORAS PADA BUDAYA BANTEN. Teorema: Teori Dan Riset Matematika, 6(2). https://doi.org/10.25157/teorema.v6i2.5472

Safitri, A. H. I., Novaldin, I. D., & Supiarmo, M. G. (2021). Eksplorasi Etnomatematika pada Bangunan Tradisional Uma Lengge. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(3). https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i3.851

Sarwoedi, Marinka, D. O., Febriani, P., & Wirne, I. N. (2018). Efektifitas etnomatematika dalam meningkatkan kemampuan pemahaman matematika siswa. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 03(02).

Supriatna, A., & Nurcahyono, N. A. (2017). Etnomatematika : Pembelajaran Matematika Berdasarkan Tahapan- Tahapan Kegiatan Bercocok Tanam Apit Supriatna Novi Andri Nurcahyono. Seminar Nasional Pendidikan Matematika.

Turmuzi, M., Sudiarta, I. G. P., & Suharta, I. G. P. (2022). Systematic Literature Review: Etnomatematika Kearifan Lokal Budaya Sasak. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1). https://doi.org/10.31004/cendekia.v6i1.1183

Ulya, H., & Rahayu, R. (2020). Kemampuan Representasi Matematis Field Intermediate Dalam Menyelesaikan Soal Etnomatematika. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9(2). https://doi.org/10.24127/ajpm.v9i2.2695

Werdiningsih, C. E. (2022). Kajian Etnomatematika Pada Makanan Tradisional (Studi Kasus Pada Lepet Ketan). Jurnal PEKA (Pendidikan Matematika), 5(2). https://doi.org/10.37150/jp.v5i2.1433




DOI: http://dx.doi.org/10.33603/e.v10i3.8770

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


EUCLID terindeks oleh DOAJ, Google Scholar, ResearchBib, IPI, IOS dan Sinta.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution - Share Alike 4.0 International License
execute(); ?>