PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIS SISWA SMA NEGERI DI KABUPATEN PEMALANG

Riska Fitriani, Leni Marlena

Abstract


Tujuan dari penelitian ini yaitu mengetahui pengaruh kecerdasan emosional siswa terhadap kemampuan literasi matematis siswa SMA Negeri di Kabupaten Pemalang. Penelitian ini merupakan penelitian survei dengan pendekatan kuantitatif. Sampel yang digunakan berjumlah 428 siswa kelas XI SMA Negeri di Kabupaten Pemalang TA 2022/2023. Data dikumpulkan melalui angket kecerdasan emosional dan soal tes kemampuan literasi matematis. Instrumen soal divalidasi oleh ahli sedangkan instrumen angket menggunakan Rasch Model. Selanjutnya nilai logit dari kecerdasan emosional dianalisis regresi linier sederhana sehingga diperoleh nilai konstanta sebesar 81.502 dan nilai koefisien regresi sebesar 0.967. Hasil uji parsial dan simultan menunjukkan nilai signifikasi sebesar 0.041 lebih kecil dari 0.05 maka H0 ditolak. Selanjutnya dilakukan uji asumsi klasik dan hasilnya semua asumsi terpenuhi. Dengan demikian dapat disimpulkan pada taraf nyata 5% kecerdasan emosional siswa mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan literasi matematis siswa SMA Negeri di Kabupaten Pemalang.

Kata kunci: literasi matematis, kecerdasan emosional, regresi


References


Agustina, V. Y., T, A. Y., & Ijuddin, R. (2021). Pengaruh Pendekatan Realistic Mathematic Education (Rme) Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Dalam Materi Lingkaran Di Sma Panca Setya Sintang. Jurnal AlphaEuclidEdu, 2(2), 191. https://doi.org/10.26418/ja.v2i2.49584

Andriyani, R., & Wilujeng, H. (2022). Analysis of Students’ Mathematical Literacy Abilities Is Reviewed From Emotional Intelligence. Prima: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 20. https://doi.org/10.31000/prima.v6i1.5293

Aprilia, A., & Sutiarso, S. (2016). Pengaruh Kemampuan Awal Terhadap Pemahaman Konsep Matematis Siswa. Euclid, 10(2), 2016.

Arifin, Z. (2017). Metodologi Penelitian Pendidikan Education Research Methodology. Higher Education Research Methodology. https://doi.org/10.4324/9781315149783

Asyrifah Zaini Wahdah, & Putri Nur Malasari. (2022). Studi Ex Post Facto: Apakah Kecerdasan Emosional Berkontribusi terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa? Journal Focus Action of Research Mathematic (Factor M), 4(2), 123–138. https://doi.org/10.30762/factor_m.v4i2.4093

Bolstad, O. H. (2021). Lower secondary students’ encounters with mathematical literacy. Springer, 35(1), 237–253. https://doi.org/10.1007/s13394-021-00386-7

Dewi, I. L. K., & Sunandar, N. (2018). Efektivitas Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Penalaran Matematis Siswa. Euclid, 5(2), 109. https://doi.org/10.33603/e.v5i2.1332

Eka Saputri, R. (2018). Pengaruh Kecerdasan Emosional Terhadap Hasil Belajar Siswa. Syntax Literate : Jurnal Ilmiah Indonesia, 3(4), 93–102.

Febrianti, L., & Rachmawati, L. (2018). Pengaruh Kecerdasan Emosional Dan Disiplin Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa di SMA Negeri 3 Nganjuk. Jurnal Pendidikan Ekonomi (JUPE), 6(2), 69–75.

Fernandes Moniaga. (2013). Struktur Modal, Profitabilitas Dan Struktur Biaya Terhadap Nilai Perusahaan Industri Keramik, Porcelen Dan Kaca Periode 2007 - 2011. Jurnal EMBA, Vol.1 No 4(4), Hal. 433-442.

Fiori, M., & Vesely-Maillefer, A. K. (2018). Emotional Intelligence as an Ability: Theory, Challenges, and New Directions. Springer, 23–47. https://doi.org/10.1007/978-3-319-90633-1_2

Fitriyani, I., & Mastur, Z. (2017). Kemampuan Literasi Matematika Siswa Ditinjau dari Kecerdasan Emosional Pada Pembelajaran Cps Berbantuan Hands On Activity. Ujmer, 6(2), 139–147.

Hasanah, U., Wardono, & Kartono. (2016). Keefektifan Pembelajaran Murder Berpendekatan Pmri Dengan Asesmen Kinerja Pada Pencapaian Kemampuan Literasi Matematika Siswa Smp Serupa Pisa. Unnes Jurnal of Mathematics Education, 5(2), 101–108.

Hidayat, T., & Marlena, L. (2023). Pengaruh Kemandirian Belajar Terhadap Kemampuan Literasi Matematis Siswa SMAN Olahragawan Ragunan. Journal Mathematics Education Sigma, 20, 48–54.




DOI: http://dx.doi.org/10.33603/e.v10i3.8768

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


EUCLID terindeks oleh DOAJ, Google Scholar, ResearchBib, IPI, IOS dan Sinta.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution - Share Alike 4.0 International License
execute(); ?>