EKSPLORASI ETNOMATEMATIKA MUSEUM DELI SERDANG

Fahriza Irfansyah, Machrani Adi putri Siregar

Abstract


Matematika dan budaya merupakan dua hal yang tidak dapat dipisahkan karena penerapan ilmu matematika selalu diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Budaya dapat dijadikan sumber pembelajaran bagi siswa di sekolah. Penerapan matematika dan budaya yang ada di sekitar siswa dapat dijadikan hal yang inovatif dalam pembelajaran serta dapat melatih siswa untuk berpikir memecahkan suatu masalah. Ilmu matematika yang dihubungkan dengan budaya dinamakan etnomatematika. Salah satu tempat bersejarah di Deli Serdang yaitu Museum Deli Serdang yang lokasinya berada di Jalan Petapahan Kec. Lubuk Pakam Kab. Deli Serdang. Dalam penelitian ini yang dijadikan sebagai etnomatematika adalah objek Museum Deli Serdang. Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk mengeksplorasi etnomatematika pada Museum Deli Serdang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan etnografi. Pengumpulan data yang dilakukan peneliti secara langsung melalui observasi, wawancara, dokumentasi, dan studi pustaka. Berdasarkan dari hasil pengamatan yang dilakukan oleh peneliti, peneliti memperoleh beberapa konsep matematika yaitu bangun datar dan bangun ruang di Museum Deli Serdang. Dari temuan eksplorasi pada Museum Deli Serdang memperoleh bahwa terdapat konsep matematika yaitu bangun datar segi empat, seperti persegi panjang, persegi, trapesium, dan bangun datar sisi lengkung berbentuk lingkaran serta bangun ruang sisi lengkung yaitu tabung.


References


Bayu, D. Y. (2021). Eksplorasi Etnomatematika Pada Rumah Adat Langkanae Di Kota Palopo [Institut Agama Islam Negeri Palopo]. http://repository.iainpalopo.ac.id/id/ eprint/3090/

Cahyadi, W., Faradisa, M., Cahyani, S., & Syahri, F.S. (2020) ‘Etnomatematika untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa’, ARITHMETIC: Academic Journal of Math, 2(2), pp. 157– 168.

Cahyanti, E. D., Sugiarti, T., Monalisa, L. A., Susanto, & Yudianto, E. (2020). Etnomatematika Pada Aktivitas Pembuatan Batik Motif Tembakau Di Rumah Produksi Batik Nhora Pengestu Ambulu Sebagai Bahan Paket Soal Tes. KadikmA, 11(2), 9–22.

D’Ambrosio, U. (2001). Ethnomathematics: Link between traditions and modernity. Sense Publishers

Intiyasningsih, Puji. (2021). Inovasi Pembelajaran Berkearifan Lokal Melalui Media Ramah Lingkungan. Jurnal Pendidikan. 498-510.

Kuntarto, A. d (2017) Etnomatematika model baru dalam pemebelajaran., jurnal gantang.

Lisnani, Zulkardi, Somakim, & P. (2020) ‘Pengenalan Bangun Datar Melalui Konteks Museum Negeri Sumatera Selatan Balaputera Dewa.’, Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(3), pp. 359–370

Maulida, S.H. (2019) Pembelajaran Matematikan Berbasis Etnomatematika Melalui Permainan Tradisional Engklek.

Munawaroh. (2016). Panduan Memahami Metodologi Penelitian. Malang: Intimedia.

Safitri, J. D., Rinaldi, A., & Suherman, S. (2021). Eksplorasi Etnomatematika Pada Upacara Adat Pernikahan Suku Lampung, Jawa, Dan Bali. MAJU : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 8(1), 386-392.

Sarwoedi, Marinka, D. O., Febriani, P., & Wirne, I.N. (2018) ‘Efektifitas Etnomatematika dalam Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Matematika Siswa’, Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 3(2).

Sembiring, Junaidi Pranata. (2016). Strategi Komunikasi Pemasaran Objek Wisata Gundaling dan Pemandian Air Panas Semangat Gunung. Jurnal Simbolika 2(1). 1-22.

Utari, Unga. (2016). Pembelajaran Tematik Berbasis Kearifan Lokal di Sekolah Dasar dalam Menghadapi Masyarakat Ekonomi Asean (MEA). Jurnal Teori Dan Praksis Pembelajaran IPS. Vol. 1 No. 1 April 2016, Issn 2503 – 1201.

Yulianti, E., & Gunawan, I. (2019). Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL): Efeknya Terhadap Pemahaman Konsep dan Berpikir Kritis. Indonesian Journal of Science and Mathematics Education, 2(3), 399–408.

Yusuf. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan Penelitian Gabungan, Jakarta : Kencana.




DOI: http://dx.doi.org/10.33603/e.v10i3.8643

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


EUCLID terindeks oleh DOAJ, Google Scholar, ResearchBib, IPI, IOS dan Sinta.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution - Share Alike 4.0 International License
execute(); ?>