KOMUNIKASI MATEMATIS TULIS SISWA MENYELESAIKAN SOAL GEOMETRI DITINJAU DARI PERBEDAAN GENDER

Oki Ulyani, Sudirman Sudirman, Santi Irawati

Abstract


Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan kemampuan komunikasi matematis tulis siswa ditinjau dari perbedaan gender dalam menyelesaikan soal geometri. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis studi kasus yang dilakukan di SMP Hidayatul Mubtadi’in Singosari Malang yang melibatkan siswa kelas tujuh. Peneliti memberikan soal geometri kepada siswa kelas tujuh, kemudian dipilih dua siswa yang terdiri dari 1 laki-laki dan 1 perempuan sebagai subjek penelitian yang memiliki kelengkapan jawaban tulis, kemampuan komunikasi matematis, belum pernah melakukan tes Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) dan bersedia dilakukan wawancara. Aspek komunikasi matematis tulis yang digunakan dalam penelitian terdiri dari tiga aspek yakni 1) menulis (writing), 2) ekspresi matematika (mathematical expression), 3) menggambar (drawing). Siswa perempuan memenuhi tiga aspek komunikasi menulis informasi dengan tepat, mengekspresikan proses penyelesaian matematis , dan merepresentasikan secara visual. Sedangkan siswa laki-laki hanya menuliskan informasi, mengekspresikan langkah penyelesaian, namun tidak menunjukkan aspek menggambar.



DOI: http://dx.doi.org/10.33603/e.v10i3.8630

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


EUCLID terindeks oleh DOAJ, Google Scholar, ResearchBib, IPI, IOS dan Sinta.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution - Share Alike 4.0 International License
execute(); ?>