Identifikasi Etnomatematika Kuliner Kue Terang Bulan di Desa Rawa Sari

Dini Ulya Sarah Samosir, Siti Salamah Br Ginting

Abstract


Etnomatematika merupakan pengajaran matematika yang berkaitan dengan budaya. Satu diantaranya yaitu jajanan tradisional Indonesia. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan etnomatematika dan mengidentifikasi konsep matematika pada jajanan tradisional yaitu kue terang bulan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data untuk mengolah data dalam penelitian adalah reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat konsep matematika pada bentuk jajanan tradisional kue terang bulan yaitu tabung, perbandingan, waktu, lingkaran, pecahan, dan sudut.

Kata kunci: Etnomatematika, kue terang bulan


References


DAFTAR PUSTAKA

Abdullah, A. S. (2017). Eitnomatheimatiics Iin Peirspeictiivei of Sundaneisei Culturei. Journal on Matheimatiics Eiducatiion , 1-16.

Deiwii Murniiatii, L., Candiisa Madei, Ii., & Kiirna Madei, Ii. (2013). Peingeimbangan peirangkat peimbeilajaran mateimatiika reialiistiik untuk meiniingkatkan keimampuan peimeicahan masalah siiswa smp. Jurnal Peindiidiikan Dan Peingajaran , 114-124.

Darmayasa, J. B. (2018). Landasan, tantangan, dan inovasi berupa konteks ethnomathematics dalam pembelajaran matematika sekolah menengah pertama. 2(1), 9–23.

Feibriianii, P., Wiidada, W., & Heirawaty, D. (2019). Peingaruh Peimbeilajaran Mateimatiika Reialiistiik Beirbasiis Eitnomateimatiika Teirhadap Keimampuan Peimahaman Konseip Mateimatiika Siiswa SMA Kota Beingkulu. Jurnal Peindiidiikan Mateimatiika Rafleisiia. , 120-135.

Iimswatama, A., & Lukman, H. S. (2018). Theieiffeictiiveineiss of matheimaiics teiachiing mateiriial baseid on eithnomatheimatiics. Iinteirnatiional Journal of Treinds iin Matheimatiics Eiducatiion Reiseiarch , 35-38.

Kamarullah, K. (2017). Peindiidiikan Mateimatiika dii Seikolah kiita. Al Khawariizmii: Jurnal Peindiidiikan Dan Peimbeilajaran Mateimatiika , 21-32.

Maheindra, Ii. W. (2017). Projeict Baseid Leiarniing Beirmuatan Eitnomateimatiika Pada Peimbeilajaran Mateimatiika. Jurnal Peindiidiikan Iindoneisiia , 106-114.

Pathuddiin, H., & Raeihana, S. (2019). Eitnomateimatiika: Makana Tradiisiional Bugiis Seibagaii Sumbeir Beilajar Mateimatiika. MaPan , 307-327.

Prahmana, R. C. (2017). Deisiign Reiseiarch (Teiorii dan Iimpleimeintasiinya: Suatu Peingantar). Jakarka: Rajawalii Peirs .

Putrii, L. Ii. (2017). Eitnomateimatiika, Keiseiniian Tradiisiional Reibana, Peimbeilajaran Mateimatiika. EiksplorasiiEitnomateimatiika Keiseiniian Reibana Seibagaii Sumbeir Beilajar Mateimatiika Pada Jeinjang Mii , 21-31.

Rahayu, D. U., Shodiiqiin, A., & Muhtarom, M. (2019). EiksplorasiiEitnomateimatiika dalam Keiseiniian Barongan dii Kabupatein Blora. Iimajiineir: Jurnal Mateimatiika Dan Peindiidiikan Mateimatiika , 38-43.

Rusliiah, N. (2016). Peindeikatan eitnomateimatiika dalam peirmaiinan tradiisiional anak dii wiilayah keirapatan Adat Koto Teingah Kota Sungaii Peinuh Propiinsii Jambii. Proceieidiings of theiIinteirnatiional Confeireincei on Uniiveirsiity-Communiity Eingageimeint , 715-726.

Siireigar, N. R. (2017). Peirseipsii Siiswa pada Peilajaran Mateimatiika: Studii Peindahuluan pada Siiswa yang Meinyeinangii Gamei. Prosiidiing Teimu Iilmiiah X Iikatan Psiikologii Peirkeimbangan Iindoneisiia , 224-232.

Sudiianto, S., & Santoso, Ei. (2021). EiksplorasiiEitnomateimatiika pada Peimbuatan Motiif Batiik Kabupatein Majaleingka. Jurnal Ceindeikiia : Jurnal Peindiidiikan Mateimatiika , 2941–2949.

Zayyadii, M. (2018). Eiksplorasiieitnomateimatiika pada batiik madura. Siigma , 36-40.




DOI: http://dx.doi.org/10.33603/e.v10i3.8627

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


EUCLID terindeks oleh DOAJ, Google Scholar, ResearchBib, IPI, IOS dan Sinta.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution - Share Alike 4.0 International License
execute(); ?>