ANALISIS PEMBELAJARAN MASTER TERHADAP KEMAMPUAN KONEKSI, DISPOSISI, PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA SD KELAS IV SD

Desi Sri Rahayu, Rora Rizky Wandini

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah menganalisis model pembelajaran MASTER ditinjau dari konektivitas, disposisi, dan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas IV. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis studi studi kasus (case studies). Subyek penelitian ini adalah siswa kelas IV yang mempelajari matematika. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, tes, dokumentasi, dan triangulasi data. Berdasarkan hasil penelitian ini, kemampuan koneksi matematika siswa meningkat sebesar 21,4%, disposisi matematika siswa meningkat sebesar 42,9%, dan kemampuan pemecahan masalah matematika meningkat sebesar 35,7%setelah siswa kelas IV menerapkan model pembelajaran MASTER

References


Azizah, Dewi, Rizka Innayah, and Dewi Mardhiyana. 2019. “Penerapan Model Pembelajaran Master Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Siswa Di Sma N 1 Doro.” Jurnal Litbang Kota Pekalongan 16: 58–64. https://doi.org/10.54911/litbang.v16i0.97.

Daffa Tasya Pratiwi, and Fitri Alyani. 2022. “Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas V SD Pada Materi Pecahan.” Journal for Lesson and Learning Studies 5 (1): 136–42. https://doi.org/10.23887/jlls.v5i1.49100.

Davita, Putri Wulan Clara, and Heni Pujiastuti. 2020. “Anallisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Ditinjau Dari Gender.” Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif 11 (1): 110–17. https://doi.org/10.15294/kreano.v11i1.23601.

Fadhilaturrahmi. 2019. “PENGARUH PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GI TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIK SISWA SEKOLAH DASAR.” Jurnal Ilmu Pendidikan 1 (1): 43–46. https://edukatif.org/index.php/edukatif/index.

Fadli, Muhammad Rijal. 2021. “Memahami Desain Metode Penelitian Kualitatif.” Humanika 21 (1): 33–54. https://doi.org/10.21831/hum.v21i1.38075.

Febriyani, Anita, Arif Rahman Hakim, and Nadun Nadun. 2022. “Peran Disposisi Matematis Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika.” Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika 2 (1): 87–100. https://doi.org/10.31980/plusminus.v2i1.1546.

Fendrik, Muhammad, Pengembangan Kemampuan, and Koneksi Matematis. 2019. Koneksi Matematis Dan Habits of Mind Pada Siswa.

Hakim, Arif Rahman. 2019. “Menumbuhkembangkan Kemampuan Disposisi Matematis Siswa Dalam Pembelajaran Matematika.” Prosiding Diskusi Panel Nasional Pendidikan Matematika 5 (80): 555–64. http://proceeding.unindra.ac.id/index.php/DPNPMunindra/article/view/3933.

Harahap, Nursapia. 2020. PENELITIAN KUALITATIF. https://www.ptonline.com/articles/how-to-get-better-mfi-results.

Hardani, Nur Hikmatul Aulia, Helmina Andriani, Roushandy Asri FArdani, Jumari Ustiawati, Evi Fatmi Utami, Dhika Juliana Sukma, Ria Rahmatul Istiqamah. 2020. Buku Metode Penelitian Kualitatif & Kuantitatif. Yogyakarta.

Khasanah, Nurlaila. 2021. “Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Quitters Ditinjau Dari Kemampuan Metakognitif.” PYTHAGORAS Jurnal Pendidikan Matematika 16 (1): 44–58. https://doi.org/10.21831/pg.v16i1.34509.

La’ia, Hestu Tansil, and Darmawan Harefa. 2021. “Hubungan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Dengan Kemampuan Komunikasi Matematik Siswa.” Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal 7 (2): 463. https://doi.org/10.37905/aksara.7.2.463-474.2021.

Mariam, Shinta, Nuni Nurmala, Devina Nurdianti, Nadila Rustyani, Amaliya Desi, and Wahyu Hidayat. 2019. “Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa MTsN Dengan Menggunakan Metode Open Ended Di Bandung Barat.” Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika 3 (1): 178–86. https://doi.org/10.31004/cendekia.v3i1.94.

Martinah, Ani Sopiani, Oktavia Hari Kharisma, and Sri Purwanti Nasution. 2019. “PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MASTER TERHADAP LITERASI MATEMATIS DITINJAU DARI” 2 (2): 75–81.

Murdiyanto, Eko. 2020. Metode Penelitian Kualitatif (Sistematika Penelitian Kualitatif). Bandung: Rosda Karya. http://www.academia.edu/download/35360663/METODE_PENELITIAN_KUALITAIF.docx.

Nurudini, Nadia, Susiswo Susiswo, and Sisworo Sisworo. 2019. “Koneksi Matematis Siswa Dalam Menyelesaikan Masalah Tidak Lengkap Dalam Diskusi Kelompok.” Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan 4 (10): 1323. https://doi.org/10.17977/jptpp.v4i10.12838.

Rianti Rahmalia, Hajidin, dan BI. Ansari. 2020. “PENINGKATAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DAN DISPOSISI MAMTEMATIS SISWA SMP MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING.” Numeracy 7 (1): 137–49.

Ritonga, A H. 2020. “Upaya Meningkatkan Kemampuan Koneksi Matematis Siswa Dengan Menerapkan Pembelajaran React Berbantuan Matlab,” 129–36. http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/41394%0Ahttp://digilib.unimed.ac.id/41394/6/9. NIM. 4151111007 CHAPTER I.pdf.pdf.

Ryan, Cooper, and Tauer. 2023. “PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MASTER (MOTIVATING, ACQUIRE, SEARCH OUT, TRIGGER, EXHIBIT, REFLECT) TERHADAP KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS DITINJAU DARI SELF REGULATION.” Paper Knowledge . Toward a Media History of Documents, 12–26.

Siburian, Rosinta, Sinta D Simanjuntak, S Si, M Pd, Frida M A Simorangkir, S Si, M Pd, and Kata Kunci. 2019. “Penerapan Pembelajaran Diferensiasi Dalam Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Pada Pembelajaran Daring” 6 (2): 1–3.

Sikky Rokhayah, Khamdun, Himmatul Ulya. 2021. “Profil Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Ditinjau Dari Gaya Belajar.” Ilmiah UPT P2M STKIP Siliwangi 2 (2): 193. https://doi.org/10.22236/kalamatika.vol2no2.2017pp193-206.

Sritresna, Teni. 2019. “Meningkatkan Kemampuan Koneksi Matematis Siswa Melalui Model Pembelajaran Cooperative-Meaningful Instructional Design (C-MID).” Jurnal Pendidikan Matematika 5 (1): 38–47. http://e-mosharafa.org/index.php/mosharafa/article/view/mv4n1_5/202.

Subeni., Lili. 2018. “Jurnal Pendidikan Fisika Universitas Muhammadiyah Makassar Penerapan Konsep Accelerated Teaching Model MASTER Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Fisika Siswa” 6: 189–202.

Sugioyono, Prof.Dr. 2020. METODE PENELITIAN KUALITATIF. Edited by Sofia Yustianti Suryandari. Bandung: ALFABETA CV.

Suparti. 2021. “PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MASTER ( Motivating , Acquiring , Searching , Triggering , Exhibiting , Reflecting ) BERBASIS EDUTAIMENT TERHADAP KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS DITINJAU ( Motivating , Acquiring , Searching , Triggering , Exhibiting ,.”

Supianti, In In, Poppy Yaniawati, Adhitya Gilang Ramadhan, Muhamad Setyaji, and Pipit Puspitasari. 2022. “Improving Connection Ability and Mathematical Disposition of Junior High School Students with Connecting, Organizing, Reflecting, Extending (CORE) Learning Model.” Jurnal Pendidikan Matematika 16 (2): 187–202. https://doi.org/10.22342/jpm.16.2.17079.187-202.

Syafar, Nur Khalisa, Nurdin Arsyad, and Djadir. 2020. “Analisis Kemampuan Koneksi Matematika Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Ditinjau Dari Kemampuan Penyelesaian Soal Siswa Kelas XI.” SIGMA: Suara Intelektual Gaya Matematika 12 (1): 89–98.

Taza Yuni Vira, Aniswita. 2022. “PENGARUH KECERDASAN LOGIS MATEMATIS TERHADAP DISPOSISI Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan , Institut Agama Islam Negeri Bukittinggi” 3 (2): 160–66.

Ulfa, Yoshe Larissa, and Yenita Roza. 2022. “Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMA Pada Materi Jarak Pada Bangun Ruang” 11 (September): 415–24.




DOI: http://dx.doi.org/10.33603/e.v10i3.8622

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


EUCLID terindeks oleh DOAJ, Google Scholar, ResearchBib, IPI, IOS dan Sinta.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution - Share Alike 4.0 International License
execute(); ?>