ANALISIS PENALARAN KOVARIASIONAL SISWA KELAS XI MAN KOTA BATU PADA MATERI LIMIT FUNGSI ALJABAR
Abstract
Artikel ini bertujuan untuk menganalisis penalaran kovariasional siswa kelas XI MAN Kota Batu dalam pembelajaran materi limit fungsi aljabar. Metode penelitian yang digunakan dalam artikel ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan Eksploratif Partisipan penelitian ini adalah siswa kelas XI di MAN Kota Batu yang sudah mempelajari materi limit fungsi aljabar. Data dikumpulkan melalui tes tulis, observasi pengerjaan tes, dokumentasi, dan wawancara dengan siswa untuk memperoleh pemahaman lebih mendalam tentang penalaran kovariasional mereka. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dua siswa memiliki pemahaman awal tentang limit fungsi aljabar, sehingga dapat mengenali dan menerapkan informasi kovariasional dalam konteks limit. Dua Siswi mampu mengetahui hubungan antara variabel yang relevan dan mampu menggunakan informasi penalaran kovariasional untuk mencapai pemahaman yang lebih mendalam tentang limit fungsi aljabar. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penalaran kovariasional merupakan aspek yang penting dalam pembelajaran materi limit fungsi aljabar. Penting bagi guru untuk secara eksplisit mengajarkan konsep penalaran kovariasional kepada siswa dan memberikan latihan yang melibatkan pengenalan dan penerapan informasi kovariabel dalam konteks limit fungsi aljabar. Hal ini dapat membantu siswa mengembangkan kemampuan penalaran kovariasional yang lebih baik dalam memahami dan memecahkan masalah terkait limit fungsi aljabar.
Kata Kunci: Penalaran, Kovariasional, siswa, kelas XI ,limit fungsi aljabar, Pembelajaran Matematika, Pemahaman Konsep
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Carlson, M., Jacobs, S., Coe, E., Larsen, S., & Hsu, E. 2002. Applying Covariational Reasoning While Modeling Dynamic Events: A Framework and a Study. Journal for Research in Mathematics Education
Koklu, O. 2007. An Investigation of College Students’ Covariational Reasonings. USA: Florida State University (Ph.D. Dissertation).
Moore, K. C., & Bowling, S. A. 2008. The Development of Covariational Thinking in a College Algebra. Proceedings for the Eleventh Special Interest Group of Mathematical Assosiation of America on Research in Undergraduate Mathematics Education, California
Subanji. 2006. Berpikir Pseudo Penalaran Kovariasi dalam Mengkonstruksi Grafik Fungsi Kejadian Dinamik: Sebuah Analisis Berdasarkan Kerangka Kerja VL2P dan Implikasinya pada Pembelajaran Matematika. Jurnal Ilmu Pendidikan.
Thompson, R.A. (1994). Emotion Regulation: A Theme in Search of Definition. Monographs of the Society for Research in Child Development,
Walidin, W., Saifullah, & Tabrani. (2015). Metodologi Penelitian Kualitatif & Grounded Theory. Aceh: FTK Ar-Raniry Press
DOI: http://dx.doi.org/10.33603/e.v10i3.8605
Refbacks
- There are currently no refbacks.
EUCLID terindeks oleh DOAJ, Google Scholar, ResearchBib, IPI, IOS dan Sinta.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution - Share Alike 4.0 International License