DESAIN DIDAKTIS UNTUK MENGATASI KESULITAN BELAJAR MATEMATIKA SISWA TUNAGRAHITA PADA MATERI BILANGAN BULAT

Ika Meika, Neng Winda Melinda

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak dari desain didaktis materi bilangan bulat yang dibuat sesuai dengan kesulitan yang dialami siswa tunagrahita. Penelitian dilakukan dengan menggunakan metode kualitatif berdasarkan tahapan Didactical Design Research (DDR). Metode ini dilakukan melalui tiga tahap yaitu: tahap analisis situasi didaktis sebelum pembelajaran, tahap metapedadidaktik, dan tahap retrosfektif. Desain didaktis berupa modul yang memuat permasalahan-permasalahan berdasarkan kesulitan siswa tunagrahita. Hasil penelitian menunjukkan bahwa desain didaktis yang diberikan dapat meminimalisir kesulitan siswa tunagrahita, hal tersebut dapat terlihat dari pengerjaan modulnya.

Kata Kunci: Desain didaktis, Bilangan Bulat, Tunagrahita, DDR


References


Aisah, L. S., Kusnandi, & Yulianti, K. (2016). Desain Didaktis Konsep Luas Permukaan dan Volume Prisma Dalam Pembelajaran Matematika SMP. Mathline: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 1(1), 14–22. https://doi.org/10.31943/mathline.v1i1.9

Aras, I., Hermansyah, H., & Darmayasa, J. B. (2021). Pembelajaran Operasi Penjumlahan dan Pengurangan Bilangan Bulat Menggunakan Garis Bilangan. Al-Khwarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, 9(1), 13-28. https://doi.org/10.24256/jpmipa.v9i1.1339

Ariyani, N. I. (2013). Pengaruh Implementasi Media Game Edukasi Matematika untuk Meningkatkan Kemampuan Menjumlahkan Bagi Anak Tunagrahita Ringan di Sdlb-C Demak [Universitas Dian Nuswantoro]. https://eprints.dinus.ac.id/12261

Cahyadi, M. H., & Noto, M. S. (2023). Desain Bahan Ajar Berbasis Geogebra Pada Kemampuan Pemahaman Matematis Dengan Materi Geometri Transformasi SMK. Euclid, 10(1), 55-75. http://dx.doi.org/10.33603/e.v10i1.8495

Cahyadi, R. A. H. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Addie Model. Halaqa: Islamic Education Journal, 3(1), 35–43. https://doi.org/10.21070/halaqa.v3i1.2124

Diva, S. A., & Purwaningrum, J. P. (2022). Penyelesaian Soal Cerita pada Siswa Diskalkulia ditinjau dari Teori Bruner dengan Metode Drill. Plus Minus: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 1–14. https://doi.org/10.31980/plusminus.v2i1.1520

Erlinda, Y. (2016). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Perkalian Bersusun Kesamping Melalui Metode Drill Bagi Anak Tunagrahita Ringan. Jurnal Konseling Dan Pendidikan, 4(3), 18–23. https://doi.org/10.29210/18700

Friantini, R. N., Winata, R., & Permata, J. I. (2020). Pengembangan Modul Kontekstual Aritmatika Sosial Kelas 7 SMP. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 04(02), 562–576. https://doi.org/10.31004/cendekia.v4i2.278

Handayani, W. (2020). Pengaruh Penggunaan Metode Permainan dengan Papan Angka terhadap Motivasi dan Prestasi Belajar Matematika Materi Operasi Hitung Perkalian dan Pembagian pada Siswa Kelas V MI Ma’arif Cekok Babadan Ponorogo Tahun Ajaran 2019/2020 (Doctoral dissertation, IAIN Ponorogo). http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/9396

Lestari, H. T. (2017). Proses Berpikir Siswa Tunagrahita Sedang Kelas VII Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Berbantuan Alat Peraga Papan Aljabar Di SMPLB-C TPA Balung [Universitas Jember]. http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/82544

Lestari, L. A., & Umbara, U. (2022). Bahan Ajar Desain Didaktis pada Pokok Bahasan Statistika untuk Siswa SMP/MTs - Sederajat. SJME (Supremum Journal of Mathematics Education), 6(1), 93–110. https://doi.org/10.35706/sjme.v6i1.5464

Meika, I., Melinda, N. W., Rifa’i, R., & Sujana, A. (2022). Learning Obstacle Siswa Tunagrahita pada Materi Bilangan Bulat. JPPM (Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran Matematika), 15(2), 292–306. https://doi.org/10.30870/jppm.v15i2.16361

Oktafiyani, D. (2019). Analisis Kesulitan Belajar Matematika Anak Berkebutuhan Khusus Tunarahita (Intellectual Disability) Kelas X Pada Materi Operasi Bilangan Asli Di SLB-C Negeri Tulungagung [Institut Agama Islam Negeri Tulungagung]. http://repo.uinsatu.ac.id/11022/

Pangestu, D. C. (2021). Analisis Proses Berpikir Siswa Tunagrahita Ringan Dalam Menyelesaikan Masalah Pembagian Di Smp Muhammadiyah 2 Inovasi Malang (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Malang). http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/81974

Pasiakan, M. (2021). Peningkatan Kemampuan Operasi Pengurangan Melalui Penggunaan Media Balok Cuisenaire Pada Anak Tunagrahita Kelas III di SLB Negeri 1 Gowa. [Universitas Negeri Makassar]. http://eprints.unm.ac.id/22519/

Putra, R. W. Y., & Setiawati, N. (2018). Pengembangan Desain Didaktis Bahan Ajar Persamaan Garis Lurus. JPPM (Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran Matematika), 11(1), 139–148. https://doi.org/10.30870/jppm.v11i1.2992

Suryadi, D. (2013). Didactical design research (DDR) dalam pengembangan pembelajaran matematika. In Prosiding seminar nasional matematika dan pendidikan matematika, 1(1), 3-12.

Susanti, M. Y., & Iswari, M. (2013). Efektivitas Media Pita Garisbilangan Dalam Meningkatkan Kemampuan Penjumlahan Bagi Anak Tunagrahita Ringan Kelas Div/C Di Slb Limas Padang. Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus, 2(3). https://doi.org/10.24036/jupe20950.64

Syahwela, M. (2020). Pengembangan Media Komik Matematika SMP. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 04(02), 534–547. https://doi.org/doi.org/10.31004/cendekia.v4i2.235

Wende, G. (2022). Peningkatan Kemampuan Berhitung Penjumlahan Melalui Penggunaan Media Gambar Pada Murid Tunagrahita Ringan Kelas Dasar II Di SLB Negeri Ende. http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/21667

Wasielewski, L. M. (2016). Academic Performance of Students with Disabilities in Higher Education: Insights from a Study of One Catholic College. Journal of Catholic Education, 20(1), 136–151. https://doi.org/10.15365/joce.2001062016




DOI: http://dx.doi.org/10.33603/e.v10i3.8604

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


EUCLID terindeks oleh DOAJ, Google Scholar, ResearchBib, IPI, IOS dan Sinta.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution - Share Alike 4.0 International License
execute(); ?>