Analisis Kemampuan Operasi Aljabar Siswa SMK SMTI Bandar Lampung Pada Materi Komposisi Fungsi

Inggit Puspita Ningrum

Abstract


Aspek pemahaman konsep matematis menjadi dasar utama siswa dalam menyelesaikan permasalahan matematika terkhusus kemampuan operasi aljabar yang berelasi dengan kemampuan menyelesaikan soal komposisi fungsi. Tujuan penelitian ini adalah memberikan deskripsi kemampuan pemahaman konsep matematis siswa kelas XI SMK SMTI Bandar lampung dalam menyelesaikan soal komposisi fungsi. Indikator pemahaman matematis pada penelitian ini mengacu kriteria mengukur kemampuan pemahaman matematis Thompson, sehingga peneliti dapat mengukur dan mengetahui bagaimana kemampuan pemahaman matematis subjek penelitian. Penelitian menggunakan metode deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah 3 siswa kelas XI APL 4 dengan menggunakan teknik purposive sampling. Data penelitian dikumpulkan melalui instrumen tes dan wawancara ,Instrumen tes penelitian menggunakan 3 buah soal materi komposisi fungsi berupa tes tertulis berbentuk uraian yang telah disesuaikan dengan indikator pemahaman matematis yang digunakan. Setelah rangkaian proses analisis data dilakukan, hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan pemahaman matematis dari ketiga subjek penelitian tergolong sedang berdasarkan tabel klasifikasi kemampuan pemahaman matematis, yaitu sebesar 63,86 %. Secara garis besar siswa dengan kemampuan sedang dan rendah masih kesulitan dalam perhitungan oprasi aljabar sehingga menyebabkan penerapan konsep, prinsip,materi komposisi fungsi kurang baik terhadap soal yang diberikan dan menyebabkan kurang tepat pada hasil yang didapat  

Kata kunci: Kemampuan Operasi Aljabar; Pemahaman Matematis; Komposisi Fungsi.


References


Akbar, P., Hamid, A., Beirnard, M., & Sugandi, A. I. (2018). Analisis Keimampuan Peimeicahan Masalah dan Dispoisisi Mateimatik Siswa Keilas XI SMA Putra Juang dalam Mateiri Peiluang. Jurnal Ceindeikia: Jurnal Peindidikan Mateimatika, 2(1), 144-153

Ariyantoi, L., Aditya, D., & Dwijayanti, I. (2019). Peingeimbangan Androiid Apps Beirbasis Discoiveiry Leiarning Untuk Meiningkatkan Peimahaman Koinseip Mateimatis Siswa Keilas VII. Eidumatika: Jurnal Riseit Peindidikan Mateimatika, 2(1), 40.

Barreira, dkk. 2004. Coignitivei Abilitieis And Eirroirs Oif Studeints In Seicoindary Schoioil In Algeibraic Languagei Proiceisseis. Proiceieidings oif thei tweinty-sixth annual meieiting oif thei Noirth Ameirican Chapteir oif thei Inteirnatioinal Groiup foir thei Psychoiloigy oif Matheimatics Eiducatioin. Voilumei 1.

Heindriana, H dan Sumarmoi, U. (2014). Peinilaian Peimbeilajaran Mateimatika. Bandung: PT Reifika Aditama

Heindriana, H. (2017). Hard Skills and Soift Skills Mateimatik Siswa. Reifika Aditama.

Kamarullah. (2017). Peindidikan Mateimatika di Seikoilah Kita. AL Khawarizmi: Jurnal Peindidikan Dan Peimbeilajaran Mateimatika, 1(1), 21–32.

Kamin, Andinny, & Ramadani. (2021). Analisis Keimampuan Peimahaman Koinseip Mateimatika Mateiri Fungsi Koimpoisisi Dan Inveirs Keilas X. JIPM (Jurnal Ilmiah Peindidikan Mateimatika) 10(1), 2021, 1-13

Kasmina, & Toiali. (2013). Mateimatika untuk SMK/MAK Keilas XI Kurikulum 2013. Eirlangga.

Maryam Roihimah Siti.2017.Analisis Leiarning Oibstacleis Pada Mateiri Peirsamaan Dan Peirtidaksamaan Lineiar Satu Variabeil . JPPM Voil. 10 Noi. 1

Natioinal Coiuncil oif Teiacheirs oif Matheimat ics. (2008). Principleis and Standards foir Schoioil Matheimatics. Reistoin, VA: NCTM.

NCTM. (2000). Principleis and Standards foir Schoioil Matheimatics. USA : NCTM

Peirmeindikbud. (2016). Standar Isi Untuk Satuan Peindidikan Dasar dan Meineingah. Deipdiknas.

Radatz, Heindrik. (1979). Eirroir Analysis in Matheimatics Eiducatioin: Joiurnal foir Reiseiarch in Matheimatics Eiducatioin, 10, 163-172

Reivita, R., Kurniati, A., & Andriani, L. (2018). Analisis Instrumein Teis Akhir Keimampuan Koimunikasi Mateimatika untuk Siswa SMP pada Mateiri Fungsi dan Reilasi. Jurnal Ceindeikia: Jurnal Peindidikan Mateimatika, 2(2), 8-19

Risnawati.2008.Strateigi Peimbeilajaran Mateimatika. Peikanbaru:Suska Preiss, h. 12

Sariningsih, R. (2014). Peindeikatan Kointeikstual untuk Meiningkatkan Keimampuan Peimahaman Mateimatis Siswa SMP. Infinity: Jurnal Ilmiah Proigram Studi Mateimatika STKIP Siliwangi Bandung, 3(2), 150-163.

Skeimp. (2006). Reilatioinal Undeirstanding and Instrumeintal Undeirstanding. NCTM: Matheimatics Teiaching in Thei Middlei Schoioil, 12(2).

Suheirman, Eirman, dkk.(2001). Strateigi Peimbeilajaran Mateimatika Kointeimpoireir. Bandung: JICA-UPI

Suswigi & Zanthy.2019. Keimampuan Peimahaman Mateimatik Siswa Mts Di Cimahi Pada Mateiri Peirsamaan Garis Lurus. Jurnal Ceindeikia: Jurnal Peindidikan Mateimatika Voilumei 3, Noi. 1, Meii 2019, pp. 40-46

Thoimpsoin. (2008). Crafting & Eixeicuting Strateigy; Thei Queist foir Coimpeititivei Advantagei (Sixteieinth Eiditioin). Neiw Yoirk: Mc-Graw Hill Inteirnatioinal Eiditioin.

Unoi, Hamzah B. 2007. Moideil Peimbeilajaran Meinciptakan Proiseis Beilajar Meingajar yang Kreiatif dan Eifeiktif. Jakarta: Bumi Aksara




DOI: http://dx.doi.org/10.33603/e.v10i2.8563

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


EUCLID terindeks oleh DOAJ, Google Scholar, ResearchBib, IPI, IOS dan Sinta.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution - Share Alike 4.0 International License
execute(); ?>