Eksplorasi Etnomatematika Pada Bangunan Gapura Pramuka

Joko Soebagyo, Alifah Noer

Abstract


Metode etnografi yang digunakan dalam penelitian ini, bertujuan untuk mengeksplorasi konsep etnomatematika yang terdapat pada bangunan Gapura Pramuka. Penelitian ini fokus kepada kegiatan ekstrakurikuler Pramuka karena dianggap mampu membentuk jiwa kepemimpinan anggotanya. Gapura Pramuka memiliki bentuk-bentuk geometris yang dapat digunakan sebagai media dalam pembelajaran matematika khususnya materi geometri sehingga memberikan nuansa pembelajaran yang kontekstual dan pemahaman konsep matematika. Teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi digunakan dalam pengumpulan data penelitian. Teknik triangulasi yang digunakan dalam keabsahan data yaitu menggunakan jenis triangulasi metode. Hasil penelitian menunjukan bahwa pada bangunan Gapura Pramuka terdapat bentuk-bentuk geometris, yaitu limas segitiga, segitiga siku-siku, belah ketupat, trapesium, persegi panjang, geometri transformasi, garis sejajar, dan berpotongan. Eksistensi media belajar dalam Gapura Pramuka memiliki keuntungan dengan memberikan perspektif nyata terkait geometri sehingga lebih mudah memahami konsep matematika  yang sedang dipelajari.

Kata Kunci: Etnomatematika, Gapura Pramuka, Ekstrakulikuler


Full Text:

PDF

References


Abdullah, A. A. (2020). Etnomatematika; Eksplorasi Transformasi Geometri Pada Ragam Hias Cagar Budaya Khas Yogyakarta. Jurnal Ilmiah Soulmath : Jurnal Edukasi Pendidikan Matematika, 8(2), 131–138. https://doi.org/10.25139/smj.v8i2.3107

Abdussamad, D. H. Z. (2021). Metode Penelitian Kualitatif. CV. Syakir Media Press.

Agustini, N. K. A., Leton, S. I., & Fernandez, A. J. (2019). Studi Etnomatematika Pada Budaya Masyarakat Larantuka. Asimtot : Jurnal Kependidikan Matematika, 1(1), 27–32. https://doi.org/10.30822/asimtot.v1i1.95

Alvian, D. N., Agustito, D., Arigiyati, T. A., Harini, E., & Adi, S. (2021). Identifying Geometrical Objects in Sumur Gumuling Tamansari : An Ethnomathematics Analysis. Journal of Physics: Conference Series, 1778(012021), 1–8. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1778/1/012021

Andriliani, L., Amaliyah, A., Putry Prikustini, V., & Daffah, V. (2022). Analisis Pembelajaran Matematika Pada Materi Geometri. SIBATIK JOURNAL: Jurnal Ilmiah Bidang Sosial, Ekonomi, Budaya, Teknologi, Dan Pendidikan, 1(7), 1169–1178. https://doi.org/10.54443/sibatik.v1i7.138

Asdar, A., Talib, A., & UNM, M. S.-S. N. L. (2021). Etnomatematika Pada Bangunan Pionering Pramuka. Proceddings of National Seminar, 976–986.

Ashari, M. L. (2015). Analisis Tingkat Berpikir Kreatif Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Bangun Ruanng Sisi Datar Pada Siswa Kelas VIII A-1 MTs Negeri Munjungan.

Biladina, S. G., Dewi, H. L., & ... (2021). Etnomatematika Gapura Nusantara Pekalongan Dan Implementasinya Dalam Pembelajaran Matematika. ProSANDIKA UNIKAL, 2(1), 229–236.

Bustan, A. W., Salmin, M., & Talib, T. (2022). Transformasi Geometri Pada Batik Malefo. Jupitek, 4(2), 87–94.

Creswell, J. W. (2013). Qualitative Inquiry & Research Design Choosing Among Five Approach. In SAGE (Third Edit). SAGE Publications. Inc.

Ekowati, D. W., Kusumaningtyas, D. I., & Sulistyani, N. (2017). Ethnomathematica Dalam Pembelajaran Matematika (Pembelajaran Bilangan Dengan Media Batik Madura, Tari Khas Trenggal Dan Tari Khas Madura). Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Sekolah Dasar, 5(2), 716–721. https://doi.org/https://doi.org/10.22219/jp2sd.v5i2.4820

Fauzi, A., & Lu’luilmaknun, U. (2019). Etnomatematika Pada Permainan Dengklaq Sebagai Media Pembelajaran Matematika. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 8(3), 408. https://doi.org/10.24127/ajpm.v8i3.2303

Fauzi, A., Rahmatih, A. N., Sobri, M., & Widodo, A. (2020). Etnomatematika : Eksplorasi Budaya Sasak Sebagai. 5(1), 1–13.

Herlince, I., Tupen, S. N., & Seto, S. B. (2021). Eksplorasi Etnomatematika Pada Kain Tenun Ikat Masyarakat Sikka. Jupika: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 169–180. https://doi.org/10.37478/jupika.v4i2.842

Husni Mubarak, Irawani, A. (2017). Materi Pramuka.

Ikhsan, Z. (2016). Menumbuhkan Kreativitas Peserta Didik melalui Kegiatan Ekstrakurikuler Pramuka di MTs Al-Islam Joresan Mlarak Ponorogo Tahun Pelajaran 2015/2016. In Laporan skripsi (Vol. 01, Issue 01).

Irsyad, M., Sujadi, A. A., & Setiana, D. S. (2020). Eksplorasi Etnomatematika pada Candi Asu. UNION: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 8(1), 11–19. https://doi.org/10.30738/union.v8i1.7609

Kamarullah, K. (2017). Pendidikan Matematika Di Sekolah Kita. Al Khawarizmi: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika, 1(1), 21. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.22373/jppm.v1i1.1729

Katrina Ramadhani. (2019). Pengaruh Ekstrakurikuler Pramuka terhadap Karakter Mandiri , Integritas dan Nasionalisme pada Siswa Sekolah Dasar. Universitas Negeri Semarang.

Permendikbud nomor 22, Pub. L. No. 22 (2016).

Kholisa, F. N. (2021). Eksplorasi Etnomatematika Terhadap Konsep Geometri pada Rumah Joglo Pati. CIRCLE : Jurnal Pendidikan Matematika, 1(02), 89–108. https://doi.org/10.28918/circle.v1i02.4225

Krismonita, M. D., Sunardi, S., & Yudianto, E. (2021). Eksplorasi Etnomatematika pada Candi Agung Gumuk Kancil Banyuwangi sebagai Lembar Kerja Siswa. Journal of Mathematics Education and Learning, 1(2), 149. https://doi.org/10.19184/jomeal.v1i2.24327

Kristiono, N. (2018). Buku Pintar Pramuka untuk Madrasah Ibtidaiyah. In Researchgate.Net (Issue April).

Maharani, A., & Maulidia, S. (2018). Etnomatematika Dalam Rumah Adat Panjalin. Wacana Akademika: Majalah Ilmiah Kependidikan, 2(2), 224. https://doi.org/10.30738/wa.v2i2.3183

Maknun, C. L., Rosjanuardi, R., & Jupri, A. (2019). From Ratios of Right Triangle to Unit Circle: An Introduction to Trigonometric Functions. Journal of Physics: Conference Series, 1157(2). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1157/2/022124

Mekarisce, A. A. (2020). Teknik Pemeriksaan Keabsahan Data pada Penelitian Kualitatif di Bidang Kesehatan Masyarakat. Jurnal Ilmiah Kesehatan Masyarakat : Media Komunikasi Komunitas Kesehatan Masyarakat, 12(3), 145–151. https://doi.org/10.52022/jikm.v12i3.102

Muslim, S. R., & Prabawati, M. N. (2020). Studi Etnomatematika terhadap Para Pengrajin Payung Geulis Tasikmalaya Jawa Barat. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(1), 59–70. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v9i1.628

Nirmalasari, D., Sampoerno, P. D., & Makmuri, M. (2021). Studi Etnomatematika: Eksplorasi Konsep-Konsep Teorema Pythagoras Pada Budaya Banten. Teorema: Teori Dan Riset Matematika, 6(2), 161–172. https://doi.org/10.25157/teorema.v6i2.5472

UU RI Nomor 20 Tahun 2003, Pub. L. No. 20 (2003).

Pradana, Y. A. (2021). Analisis Dampak Penggunaan Gadget Pada Anak Usia Dini Studi Kasus Paud Permata Ibu Jatirejo.

Putra, R. Y., Wijayanto, Z., & Widodo, S. A. (2020). Etnomatematika: Masjid Soko Tunggal Dalam Pembelajaran Geometri 2D. Jurnal Riset Pendidikan Dan Inovasi Pembelajaran Matematika (JRPIPM), 4(1), 10. https://doi.org/10.26740/jrpipm.v4n1.p10-22

Rani, V. K. K. (2018). Etnomatematika pada Candi Ratu Boko sebagai Pendukung Pembelajaran Matematika Realistik. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan, 1(1), 172–177.

Rawa, N. R., & Mastika Yasa, P. A. E. (2019). Kecemasan Matematika Pada Mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Journal of Education Technology, 2(2), 36. https://doi.org/10.23887/jet.v2i2.16180

Razavi, S., & Sarbazi-Azad, H. (2010). The Triangular Pyramid: Routing and Topological Properties. Information Sciences, 180(11), 2328–2339. https://doi.org/10.1016/j.ins.2010.02.016

Richardo, R. (2017). Peran Ethnomatematika Dalam Penerapan Pembelajaran Matematika Pada Kurikulum 2013. Literasi (Jurnal Ilmu Pendidikan), 7(2), 118. https://doi.org/10.21927/literasi.2016.7(2).118-125

Rosita, R., Asfida, A., Annur, M. A., & Azis, A. (2020). Eksplorasi Etnomatematika pada Benteng Keraton Buton dan Implikasinya pada Pembelajaran Matematika. Jurnal Akademik Pendidikan Matematika, 6, 86–90. https://doi.org/10.55340/japm.v6i2.260

Safitri, A. H. I., Novaldin, I. D., & Supiarmo, M. G. (2021). Eksplorasi Etnomatematika pada Bangunan Tradisional Uma Lengge. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(3), 3311–3321. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i3.851

Setyawan, D. A. (2013). Data dan Metode Pengumpulan Data Penelitian. In Metodologi Penelitian.

Setyawati, A., Soebagyo, J., & Sunni, J. F. (2023). Union : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika Ethnomathematics exploration in the Galasin traditional games in Jakarta on mathematical concepts. 11(1), 58–65. https://doi.org/10.30738/union.v11i1.12661

Shalehah, S., Jabar, A., Gazali, R. Y., & Author, C. (2021). Etnomatematika Pada Gedung Sultan Suriansyah. Pendidikan Matematika STKIP PGRI Banjarmasin, 1, 155–159.

Shidiq, U., & Choiri, M. (2019). Metode Penelitian Kualitatif di Bidang Pendidikan. In Journal of Chemical Information and Modeling.

Soebagyo, J., Umam, K., Purwanto, S. E., Maarif, S., & Ishaq Nuriadin, M. P. (2021). Modul Pembelajaran Kalkulus Peubah Banyak. Media Sains Indonesia.

Soebagyo, Joko, Andriono, R., Razfy, M., & Arjun, M. (2021). Analisis Peran Etnomatematika dalam Pembelajaran Matematika. ANARGYA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 4(2), 184–190. https://doi.org/10.24176/anargya.v4i2.6370

Spradley, J. P. (1979). The Ethnographic Interview. In Harcourt Brace Jovanovich College Publishers (Vol. 8, Issue 2). Holt, Rinehart and Winston, Inc. All. https://doi.org/10.1300/J004v08n02_05

Sugi, S., & Soebagyo, J. (2022). Ethnomathematics Exploration of Cemetery of Heroes in City Kampung Mesjid Labuhanbatu Utara. Jurnal Analisa, 8(2), 142–151. https://doi.org/10.15575/ja.v8i2.19182

Sulistyani, A. P., Windasari, V., Rodiyah, I. W., & Muliawati, N. E. (2019). Eksplorasi Etnomatematika Rumah Adat Joglo Tulungagung. Media Pendidikan Matematika, 7(1), 22.

Wicaksono, R. W., Nur Izzati, & Tambunan, L. R. (2020). Eksplorasi Etnomatematika pada Gerakan Pukulan Seni Pencak Silat Kepulauan Riau. Jurnal Kiprah, 8(1), 1–11. https://doi.org/10.31629/kiprah.v8i1.1596

Wijaya, H. (2015). Metode Penelitian Kualitatif Model Spradley (Etnografi). Jakarta: Salemba Humanika, 283–284.

Yanti, D., & Haji, S. (2019). Studi Tentang Konsep-Konsep Transformasi Geometri. Jurnal Nasional Pendidikan Matematika, 3(2), 265–280.




DOI: http://dx.doi.org/10.33603/e.v10i2.8552

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


EUCLID terindeks oleh DOAJ, Google Scholar, ResearchBib, IPI, IOS dan Sinta.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution - Share Alike 4.0 International License
execute(); ?>