PERBEDAAN EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) DAN TIPE JIGSAW TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA MATERI PECAHAN KELAS IV SD
DOI:
https://doi.org/10.33603/e.v10i1.8547Abstract
Pembelajaran matematika dikategorikan pelajaran yang sulit dipelajari dan dipahami siswa. Penelitian bertujuan mengetahui perbedaan hasil belajar penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan tipe Jigsaw pada matematika materi pecahan IV SD. Model pembelajaran kooperatif STAD dan tipe Jigsaw sebagai variabel bebas dan hasil belajar matematika materi pecahan kelas IV SD sebagai variabel terikat. Sampel yang digunakan yaitu siswa kelas IVA dan IVB SD Negeri 2 Ngadirejo yang masing-masing berjumlah 22 siswa. Teknik pengumpulan data yaitu teknik observasi dan tes. Observasi digunakan untuk mengetahui proses pelaksanaan dan kesesuaian pembelajaran yang telah direncanakan, sedangkan tes digunakan sebagai alat ukur mengenai hasil belajar siswa. Jenis tes yang digunakan yaitu tes sumatif dari pretest dan posttest. Analisis data hasil belajar menggunakan uji T dengan bantuan SPSS 25 for Windows menunjukkan bahwa equal variances assumed dengan nilai sig (2-tailed) sebesar 0,019, dimana signifikansi < 0,05, bearti terdapat perbedaan hasil belajar matematika pada materi pecahan kelas IV SD antara model pembelajaran kooperatif STAD dan tipe Jigsaw.
Kata Kunci. STAD dan Jigsaw, Hasil Belajar, Matematika
References
Basori, A. (2018). Keefektifan Pembelajaran Kooperatif Model STAD dan Jigsaw terhadap hasil Belajar Matematika pada Siswa Kelas V SD yang Memiliki Gaya Belajar Berbeda.
Hamdayama, J. (2014). Model dan Metode Pembelajaran Kreatid dan Berkarakter. Bogor: Ghalia Indonesia.
Hamma, M. K. U. B. (2021). Pengaruh Pelaksanaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Hasil Belajar Siswa SD Inpres Kassi-Kassi Kota Makassar. Jurnal Genta Mulia, XII(1), 62–73.
Huda, M. (2011). Cooperative Learning Metode, Teknik, Struktur, dan Model Terapan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Isjoni. (2013). Cooperative Learning (Efektivitas Pembelajaran Kelompok). Bandung: Alfabeta.
Syamsu, F. N., Rahmawati, I., & Suyitno, S. (2019). Keefektifan Model Pembelajaran STAD terhadap Hasil Belajar Matematika Materi Bangun Ruang. International Journal of Elementary Education, 3(3), 344–350.
Setyawan, A., Sholihah, A., Rita, S. M., Alfiya, N., & Nurfajri, R. A. (2020). Peran Guru dalam Pembelajaran SD Pangpong. Prosiding Nasional Pendidikan: LPPM IKIP PGRI Bojonegoro, 1(1).
Sugiyono, D. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Tindakan.
Suharni. (2021). Meningkatkan Keaktifan Hasil Belajar Melalui Penerapan Model Pembelajaran Wide Game Pada Peserta Didik Kelas VIID SMP Negeri 13 Tegal. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 8(1), 87–92.
Trianto. (2014). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif, dan Kontekstual. Jakarta: Prenamedia Group.
Untari, E. (2013). Diagnosis Kesulitan Belajar Pokok Bahasan Pecahan Pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah STKIP PGRI Ngawi, 13(1), 1–8.
Downloads
Published
Issue
Section
Citation Check
License
The author who published his work in this journal agrees to the following terms:
The author reserves the copyright and grants the first publishing rights journal, with works simultaneously licensed under the License: Creative Commons Attribution - Share Alike 4.0 Internasional License that enables others to share works with the acknowledgment of early publication and authorship of the work in this journal.