Pengembangan E-Modul Berbasis Web untuk Mendukung Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa SMP

Authors

  • Hanifah Rubadiyah Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.33603/e.v10i1.8543

Abstract

Proses pembelajaran matematika yang mencoba untuk meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi memerlukan kemampuan yang dapat memahami ide, prinsip, dan prosedur serta kapasitas untuk menggunakan teknik pemecahan masalah yang diberikan, yaitu kemampuan pemahaman matematis. Penelitian dan pengembangan dilakukan dalam upaya mendukung kemampuan tersebut dengan tujuan menciptakan produk berupa e-modul berbasis web untuk mendukung kemampuan pemahaman matematis siswa SMP, yang telah diuji kevalidan dan kepraktisannya. Model pengembangan 4D yang meliputi tahap Define, Design, Develop, dan Disseminate merupakan model yang diigunakan dalam kegiatan penelitian dan pengembangan (R&D). E-modul yang dikembangkan dibuat dan disajikan dengan bantuan aplikasi canva, yang dilengkapi dengan beberapa media pelengkap yaitu video pembelajaran yang digunakan sebagai pendahuluan materi. Hasil uji coba produk menunjukan bahwa E-modul layak untuk digunakan. Uji coba pertama adalah validasi produk oleh dua dosen dan satu guru mata pelajaran matematika dimana hasil uji kevalidan E-modul yang telah dikembangkan berdasarkan ahli materi memperoleh persentase 100% dan ahli media dengan persentase 100%, dimana kedua persentase tersebut berada dalam kategori valid. Sedangkan uji coba kedua, yaitu uji kepraktisan yang terdiri 18 siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Cilegon dinyatakan praktis setelah mendapat persentase 96% dengan kategori sangat baik.

References

Alan, U. F., & Afriansyah, E. A. (2017). Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa Melalui Model Pembelajaran Auditory Intellectualy Repetition Dan Problem Based Learning. Jurnal Pendidikan Matematika, 11(1). https://doi.org/10.22342/jpm.11.1.3890.67-78

Ana, R. F. R. (2018). Penggunaan Model Four D Dalam Pengembangan Bahan Ajar Mata Kuliah Perencanaan Pembelajaran Pada Mahasiswa STKIP PGRI Tulungagung. Pedagogy : Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(2), 64–74. https://ejournal.upm.ac.id/index.php/pedagogy/article/view/14

Basuki, A. (2021). Pembangunan Pendidikan Di Provinsi Banten. Jurnal Sumber Daya Aparatur, 3(1), 99–114. https://stialan.ac.id/jurnal/index.php/JSDA/article/view/278

Depdiknas. (2003). Undang-undang RI No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Demographic Research, 49, 1–33.

Farhatin, N., Pujiastuti, H., & Mutaqin, A. (2020). PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MATEMATIKA BERBASIS KEARIFAN LOKAL UNTUK SISWA SMP KELAS VIII mengembangkan keunikan , budaya , dengan pendidikan berbasis kearifan lokal memberikan. Prima: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 33–45. https://jurnal.umt.ac.id/index.php/prima/article/view/2082/1435

Magdalena, I., Sundari, T., Nurkamilah, S., Ayu Amalia, D., & Muhammadiyah Tangerang, U. (2020). Analisis Bahan Ajar. Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 2(2), 311–326. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/nusantara

Mulyatiningsih, E. (2011). Riset Terapan Bidang Pendidikan dan Teknik. UNY Press. http://staffnew.uny.ac.id/upload/132296045/lainlain/buku-riset-terapan-apri.pdf

Safitri, P. T., Ayuni, D. R., Pebrianis, N. H., & Maryana, R. S. (2020). Analisis Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa SMP dalam Menyelesaikan Soal Bangun Ruang Sisi Datar dengan Perspektif Bangunan Bersejarah di Banten. Wilangan : Jurnal Inovasi Dan Riset Pendidikan Matematika, 1(4), 395–402.

Sholihah, D. A., & Mahmudi, A. (2015). Keefektifan experiential learning pembelajaran matematika MTs materi bangun ruang sisi datar. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 2(2), 175–185. https://doi.org/10.21831/jrpm.v2i2.7332

Yulianti, Thaief, I., & Rahmatullah. (2019). Contextual Teaching Learning Dalam Pembelajaran Ekonomi Contextual Teaching Learning in Economic Learning. Pinisi Business Administration Review, 1(2), 117–124.

Published

2023-06-13

Issue

Section

Artikel

Citation Check