PENGEMBANGAN E-MODUL PROBLEM BASED LEARNING BERBASIS WEB UNTUK MENDUKUNG KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS SISWA SMP

Rheisa Sekar Arum Puteri

Abstract


Dalam upaya mendukung kemampuan repesentasi matematis peserta didik, penelitian pengembangan ini dilakukan, dengan tujuan untuk menghasilkan produk pengembangan e-modul problem based learning berbasis web untuk mendukung kemampuan representasi matematis siswa SMP, yang telah diuji kevalidan dan kepraktisannya. Model yang digunakan dalam Penelitian dan pengembangan (R&D) yang dilakukan yaitu model pengembangan 4D yang mencangkup tahap Define, Design, Develop dan Diseminate. E-modul yang dikembangkan dibuat dan disajikan dengan bantuan aplikasi canva. Hasil uji coba produk menunjukan bahwa E-modul layak untuk digunakan. Uji coba pertama adalah validasi produk oleh tiga dosen dan satu guru matematika dimana hasil uji kevalidan E-modul yang telah dikembangkan berdasarkan ahli materi memperoleh persentase 96% dan ahli media dengan persentase 90%, dimana kedua persentase tersebut berada dalam kategori sangat valid. Sedangkan uji coba kedua, yaitu uji kepraktisan yang melibatkan 19 peserta didik kelas VII SMP Negeri 23 Kota Tangerang mendapatkan persentase sebesar 95% dengan kategori sangat praktis.

 

Kata Kunci. Pengembangan, E-Modul, Problem Based Learning, Kemampuan Representasi Matematis, Canva


References


Anggoro, B. S. (2015). Pengembangan Modul Matematika Dengan Strategi Problem Solvin Guntuk Mengukur Tingkat Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa. Al-Jabar : Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 121–130.

Awalludin. (2017). Pengembangan Buku Teks Sintaksis Bahasa Indonesia. Sleman : Deepublish.

Dindikbud. (2017). Rencana Strategis Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Banten 2017-2022.

Edo, S. I. (2016). Jenis Kekeliruan Akibat Menghafal Prosedur rutin Dalam Melakukan Operasi Penjumlahan dan Pengurangan Bilangan Pecahan. Jurnal Pendidikan Matematika STKIP Garut, 5(3), 223–234.

Fausih, M., & Danang, T. (2015). Pengembangan Media E-Modul Mata Pelajaran Produktif Pokok Bahasan “Instalasi Jaringan Lan (Local Area Network)” Untuk Siswa Kelas Xi Jurusan Teknik Komputer Jaringan Di Smk Nengeri 1 Labang Bangkalan Madura. Jurnal UNESA, 1(1), 1–9.

Hidayatullah. (2022). Pengembangan Bahan ajar Matematika Menggunakan KVISOFT Flipbook Maker Berbasis Problem Based Learning di Kelas VII MTs Yasrib Batu-Batu. Skripsi Institut Agama Islam Negeri (IAIN).

Mardiah, S. (2018). Pengembangan Modul Pembelajaran Matematika Berbasis Etnomatematika Menggunakan Metode Inkuiri Pada Kelas VII. Skripsi Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung.

Memolo, T. (2017). Analisis Ujian Nasional Matematika SMP Tahun 2014 Sampai 2017 dalam Tinjauan Representasi. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan, Sains dan Teknologi.

Pasehah, A. M., & Firmansyah, D. (2020). Analisis Kemampuan Representasi Matematis Siswa Pada Materi Penyajian Data. Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika Sesiomadika 2019, 1094–1108.

Pratiwi, R. D. (2017). Analisis Kemampuan Representasi Matematis Peserta Didik dalam Menyelesaikan Masalah Barisan dan Deret Aritmetika Kelas XI SMA Negeri 1 Wirosari Grobogan. Skripsi Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

Rangkuti, A. N. (2013). Representasi Matematis. Logaritma, 1(2), 49–61.

Rizki, S., & Linuhung, N. (2016). Pengembangan Bahan Ajar Program Linear Berbasis Kontekstual dan ICT. Aksioma : Jurnal Pendidikan Matematika FKIP Univ. Muhammadiyah Metro, 5(2), 137–144.

Sabirin, M. (2014). Representasi dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika IAIN Antasari, 1(2), 33–44.

Septora, R. (2017). Pengembangan Modul dengan Menggunakan Pendekatan Saintifik pada Kelas X Sekolah Menengah Atas. Jurnal Lentera Pendidikan Pusat Penelitian LPPM UM METRO, 2(1), 86–98.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta.

Susanti, C., Rizki, S., & Farida, N. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Open-Ended Disertai ICT dan Nilai-Nilai Islam Materi Sistem Persamaan Linear. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 2(1), 49–60.

Syaifatunnisa, I., Noer, S. H., & Gunawibowo, P. (2015). Efektivitas Problem Based Learning terhadap Kemampuan Representasi dan Self Confidence Matematis Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika Unila, 3(4).

Vitaloka, V. (2020). Pengembangan Modul Matematika Menggunakan Model Pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI) Berintegrasi Nilai-Nilai Kebangsaan untuk Kelas VIII SMP. Skripsi Institut Agama Islam Negeri Bengkulu.




DOI: http://dx.doi.org/10.33603/e.v10i1.8542

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


EUCLID terindeks oleh DOAJ, Google Scholar, ResearchBib, IPI, IOS dan Sinta.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution - Share Alike 4.0 International License
execute(); ?>