PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS ETNOMATEMATIKA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA

Nadila Shabira, Ella Andhany

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan LKPD Etnomatematika dari materi bangun datar, pengembangan tingkat untuk siswa kelas VII SMP NEGERI 2 PERBAUNGAN dan untuk menentukan kualitas LKD yang dikembangkan dilihat dari aspek-aspek yaitu kevalidan, kepraktisan, Peneliti menggunakan Research and development (R&D) dengan penggunaan model pengembangan ADDIE untuk digunakan dari kevalidan suatu produk yaitu Mengembangkan LKPD. Kemampuan pemecahan masalah matematis siswa sangat rendah di Indonesia. Sangat penting bagi siswa untuk memiliki kemampuan memecahkan masalah matematika. Namun, kemampuan siswa dalam memecahkan masalah matematika sebenarnya sangat rendah di Indonesia karena kurangnya penerapan pembelajaran matematika yang kurang menarik. Tujuan penggunaan permainan Engklek untuk belajar matematika adalah agar siswa lebih mengenal mata pelajaran tersebut. Bentuk permainan Engklek yang memiliki tampilan datar agar lebih menarik bagi siswa untuk belajar.

                                                                            

Kata Kunci. Etnomatematika, LKPD, Permainan Englek, Pemecahan Masalah Matematis Siswa.

                                                    


References


Bahan, P., Pada, A., Himpunan, B., Atika, O. :, Jannah, I., & Negeri Yogyakarta, U. (n.d.). Pengembangan Bahan Ajar (Atika Izzatul Jannah) 55 THE DEVELOPMENT OF MATHEMATIC TEACHING MATERIALS ON THE SUBJECT OF THE SET BY USING PROBLEM SOLVING APPROACH FOR SEVENTH GRADE JUNIOR HIGH SCHOOL STUDENTS.

Iryanto, N. D. (2021). Jurnal Basicedu. Jurnal Basicedu, 5(5), 3829–3840.

Khair, B. N., Astria, F. P., Wardani, K. S. K., Nurwahidah, N., & Sriwarthini, N. L. P. N. (2021). Pengembangan LKPD Literasi Sains Berbasis Lesson Study for Learning Community (LSLC). Jurnal Pijar Mipa, 16(1), 136–141. https://doi.org/10.29303/jpm.v16i1.2297

Kristin, F. (2015). Keefektifan Model Pembelajaran Berbasis Budaya (Pbb) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ips. Scholaria : Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 5(2), 46. https://doi.org/10.24246/j.scholaria.2015.v5.i2.p46-59

Kurnia, A., & Mansor, M. A. (2022). Analisis Kemampuan Pemahaman dan Self Esteem Matematis melalui Pembelajaran E-Learning Berbasis Portal Rumah Belajar. Pasundan Journal of Mathematics Education : Jurnal Pendidikan Matematika, 12(Vol 12 No 2), 56–70. https://doi.org/10.23969/pjme.v12i2.6023

Lainata, R. P., Damai, I. W., & Pesik, A. (2021). PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL DENGAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING. Jurnal Pendidikan Matematika (Jupitek), 3(2), 88–99. https://doi.org/10.30598/jupitekvol3iss2pp88-99

Luthfiana, M., Friansah, D., & Marcicilia, B. (2020). Pengembangan Lks Berbasis Etnomatematika (Budaya Lubuklinggau) Untuk Menumbuhkan Motivasi Belajar Matematika Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika (JUDIKA EDUCATION), 3(1), 1–7. https://doi.org/10.31539/judika.v3i1.1178

Mangelep, N. O., & Kaunang, D. F. (2018). Pengembangan Soal Matematika Realistik Berdasarkan Kerangka Teori Program for International Students Assessment. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(3), 455–466. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v7i3.157

Mediakarya, J., Pendidikan, M., Vol, I., & P-issn, P. I. (2022). DINI MELALUI PERMAINAN TRADISIONAL ENGKLEK Siti Marsuroh Program Studi Pendidikan slam Anak Usia Dini , Fakultas Tarbiyah dan lmu Keguruan Universitas Cendekia Abditama Email : [email protected] Amita Diananda Fakultas Tarbiyah dan lmu Keguruan Un. 03(March).

Munir, N. P. (2018). Pengembangan Buku Ajar Trigonometri Berbasis Konstruktivisme dengan Media E-Learning pada Prodi Tadris Matematika IAIN Palopo. Al-Khwarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, 6(2), 167–178. https://doi.org/10.24256/jpmipa.v6i2.454

Paramartha, I. G. L., Suharta, I. G. P., & Parwati, N. N. (2020). Penerapan Lembar Kerja Siswa (LKS) Matematika Berbasis Etnomatika untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Membangun Karakter Positif. Journal for Lesson and Learning Studies, 3(1), 30–40.

Puspitasari, A., & Handziko, R. C. (2018). Pengembangan LKPD mobile learning guided discovery untuk meningkatkan penguasaan kompetensi dasar ekosistem Kurikulum 2013. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 4(1), 83–97. https://doi.org/10.21831/jipi.v4i1.17003

Silvia, T. (2019). Pengembangan lembar kerja peserta didik (LKPD) berbasis etnomatematika pada materi garis dan sudut. Hipotenusa : Journal of Mathematical Society, 1(2), 38–45. https://doi.org/10.18326/hipotenusa.v1i2.38-45

Usia, A., Di, T., Raudhatul, R. A., & Kota, U. (2022). No Title. 3(12), 1102–1111.

Wijayanto, Z. (2017). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Etnomatematika Pada Keraton Yogyakarta. SOSIOHUMANIORA: Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial Dan Humaniora, 3(1), 80–88. https://doi.org/10.30738/sosio.v3i1.1527




DOI: http://dx.doi.org/10.33603/e.v10i1.8532

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


EUCLID terindeks oleh DOAJ, Google Scholar, ResearchBib, IPI, IOS dan Sinta.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution - Share Alike 4.0 International License
execute(); ?>