PERBEDAAN KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIS SISWA SMP NEGERI 3 MEDAN PADA SOAL CERITA YANG DIAJARKAN DENGAN PROBLEM BASED LEARNING DAN KONVENSIONAL

Milka Azkia Syifani, Tanti Jumaisyaroh Siregar

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk membedakan kemampuan literasi matematika siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran berbasis masalah dan model pembelajaran konvensional. Dengan desain post-test-only control group design, penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Medan. Cluster random sampling digunakan untuk memilih 32 peserta dari masing-masing dua kelas (kelas kontrol dan kelas eksperimen). Instrumen penelitian ini merupakan sebuah tes dengan lima pertanyaan. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh nilai sig. (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05. Oleh karena itu, dapat ditarik kesimpulan bahwa Problem Based Learning dan pendidikan konvensional menghasilkan tingkat literasi matematika yang berbeda secara signifikan.


References


Agustin. T., J. Mayasari. N. (2022). Pengaruh Model PBL (Problem Based Learning) Terhadap Kemampuan Literasi Matematika Pada Pokok Bahasan Statistik Siswa Kelas XI TKR SMKN 3 Bojonegoro. J’THOMS (Jurnal Of Techonology Mathematics And Sosial Science), 1.

Arnidha, Y., Rekawati, D., Guru Sekolah Dasar STKIP Muhammadiyah Pringsewu Lampung, P., & Matematika STKIP Muhammadiyah Pringsewu Lampung, P. (2018). MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA. Jurnal Edumath, 4(2), 46–51.

Eka Sakti Semarang, S. (2018). Pentingnya Kemampuan Literasi Matematika untuk Menumbuhkan Kemampuan Koneksi Matematika dalam Meningkatkan SDM. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/

Fasya Purwanti, A., & Alfarisi, R. (2021). Analisis Literasi Matematika Ditinjau dari Kecerdasan Matematis-Logis Siswa (Vol. 8, Issue 1). www.jurnal.unej.ac.id

Firdaus, A., Asikin, M., Waluya, B., & Zaenuri, Z. (2021). Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Kemampuan Matematika Siswa. QALAMUNA: Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Agama, 13(2), 187–200. https://doi.org/10.37680/qalamuna.v13i2.871

G. Gunantara, dkk. (2014). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Kelas V. Jurnal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, 2.

Hera, R., & Sari, N. (2015). SEMINAR NASIONAL MATEMATIKA DAN PENDIDIKAN MATEMATIKA UNY 2015 713 Literasi Matematika: Apa, Mengapa dan Bagaimana?

Hotimah, H. (2020). Penerapan Metode Pembelajaran Problem Based Learning DalamMeningkatkan Kemampuan Bercerita Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Edukasi.

Indah, N., Mania, S., & Nursalam. (2016). PENINGKATAN KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIKA SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DI KELAS VII SMP NEGERI 5 PALLANGGA KABUPATEN GOWA (Vol. 4, Issue 2).

Kis, A. D., & Astuti, P. (2018). Pengaruh Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Literasi Matematis Siswa Kelas VII Di SMP Negeri 1 Bobotsari. In AlphaMath Journal of Mathematics Education (Vol. 4, Issue 2).

Kore, A., & Tauran, S. F. (2022). Analisis Literasi Matematika Siswa SMP Pada Materi Aritmatika Sosial Berdasarkan Gaya Belajar. Journal of Mathematics Education and Science, 5(1), 63–72. https://doi.org/10.32665/james.v5i1.376

Kurnila, V. S., Badus, M., Jeramat, E., & Ningsi, G. P. (2022). Peningkatan Kemampuan Literasi Matematika Melalui Pendekatan Problem Based Learning Bermuatan Penilaian Portofolio. Euler : Jurnal Ilmiah Matematika, Sains Dan Teknologi, 10(1), 88–97. https://doi.org/10.34312/euler.v10i1.13963

Lisnawati, I., & Ertinawati, Y. (2019). LITERAT MELALUI PRESENTASI (Vol. 1, Issue 1).

Lukitasari. T. D., S. Zainuddin. M. (2019). Perbedaan Model Problem Based Learnig dan Konvensional terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Pendidikan : Teori, Penelitian Dan Pengembangan, 4.

Nurfadhillah, S. , W. R. A. , R. G. (2021). Penggunaan Media Dalam Pembelajaran Matematika dan Manfaatnya di Sekolah Dasar Swasta Plus Ar-Rahmmaniyah. EDISI : Jurnal Edukasi Dan Sains.

Nurlaela, E., & Imami, A. I. (2022). Peningkatan Kemampuan Literasi Matematika Siswa Melalui Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Di Kelas VII SMPIT Insan Harapan. In Jurnal Ilmiah Dikdaya (Vol. 12, Issue 1). Online.

Oktaviani, R., Fatimah, A. T., & Nuraida, I. (2022). ANALISIS KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIS SISWA SMP DALAM PENYELESAIAN SOAL MATEMATIKA BERBASIS CERITA. In Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan) (Vol. 3, Issue 2).

Prajono, R., & Salim. (2018). PROFIL KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIS SISWA KELAS VIII 1 SMP NEGERI 9 KENDARI. Indonesian Digital Journal of Mathematics and Education, 5. http://idealmathedu.p4tkmatematika.org

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Afabeta.

Sulistio, G., Nindiasari, H., & Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, J. (2020). EFEKTIVITAS KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIS DENGAN PENDEKATAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBASIS KARAKTER DAN BUDAYA LOKAL SISWA SMP DI KABUPATEN LEBAK (Vol. 1, Issue 3). http://www.jurnal.untirta.ac.id/index.php/wilangan

Tabun. M. H., Taneo. I. N. P. , Daniel. F. (2020). Kemampuan Literasi MAtematis Siswa pada Pembelajaran Model Problem Based Learning (PBL). Edumatica : Jurnal Pendidikan Matematika, 10.

Zainal, N. F. (2022). Problem Based Learning pada Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar/ Madrasah Ibtidaiyah. Jurnal Basicedu, 6(3), 3584–3593. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2650

Zulyadaini. (2016). Perbandingan Hasil Belajar Matematika Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Coop-Coop dengan Konvensional. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 1.




DOI: http://dx.doi.org/10.33603/e.v10i1.8526

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


EUCLID terindeks oleh DOAJ, Google Scholar, ResearchBib, IPI, IOS dan Sinta.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution - Share Alike 4.0 International License
execute(); ?>