DESAIN TUGAS NUMERASI DENGAN KONTEKS PERMAINAN LATO-LATO

Oktavia Wahyu Sugandi, Nurul Masita, Ahmad Wachidul Kohar

Abstract


Numerasi merupakan salah satu bagian dari AKM. Konteks pribadi yang melibatkan permainan menarik untuk dikaji. Permainan lato-lato mempunyai unsur geometri dan pengukuran dalam matematika. Adapun reliabilitas, kualitas soal serta tingkat kesukaran soal dll tidak menjadi bahasan pada artikel ini. Penelitian ini termasuk dalam kategori penelitian pengembangan yang bertujuan untuk menghasilkan soal numerasi matematika dengan menggunakan konteks permainan lato-lato yang valid. Dalam pengembangannya, penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE. Namun pada artikel ini, peneliti membatasi model pengembangan hanya sampai dengan tahap keempat yaitu tahap implementasi. Berdasarkan hasil validasi para validator diperoleh bahwa secara kuantitatif soal yang dikembangkan dinyatakan valid berdasarkan hasil rata-rata semua aspek yang mendapat nilai 0,80 sehingga berdasarkan kriteria yang digunakan soal tersebut valid. Hasil produk akhir pengembangan soal numerasi berbasis konteks permainan lato-lato disebut sebagai prototipe II serta telah dilakukan uji coba terbatas kepada 3 siswa SMA kelas X dengan masing-masing berkemampuan matematika rendah, sedang, dan tinggi. Salah satu implikasi dari penelitian ini adalah dapat menjadi referensi dan inspirasi bagi pendidik yang akan mengembangkan soal numerasi dengan memperhatikan konteks permainan.

References


Alfina, & Nur, E. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Monopoli pada Mata Pelajaran Matematika Materi Pengukuran untuk Meningkatkan Kemampuan Numerasi Siswa Kelas III di MI Islamiyah Batokan. https://repository.unugiri.ac.id/id/eprint/1997/

Amellya, A., & Aryanto, A. (2021). Perancangan Buku Ilustrasi Pengenalan Permainan Dakon Untuk Meningkatkan Kemampuan Numerasi Siswa Kelas 1 SDN Medaeng 2 Sidoarjo. Ejournal.Unesa.Ac.Id, 2(3), 60–72. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/JDKV/article/view/42219

Arofa, A., & Ismail. (2022). Kemampuan Numerasi Siswa MA dalam Menyelesaikan Soal Setara Asesmen Kompetensi Minimum pada Konten Aljabar. Ejournal.Unesa.Ac.Id, 11(3). https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/mathedunesa/article/view/47764

Batoebara, M., & Junaidi, J. (2023). PERMAINAN VIRAL LATO-LATO DIGANDURGI ANAK-ANAK. Jurnal.Dharmawangsa.Ac.Id. https://jurnal.dharmawangsa.ac.id/index.php/junetmedia/article/view/3019

Diana, H., & Saputri, V. (2021). Model Project Based Learning Terintegrasi Steam Terhadap Kecerdasan Emosional Dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Berbasis Soal Numerasi. Ejournal.Bbg.Ac.Id. https://ejournal.bbg.ac.id/numeracy/article/view/1609

Dick, W., & Carey, L. (1996). The systematic design of instruction (4th ed.). New York: Harper Collins College Publishers.

Kamsurya, R., & Masnia. (2021). Desain Pembelajaran dengan Pendekatan Matematika Realistik menggunakan Konteks Permainan Tradisional Dengklaq untuk Meningkatkan Keterampilan Numerasi Siswa Sekolah Dasar. Ejournal.Mandalanursa.Org. https://ejournal.mandalanursa.org/index.php/JIME/article/view/2368

Kemendikbud. (2020). Desain Pengembangan Soal Asesmen Kompetensi Minimum 2020 1.

Kurniasih, & Watini, S. (2022). Penerapan Model Atik Untuk Meningkatkan Literasi Numerasi Anak Usia Dini Melalui Media Permainan Ular Tangga Raksasa. Jurnaledukasia.Org, 3(2), 145–156. https://doi.org/10.21107/pgpaudtrunojoyo.v7i1.4287

Kurniawan, A., Budiarto, M., & Ekawati, R. (2022). Pengembangan Soal Numerasi Berbasis Konteks Nilai Budaya Primbon Jawa. Jurnalftk.Uinsby.Ac.Id, 2022(1), 20–34. https://doi.org/10.15642/jrpm.2022.7.1.20-34

Margolinas, C. (2013). Task design in mathematics education. Proceedings of ICMI study 22. https://hal.science/hal-00834054/

Mawaddah, S., Noorbaiti, R., Aulia, M., Eryanto, A., & Mahlina, O. (2022). Instrumen Asesmen Kompetensi Minimum Numerasi Konteks Lingkungan Lahan Basah Khas Kalimantan Selatan. Ppjp.Ulm.Ac.Id. https://ppjp.ulm.ac.id/journal/index.php/edumat/article/view/12062

Nahdi, D., Jatisunda, M., Cahyaningsih, U., & Suciawati, V. (2020). Pre-service teacher’s ability in solving mathematics problem viewed from numeracy literacy skills. Search.Ebscohost.Com. https://search.ebscohost.com/login.aspx?direct=true&profile=ehost&scope=site&authtype=crawler&jrnl=13053515&AN=144794631&h=%2F93ZGeqUm7H6Q5EUe1yA%2F5shFUPcvK5Gq4y%2FpJ5RmJF81zYrRb2LNbayXbMM5HvshzZQNhWonUJznDMYUaXAog%3D%3D&crl=c

Novita, N., Mellyzar, M., & Herizal, H. (2021). Asesmen Nasional (AN): Pengetahuan dan persepsi calon guru. Ejournal.Mandalanursa.Org. https://ejournal.mandalanursa.org/index.php/JISIP/article/view/1568

Nuraida, Muslimah, E., & Indra, R. (2020). The Context of Archipelago Traditional Cake to Explore Students’ Understanding in Integers Division Class VII. ERIC. https://eric.ed.gov/?id=ED604160

Nuryani, H., Haryanto, H., & Atmojo, S. (2020). The Effect of Edmodo-Based E-Learning toward Participation and Understanding of Elementary School Teacher Candidate. Syekhnurjati.Ac.Id, 7(2), 210–225. https://doi.org/10.24235/al.ibtida.snj.v7i2.6725

OECD. (2018). PISA 2021 Mathematics Framework (Draft). New York: Columbia University.

Puspaningtyas, N., & Ulfa, M. (2020). Pelatihan Soal Matematika Berbasis Literasi Numerasi pada Siswa SMA IT Fitrah Insani. Journal.Uny.Ac.Id, 1(2), 142–152. https://journal.uny.ac.id/index.php/jpmmp/article/view/37504

Putra, Y., & Vebrian, R. (2019). Pengembangan Soal Matematika Model PISA Konteks Kain Cual Bangka Belitung. J-Cup.Org, 03(02), 333–340. https://www.j-cup.org/index.php/cendekia/article/view/114

Putro, K. (2022). Lato-Lato Viral Games and Their Social Impact on Children. Zia-Research.Com, 1(2), 36–40. https://zia-research.com/index.php/jcgcs/article/view/104

Rut, N., Gaol, R., Abi, A., & Silaban, P. (2020). Pengaruh Permainan Tradisional Terhadap Keterampilan Sosial Anak SD. Ejournal.Unma.Ac.Id, 6(2), 449–455. https://doi.org/10.31949/educatio.v6i2.568

Seventika, S., Sukestiyarno, Y., & Mariani, S. (2018). Critical Thinking Analysis Based on Facione (2015) - Angelo (1995) Logical Mathematics Material of Vocational High School (VHS). Journal of Physics: Conference Series.

Subakti, H. (2021). Literasi Matematika dan Penanaman Nilai Kerja Sama Melalui Permainan Tradisional Asen Naga Kepada Anak Sekolah Dasar. Sttibontang.Ac.Id, 1(2), 2798–6233. https://www.sttibontang.ac.id/jurnal/index.php/pay/article/view/37

Suciyati, Rosadi, D., & Mariamah. (2022). Elementary School Students Numeration Ability. Jurnalnasional.Ump.Ac.Id. http://jurnalnasional.ump.ac.id/index.php/alphamath/article/view/12218

Suhardi, I., & Budiyaningsih, H. E. (2022). Validasi Pakar Konten pada Pengembangan Paket Soal Bahasa Indonesia untuk Basis Data Computer Based Testing. 38(2).

Tamba, K. (2022). Digital Task Design Using Theory of Didactical Situation. AIP Conference Proceedings, 2566. https://doi.org/10.1063/5.0114199

Tamba, S., & Panggabean, E. (2022). Desain Tugas Belajar pada Materi Ruang Tiga Dimensi Berdasarkan Teori Konstruktivisme. Jurnal.Itscience.Org. https://doi.org/10.47709/educendikia.v2i3.1907




DOI: http://dx.doi.org/10.33603/e.v10i2.8523

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


EUCLID terindeks oleh DOAJ, Google Scholar, ResearchBib, IPI, IOS dan Sinta.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution - Share Alike 4.0 International License
execute(); ?>