Analisis Kemampuan Penalaran Matematis Siswa SMK Ditinjau dari Minat Belajar

Dika Prakasa Prakasa, Ammamiarihta Ammamiarihta Ammamiarihta

Abstract


Penelitian ini bertujuan guna menganalisis kemampuan penalaran matematis siswa di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) yang ditinjau melalui minat belajarnya dalam menyelesaikan persoalan matematika. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif deskriptif. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X di SMA Tritech Informatika dengan sampelnya yaitu siswa kelas X yang berjumlah 36 siswa. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes dan angket. Data yang diperoleh pada penelitian ini dianalisis dengan menggunakan uji One-Way ANOVA. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa nilai rata-rata kemampuan pemahaman konsep matematis siswa adalah 74,31 dan mayoritas siswa memiliki tingkat minat belajar pada kategori sedang. Berdasarkan analisis One-Way ANOVA diperoleh nilai F hitung sebesar 29,918 dengan nilai sig. 0,000. Karena nilai F hitung > F tabel (29,918 > 3,285) dan nilai sig. < 0,05 (0,000 < 0,000) maka disimpulkan bahwa terdapat perbedaan nilai rata-rata kemampuan matematis siswa berdasarkan tingkat minat belajar rendah, sedang dan tinggi.


References


Adegoke, B. A. (2013). Modelling the Relationship between Mathematical Reasoning Ability and Mathematics Attainment. J. Educ. Pract., 4(17), 54-61.

Cahyani, E. P., Wulandari, W. D., & Rohaeti, E. E. (2018). Hubungan antara Minat Belaajr dan Resiliensi Matematis terhadap Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa Kelas VIII SMP. Jurnal Numeracy, 5(1), 49-56.

Hendriana, H., Rohaeti, E. E., & Sumarmo, U. (2017). Hard Skill dan Soft Skill Matematika Siswa. Bandung: PT. Refika Aditama.

Hidayati, A., & Widodo, S. (2015). Proses Penalaran Matematis Siswa dalam Memecahkan Masalah Matematika pada Materi Pokok Dimensi Tiga Berdasarkan Kemampuan Siswa di SMA Negeri 5 Kediri. Jurnal Math Educator Nusantara, 1(2), 1-13.

Kadarisma, G., Sulandra, I., & Muhsetyo, G. (2021). Pengaruh Minat Belajar Matematika terhadap Kemampuan Penalaran Matematik Siswa SMP. Jurnal Absise, 55-68.

Mueller, M., Yankelewitz, D., & Maher, C. (2014). Teachers Promoting Student Mathematical Reasoning. Investigations in Mathematics Learning, 7(2), 1-20.

NCTM. (2000). Principles and Standards for School Mathematics. Reston, VA: The National Council of Teachers of Mathematics, Inc.

Nike, M. T. (2015). Penalaran Deduktif dan Induktif Siswa dalam Pemecahan Masalah Trigonometri Ditinjau dari Tingkat IQ. Apotema, 1(2), 67-75.

Nurdiayana, R. A., Pujiastuti, H., & Antiani, N. (2022). Analisis Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa SMP Ditinjau dari Minat Belajar. Jurnal Cendikia: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(3), 2735-2748.

Pitri, Z. S., Haryono, Y., & Juwita, R. (2022). Analisis Pemahaman Konsep Matematika Ditinjau dari Minat Belajar Siswa Kelas XI IIS SMA PGRI 3 Padang. Jurnal Horizon Pendidikan, 2(2), 168-176.

Pranajaya, D., Nurhayati, & Prihatingtyas, N. C. (2020). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Ditinjau dari Minat belajar Siswa pada Materi Himpunan Kelas VII SMP Negeri 8 Singkawang. Journal of Educational Review and Research, 3(2), 88-98.

Sihombing, C. E., R., L., & Ardiana, N. (2021). Analisis Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Selama Pandemi Covid-19 Ditinjau dari Minat Belajar Siswa. JURNAL MathEdu (Mathematic Education Journal), 4(2), 285-295.

Utami, R. W., & Wutsqa, D. U. (2017). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika dan Self-Efficacy Siswa SMP negeri di Kabupaten Ciamis. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 4(2), 166-176.

Widyasari, R., & Nurlaelah, E. (. (2019). Mathematical reasoning ability materials quadratic equation on selected topics subject of secondary school International Conference on Mathematics and Science Education (ICMScE 2018). IOP Conf. Series: Journal of Physics: Conf. Series, , 1157 (2019) 022120.

Winata, R., & Friantini, R. N. (2020). Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Ditinjau dari Minat Belajar dan Gender. Journal of Mathematics Education, 6(1), 1-18.




DOI: http://dx.doi.org/10.33603/e.v10i2.8516

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


EUCLID terindeks oleh DOAJ, Google Scholar, ResearchBib, IPI, IOS dan Sinta.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution - Share Alike 4.0 International License
execute(); ?>