Desain Bahan Ajar Berbasis Geogebra Pada Kemampuan Pemahaman Matematis Dengan Materi Geometri Transformasi SMK

Muhammad Helmi Cahyadi, Muchamad Subali Noto

Abstract


Penelitian dilatar belakangi oleh rendahnya kemampuan pemahaman matematis peserta didik pada materi Geometri Transformasi, dan kurangnya bahan ajar yang digunakan oleh guru maupun peserta didik. Geogebra sangat efektif pada kemampuan pemahaman matematis siswa. Salah satu solusi yang dapat dilakukan untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah dengan mengembangkan bahan ajar yang valid dan praktis berupa modul berbasis Geogebra. Penelitian ini merupakan R&D dengan menggunakan model ADDIE. Teknik pengumpulan data yang dilakukan yaitu melalui wawancara, tes, lembar validasi, dan lembar praktikalitas. Bahan ajar ini diuji kevalidannya oleh 4 orang validator, yaitu 2 orang validator materi serta 2 orang validator media sedangkan uji kepraktikalitasannya kepada 9 orang praktisi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahan ajar berbasis Geogebra ini valid dan praktis. Berdasarkan hasil validasi materi dengan  persentase 96,38%, validasi media 90,74%, dan praktikalitas dengan persentase 90,22%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa bahan ajar ini dapat digunakan dalam proses pembelajaran dan praktis digunakan oleh peserta didik.

Kata Kunci: Bahan Ajar, Geogebra, ADDIE


References


Branch, R. M., (2009). Instructional Design: The ADDIE Approach. Spinger New York Dordrecht Heidel London.

Daryanto., Karim, S. (2017). Pembelajaran Abad 21. Yogyakarta: Gava Media.

Hamdunah, H. (2015). Praktikalitas Pengembangan Modul Kontruktivisme Dan Website Pada Materi Lingkaran Dan Bola. Lemma 2(1): 35-42.

Isharyadi, I. (2018). Pengembangan Modul Berbantuan Geogeebra Pada Perkuliahan Geometri Transformasi. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran 1(1): 1-8.

Kantun, S. (2015). Analisis Tingkat Kelayakan Bahan Ajar yang Digunakan Oleh Guru di SMAN 4 Jember. Jurnal Pendidikan Ekonomi 9(2): 129-146.

Kurniati, A. (2016). Pengembangan Modul Matematika Berbasis Kontekstual Terintegritas Ilmu Keislaman. Jurnal Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam 4(1): 43-58.

Lestari, I. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Matematika Dengan Memanfaatkan Geogebra Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep. Jurnal Pendidikan Matematika 1(1). 26-36.

Nur, I. M. (2016). Pemanfaatan Program Geogebra Dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika 5(1): 10-19.

Nur’aini, I. L. Harahap, E. Badruzzaman, F. (2017). Pembelajaran Matematika Geometri Secara Realistis Dengan Geogebra. Jurnal Matematika 16(2): 1-6.

Octariani, D., Rambe, I. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis PBL Berbantuan Geogebra. Jurnal of Matematics Education and Science 4(1): 16-21.

Paradesa, R. (2016). Pengembangan Bahan Ajar Geometri Transformasi Berbasis Visual. Jurnal Pendidikan Matematika 2(1): 56-67.

Pohan, E.J., Atmazaki. (2014). Pengembangan Modul Berbasis Pendekatan Kontekstual Pada Menulis Resensi. Jurnal Bahasa, Sastra dan Pembelajaran 2(2): 1-11.

Prasetyo, O. (2017). Pengembangan Modul Pengayaan Keanekaragaman Mollusca Sebagai Bahan Ajar Bagi Siswa Kelas X SMA. Jurnal Pendidikan Biologi, 6(1): 19-28.

Santoso, I.R. (2016). Pemgembangan Modul Berbasis Web Sebagai Alternatif Bahan Ajar Siswa Kelas X SMA. Jurnal Pendidikan Biologi 5(4): 1-6.

Sudijono, A. (2016). Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Indonesia.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian dan Pengembangan (Reasearch and Development/R&D). Bandung: Alfabeta.

Syazali, M. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran (Modul) Berbantuan Geogebra Pokok Bahasan Turunan. Jurnal Pendidikan Matematika 7(2): 135-152.

Zarkasyi, C.N. (2015). Pengembangan Media Pembelejaran Dengan Geogebra untuk Visualisasi Penggunaan Integral Pada Siswa SMA. Jurnal Pendidikan Matematika 4(2): 283-290.




DOI: http://dx.doi.org/10.33603/e.v10i1.8495

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


EUCLID terindeks oleh DOAJ, Google Scholar, ResearchBib, IPI, IOS dan Sinta.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution - Share Alike 4.0 International License
execute(); ?>