Pendidikan Matematika Realistik Sebagai Pendekatan Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa SMP

Maulani Meutia Rani, Yarman Yarman, Ronal Rifandi, Yulyanti Harisman

Abstract


Kemampuan pemecahan masalah merupakan suatu aspek yang penting dikembangkan agar peserta didik dapat berhasil dalam pembelajaran matematika.    Akan tetapi fakta dilapangan tidak sesuai dengan yang di harapkan, peserta didik mengalami kesulitan menyelesaikan permasalahan pemecahan masalah matematis sehingga menyebabkan hasil belajar peserta didik masih rendah. Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis ialah dengan menerapkan pendekatan pendidikan matematika realistik (PMR). Tujuan penelitian ini untuk menganalisis perbandingan kemampuan pemecahan masalah peserta didik yang menerapkan pembelajaran pendekatan PMR dengan peserta didik yang menerapkan pembelajaran konvensional. Metode kuasi eksperimen dengan rancangan randomized control group only design yang digunakan pada penelitian ini. Populasi penelitian yaitu peserta didik kelas VII SMP yang dipilih menjadi dua kelas sampel penelitian melalui cara simple random sampling. Test kemampuan pemecahan masalah dengan bentuk essay menjadi instrument pada penelitian ini , dimana tes diberikan di akhir pertemuan untuk kedua kelas sampel penelitian. Hasil analisis uji hipotesis dengan menggunakan uji t diperoleh kesimpulan bahwa kemampuan pemecahan masalah peserta didik yang belajar dengan pendekatan PMR lebih baik dari siswa yang belajar dengan pembelajaran konvensional.


References


A. F., & Yerizon. (2013). Pengaruh Pendekatan RME dan Kemandirian Belajar . Prosiding Semitra FMIPA UNILA, (Hal. 7-14). Lampung.

A. W. (2012). Pendidikan Matematika Realistik Suatu Alternatif Pendekatan Pembelajaran Matematka. Yogyakarta: Graha Ilmu.

A. Y., Zanthy, L. S., & H. H. (2018). Pengaruh Pembelajaran Berbasis Masalah. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 445-452.

Arnellis, A. F., Arnawa, I. M., & Yerizon. (2020). The Effect of Realistic Mathematics Education Approach Orientes Higher Order Thinking Skills to Achievements' Calculus. Journal of Physics : Conference Series (hal. 012033). IOP Publishing.

C. C., Hakim, D. L., & H. K. (2018). Implementasi Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) dalam Pembelajaran Matematika. Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika, (hal. 65-72). Karawang.

E. N., P. Y., & Maimunah. (2020). Pembelajaran Berbasis Masalah dalam Meningkatkan. Journal of Education and Learning Mathematics Research , 65-73.

Laia, H. T., & D. H. (2021). Hubungan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dengan Kemampuan . AKSARA : Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 463-473.

Lestari, K. E., & Yudhanegara, M. R. (2017). Penelitian Pendidikan Matematika.

Bandung: Refika Aditama.

M. S., Jufri, L. H., & Putri, T. A. (2020). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa . Mosharafa : Jurnal Pendidikan Matematika, 119-130.

R. M. (2020). Kajian Kemampuan Self Efficacy Matematis Siswa Dalam Pemecahan . Jurnal Riset Teknologi dan Inovasi Pendidikan, 168-183.

Rifandi R., Mulyati, A., Rani, M. M., & Aziz, S.A. (2021). Pre-Service Mathematics Teachers Perception on Realistics Mathematics Education. Journal of Physics: Conference Series (hal. 012101). IOP Publishing.

S. A. (2013). Prosedur Penelitian : Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipata.

T. L., Batlolona, F. A., & et al. (2018). How Does Realistic Mathematics Education (RME) Improve Student's Mathematics Cognitive Achievement ? EURASIA Journal of Mathematics , Science and Technology Education, 569-578.




DOI: http://dx.doi.org/10.33603/e.v9i2.8481

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


EUCLID terindeks oleh DOAJ, Google Scholar, ResearchBib, IPI, IOS dan Sinta.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution - Share Alike 4.0 International License
execute(); ?>