PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SQUARE TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS PESERTA DIDIK KELAS XI MIPA

Ronal Rifandi, Zizi Fauziah, Fridgo Tasman

Abstract


Pemahaman konsep merupakan landasan penting dalam pembelajaran matematika. Realitas di lapangan ditemukan bahwa pemahaman konsep siswa kelas XI MIPA masih rendah. Solusi yang dapat dilakukan untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif think pair square. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah pemahaman konsep siswa yang belajar dengan menggunakan model kooperatif tipe think pair square lebih baik daripada siswa yang belajar dengan menggunakan pembelajaran konvensional. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan desain Nonequivalent Posttest Only Control Group Design.

Kata Kunci: Pemahaman Konsep Matematika, Think Pair Square


References


Antika, M. S., Andriani, L., & Revita, R. (2019). Pengaruh Peneraoan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Square Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Ditinjau Dari Kemampuan Awal Matematika Siswa SMP. Juring (Journal of Research in Mathematics Learning), 2(2), 118–129.

Anwar, & Ugi, L. E. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Square pada Materi Ruang Dimensi Tiga untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Baubau. Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Pengajaran Matematika, 3(1), 1–12.

Badri, R., Armiati, & Mukhni. (2018). Dampak Think Pair Square Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa. Jurnal Edukasi Dan Penelitian Matematika, 7(3), 61–66.

Hadi, S., & Kasum, M. U. (2015). Pemahaman konsep matematika siswa SMP melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe memeriksa berpasangan (Pair Checks). Edu-Mat: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1).

Karubaba, S. A. M., Rahman, B., & Arifin, S. (2019). Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe think pair square terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa. IndoMath: Indonesia Mathematics Education, 2(1), 37–44.

Meirisa, A., Rifandi, R., & Masniladevi. (2018). Pengaruh Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SD. Jurnal Gantang, 3(2), 127–134. https://doi.org/10.31629/jg.v3i2.508

Meisiska, T., Mukhni, & Jamaan, E. Z. (2018). Pengaruh Think Pair Square Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. Jurnal Edukasi Dan Penelitian Matematika, 7(2), 53–57.

Ningsih, S. Y. (2017). Peningkatan kemampuan pemahaman konsep siswa melalui pendekatan matematika realistik di SMP swasta tarbiyah islamiyah. MES: Journal of Mathematics Education and Science, 3(1), 82–90.

Novesya, T., & Armiati. (2018). Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Square Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis. Jurnal Edukasi Dan Penelitian Matematika, 7(3), 108–113.

Puspita, V., Yuhelman, N., & Rifandi, R. (2020). Dampak Pendekatan Realistic Mathematics Education Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Pada Siswa Sekolah Dasar. Justek: Jurnal Sains Dan Teknologi, 1(2), 20–25.

Suendarti, M., & Liberna, H. (2021). Analisis pemahaman konsep perbandingan trigonometri pada siswa sma. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 5(2), 326–339.

Tambunan, L. (2019). Pengaruh Pembelajaran Kooperatif Dengan Teknik Think-Pair-Square Terhadap Peningkatan Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa. Jurnal Suluh Pendidikan, 7(2), 24–36.




DOI: http://dx.doi.org/10.33603/e.v9i1.8460

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


EUCLID terindeks oleh DOAJ, Google Scholar, ResearchBib, IPI, IOS dan Sinta.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution - Share Alike 4.0 International License
execute(); ?>