Mari Mengenal Sejarah: Studi Kasus Calon Guru tentang Matematikawan Apollonius

Authors

  • Yulyanti Harisman
  • Marsha Habibah
  • Lukman Harun

DOI:

https://doi.org/10.33603/e.v10i1.7880

Abstract

Banyak matematikawan dalam bidang matematika yang memiliki kontribusi terhadap temuan matematika. Salah satu matematikawan tersebut adalah Apollonius. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan biografi Apollonius dan mengetahui sejauh mana mahasiswa Pendidikan Matematika tahun 2021 mengetahui siapa Apollonius dan apa saja temuannya dalam matematika. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan metode literatur review dan studi kasus. Literatur review dilakukan dengan mengkaji artike-artikel untuk mengetahui biografi matematikawan Apollonius dan temuannya. Studi kasus dilakukan dengan mewawancarai sepuluh mahasiswa program studi pendidikan matematika tahun 2021 dari lima kelas yang ada. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara terbuka. Setiap mahasiswa ditanya apa yang mereka ketahui tentang matematikawan Apollonius dan temuannya. Adapun analisis data dalam penelitian ini adalah meta review dan analisis tematik. Biografi Apollonius dan penemuannya dalam matematika beserta kategori jawaban mahasiswa akan dipaparkan secara rinci pada artikel ini.

Kata Kunci: Multimedia Interaktif, Kemampuan Penalaran Matematis, Bahan Ajar

Author Biography

Yulyanti Harisman

Link Scopus ID

Link Sinta ID

Program Studi Pendidikan Matematika Email: yulyyuki@gmail.com

References

Amboro, K. (2015). Membangun Kesadaran Berawal Dari Pemahaman: Relasi Pemahaman Sejarah Dengan Kesadaran Sejarah Mahasiswa. Historia, 3(2), 109.

Amirullah. (2017). Pentingnya Sejarah dalam Pembinaan Karakter Bangsa dan Pembangunan Nasional. Jurnal Prosiding Seminar Nasional Himpunan Ilmu-Ilmu Sosial, 141–148.

Darsono. (2019). Meningkatkan Keaktifan Siswa Dalam Mata Pelajaran Sejarah Dengan Metode Inquir. 209–224.

Fauzan, A., Harisman, Y., & Arini. (2019). Analysis of students’ strategies in solving multiplication problems. International Journal of Scientific and Technology Research, 8(10), 568–573.

Firdaus, & Rizki, D. (2021). Pentingnya Sejarah bagi Generasi Muda. Osf Preprints.

Gunawan, A. M. dan R. (2007). Sejarah lokal : penulisan dan pembelajaran di Sekolah / editor, Agus Mulyono, Restu Gunawan.

Hardjasaputra, A. S. (2015). Sejarah Dan Pembangunan Bangsa. Jurnal Artefak, Vol 3(1), 1–4.

Harisman, Y., Kusumah, Y. S., & Kusnandi, K. (2018). Teachers’ reflections on students’ mathematical problem solving in junior high school. Journal of Physics: Conference Series, 1088. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1088/1/012011

Harisman, Y., Kusumah, Y. S., & Kusnandi, K. (2019a). Beliefs of junior high school teachers on learning process on mathematical problem solving. Journal of Physics: Conference Series, 1157(3). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1157/3/032112

Harisman, Y., Kusumah, Y. S., & Kusnandi, K. (2019c). How teacher professionalism influences student behaviour in mathematical problem-solving process. Journal of Physics: Conference Series, 1188(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1188/1/012080

Harisman, Y., Kusumah, Y. S., & Kusnandi, K. (2019d). The attitude of senior high school teachers on mathematical problem solving. Journal of Physics: Conference Series, 1318(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1318/1/012087

Harisman, Y., Kusumah, Y. S., Kusnandi, K., & Noto, M. S. (2019). the Teachers’ Experience Background and Their Profesionalism. Infinity Journal, 8(2), 129. https://doi.org/10.22460/infinity.v8i2.p129-142

Harisman, Y., Mayani, D. E., Armiati, A., Syaputra, H., & Amiruddin, M. H. (2023). Analysis Of Student’s Ability To Solve Mathematical Literacy Problems In Junior High Schools In The City Area. Infinity Journal, 12(1), 55. https://doi.org/10.22460/infinity.v12i1.p55-68

Harisman, Y., Noto, M. S., & Hidayat, W. (2020). Experience Student Background and Their Behavior in Problem Solving. Infinity Journal, 9(1), 59. https://doi.org/10.22460/infinity.v9i1.p59-68

Harun, L., Darhim, D., Dahlan, J. A., Harisman, Y., Sovia, A., & Bakar, M. T. (2019). Students’ gesture of naive, routine, and shopisticated behavior oriented on mathematical problem solving. Journal of Physics: Conference Series, 1157(4). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1157/4/042074

Hasan, S. H. (2012). Pendidikan Sejarah untuk Memperkuat Pendidikan Karakter. Paramita: Historical Studies Journal, 22(1), 81–95.

Hogendijk, J. P. (2002). Two editions of Ibn al-Haytham’s Completion of the Conics. Historia Mathematica, 29(3), 247–265. https://doi.org/10.1006/hmat.2002.2352

Ismaun. (2012). Pengertian Dan Konsep Dasar Sejarah. Psos4204/Modul 1, 3.

Kamikamustudio. (2022). Apollonius-Pakar Geologi Terbesar yang Memiliki Pengaruh dalam Dunia Matematika.

Marchiantalahatu. (2020). Pentingnya Belajar Sejarah Untuk Memahami Masa Kini. https://kebudayaan.kemdikbud.go.id/bpnbmaluku/tiada-masa-depan-tanpa-hari-kemarin-pentingnya-belajar-sejarah-untuk-memahami-masa-kini/

Nuraini, F. (2014). Apollonius (Irisan Kerucut). 16.

Purwanta, H., Santos, H. H., & Haryono, A. (2015). Wacana Identitas Nasional Pada Buku Teks Pelajaran Sejarah Di Inggris Dan Indonesia: Kajian Komparatif. Patrawidya, 16(3), 345–362.

Saliman, S. &. (2013). Penanaman Nilai dalam Pembelajaran IPS di SMP.

Saputro, R. A. (2022). Memperkuat Identitas Nasional Melalui Pembelajaran Sejarah Pada Masa Pandemi Covid-19. Prosiding Seminar Nasional …, November, 37–45.

Sm, A., & Biografi, A. (n.d.). Apollonius (262 – 190 sm).

Suparyanto dan Rosad. (2020). Sejarah sebagai Ilmu. Suparyanto Dan Rosad, 5(3), 248–253.

Suswandari. (2016). Pembelajaran Sejarah dalam Upaya Penguatan Karakter dan Identitas Bangsa. Kuliah Umum Program Studi Pendidikan Sejarah Universitas Muhammadiyah Purwokerto, November, 1–12.

Syahputra, M. A. D., Sariyatun, S., & Ardianto, D. T. (2020). Peranan Penting Sejarah Lokal sebagai Objek Pembelajaran untuk Membangun Kesadaran Sejarah Siswa. Historia: Jurnal Pendidik Dan Peneliti Sejarah, 4(1), 85–94. https://doi.org/10.17509/historia.v4i1.27035

Syaikah, A. (2017). a . Apollonius (Ilmuwan Matematika).

Tedja, S. (1996). Ilmu Sejarah. 344–707.

Warto. (2019). Menumbuhkan Kesadaran Sejarah Generasi Muda. Jurnal Pendidikan Sejarah, 2(4), 2–6.

Wicaksana, A. (2016). Irisan Kerucut. Https://Medium.Com/, 1–38.

Wiriaatmadja. (2002). Pendidikan sejarah di Indonesia : Perspektif lokal, nasional, dan global / Rochiati Wiriatmadja.

Zahro, M., Sumardi, & Marjono. (2017). The Implementation Of The Character Education In History Teaching. Jurnal Historica, 1(1), 1–11.

Published

2023-06-13

Issue

Section

Artikel

Citation Check