Pengaruh Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif terhadap Kemampuan Penalaran Matematis Mahasiswa

Lilis Marina Angraini

Abstract


Penelitian ini dilakukan berdasarkan rendahnya kemampuan penalaran matematis mahasiswa selaku calon guru, serta terjadinya perubahan sistem pembelajaran dari tatap muka menjadi pembelajaran secara daring di masa pandemi Covid-19. Penelitian bertujuan agar meningkatkan kemampuan penalaran matematis mahasiswa melalui bahan ajar berbasis multimedia interaktif untuk mendukung pembelaran online. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif (kuasi eksperimen) yang dilaksanakan di 2 Universitas yaitu Universitas Islam Riau (UIR) dan Universitas Pasir Pengaraian (UPP) . Subjek penelitian adalah mahasiswa calon guru matematika yang mengontrak mata kuliah Struktur Aljabar di UIR (kelas eksperimen) dan mahasiswa calon guru matematika di UPP (kelas kontrol) pada tahun ajaran 2021/2022. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah tes kemampuan penalaran dan data hasil tes diolah dengan uji statistik. Uji normalitas menggunakan Kolmogorov-Smirnov dan uji homogenitas menggunakan Levene serta uji T. Berdasarkan hasil uji T, diperoleh nilai signifikasi sebesar 0,029 < 0,05. Artinya terjadi peningkatan kemampuan penalaran matematis mahasiswa yang memperoleh pembelajaran menggunakan bahan ajar berbasis multimedia interaktif.


References


Cahani, K., & Effendi, K. N. (2019). Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa SMP Kelas IX Pada Materi Bangun Datar Segiempat. Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika, 2(1), 120–128. URL: https://journal.unsika.ac.id/index.php/sesiomadika/article/view/2318

Gee, E. (2020). Hubungan Gaya Kognitif Dengan Kemampuan Penalaran Matematika Siswa SMP Kelas VIII. Jurnal Education and Development, 8(3), 225-225. DOI https://doi.org/10.37081/ed.v8i3.1942

Hajar, S. S., Sofyan, S., & Amalia, R. (2021). Analisis Kemampuan Penalaran Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Soal Open-Ended Ditinjau dari Kecerdasan Emosional. Jurnal Ilmiah Matematika Realistik, 2(2), 32-36.

Haryono, Agus., Tanujaya, Benediktus. (2018). Profil Kemampuan Penalaran Induktif Matematika Mahasiswa Pendidikan Matematika Unipa Ditinjau Dari Gaya Belajar. Journal Of Honai Math, 1(2): 127-138. DOI: https://doi.org/10.30862/jhm.v1i2.1049

Hendriyani, Yeka, Dekianti, dan Mursyida (2017). Persepsi Penggunaan Swishmax Untuk Pengembangan Media Pembelajaran Oleh Guru Sekolah Dasar Di Gugus 3 Kamang Magek Kabupaten Agam. Jurnal Teknologi Informasi & Pendidikan, 10(3). DOI: https://doi.org/10.24036/tip.v10i3.24

Himmi & Nailul. (2017). Korelasi Self Efficacy Terhadap Kemampuan Penalaran Matematis Mahasiswa Semester Pendek Mata Kuliah Trigonometri UNRIKA. Jurnal Pythagoras, 6(2): 143 – 150. URL: https://www.journal.unrika.ac.id/index.php/jurnalphythagoras/article/view/941/834

Ilyas, M., & Basir, F. (2016). Keefektifan strategi konflik kognitif pada pembelajaran struktur aljabar terhadap kemampuan penalaran dan komunikasi mahasiswa. Pedagogy: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2). DOI: http://dx.doi.org/10.30605/pedagogy.v1i2.395

Ilmiani, A. M., Ahmadi, A., Rahman, N. F., & Rahmah, Y. (2020). Multimedia Interaktif Untuk Mengatasi Problematika Pembelajaran Bahasa Arab. Al-Ta’rib Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Bahasa Arab, 8(1), 17-32. DOI: https://doi.org/10.23971/altarib.v8i1.1902

Isnaeni, S., Fajriyah, L., Risky, E. S., Purwasih, R., & Hidayat, W. (2018). Analisis Kemampuan Penalaran Matematis dan Kemandirian Belajar Siswa SMP pada Materi Persamaan Garis Lurus. Journal of Medives, 2(1), 107-116. DOI: https://doi.org/10.31331/medives.v2i1.528

Kurniawati, I. D. (2018). Media pembelajaran berbasis multimedia interaktif untuk meningkatkan Pemahaman konsep mahasiswa. DoubleClick: Journal of Computer and Information Technology, 1(2), 68-75. DOI: http://doi.org/10.25273/doubleclick.v1i2.1540

Nyoman, N. G. (2022). Pentingnya Filsafat dalam Matematika Bagi Mahasiswa Pendidikan Matematika. Journal of Arts and Education, 2(1).

Oktaviana, V., & Aini, I. N. (2021). Analisis Kemampuan Penalaran Matematis Siswa SMP Pada Materi Aritmatika Sosial. MAJU: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 8(1). URL: https://ejournal.stkipbbm.ac.id/index.php/mtk/article/view/641

Pandu, Y. K. (2021). Analisis Kemampuan Penalaran Matematika Mahasiswa dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Materi Limit Fungsi. In PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 4, 436-445. URL: https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/article/view/44991

Putrawangsa, S., & Hasanah, U. (2018). Integrasi teknologi digital dalam pembelajaran di era industri 4.0. Jurnal Tatsqif, 16(1), 42-54. DOI: https://doi.org/10.20414/jtq.v16i1.203

Ramdan, M. G. A., & Roesdiana, L. (2022). Analisis Kemampuan Penalaran Matematis Siswa SMP Pada Materi Teorema Phytagoras. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 8(1), 386-395. DOI: https://doi.org/10.31949/educatio.v8i1.1996

Ratnasari, N., Tadjudin, N., Syazali, M., Mujib, M., & Andriani, S. (2018). Project based learning (PjBL) model on the mathematical representation ability. Tadris: Jurnal Keguruan Dan Ilmu Tarbiyah, 3(1), 47-53. DOI: https://doi.org/10.24042/tadris.v3i1.2535

Rahayu, L. D., & Kusuma, A. B. (2019). Peran pendidikan matematika di era globalisasi. Prosiding Sendika, 5(1). URL: http://eproceedings.umpwr.ac.id/index.php/sendika/article/view/801

Rosyidah, U., Setyawati, A., & Qomariyah, S. (2021). Analisis Kemampuan Penalaran dan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Mahasiswa Pendidikan Matematika Pada Mata Kuliah Aljabar Dasar. SJME (Supremum Journal of Mathematics Education), 5(1). DOI: https://doi.org/10.35706/sjme.v5i1.4488

Riwayati, Selvi., Destania, Yuriska. (2019). Efektifitas Desain Lembar Kerja Mahasiswa(LKM) Terintegrasi Internet untuk Mengembangkan Kemampuan Penalaran Matematis Mahasiswa. EDUMATIKA: Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 2(2):104-112. DOI: https://doi.org/10.32939/ejrpm.v2i2.409

Sakiah, N. A., & Effendi, K. N. S. (2021). Analisis Kebutuhan Multimedia Interaktif Berbasis PowerPoint Materi Aljabar Pada Pembelajaran Matematika SMP. JP3M (Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Pengajaran Matematika), 7(1), 39-48. DOI: https://doi.org/10.37058/jp3m.v7i1.2623

Santosa, F. H., Negara, H. R. P., Indrawati, Bahri, S., & Samsuriadi. (2019). Komparasi kemampuan penalaran matematis mahasiswa ditinjau dari gaya kognitif. JP3M, 2(2), 142–153. URL: http://journal.rekarta.co.id/index.php/jp3m/article/view/218

Sari, R. U., Farida, F., Andriani, S., & Anggoro, B. S. (2020). Swishmax dalam Pengembangan Media Pembelajaran Struktur Aljabar. Jurnal Pijar Mipa, 15(3), 280-287.DOI: 10.29303/jpm.v15i3.1548

Soeleman, M. (2018). Penerapan model student team achievement divisions (STAD) berbahan ajar geogebra untuk meningkatkan kemampuan penalaran matematis mahasiswa mata pelajaran kalkulus II. Jurnal Riset Pendidikan Matematika Jakarta, 1(1), 22-30. DOI: https://doi.org/10.21009/jrpmj.v1i1.4945

Sumarmo. U. (2010). Berpikir dan Disposisi Matematik: Apa, Mengapa, dan Bagaimana Ddikembangkan Padda Peserta Didik. Makalah disajikan dalam Seminar Nasional. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia. URL: https://www.academia.edu/10346582/BERFIKIR_DAN_DISPOSISI_MATEMATIK_APA_MENGAPA_DAN_BAGAIMANA_DIKEMBANGKAN_PADA_PESERTA_DIDIK

Suryaningrat, E. F., Muslihah, N. N., Pujiasti, D. A., & Adiredja, R. K. (2021). The influence of lectora inspire-based interactive learning media on students’ learning motivation and mathematical reasoning abilities in primary schools. Journal of Physics: Conference Series,1987(1), 0–7. DOI:10.1088/1742-6596/1987/1/012035

Tukaryanto, Hendikawati & Nugroho. (2018). Peningkatan Kemampuan Penalaran Matematik dan Percaya Diri Siswa Kelas X Melalui Model Discovery Learning. PRISMA: Prosiding Seminar Nasional Matematika. URL: https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/article/view/20211

Ulfah, A. (2020, October). Pemanfaatan media sosial sebagai media pembelajaran bahasa Indonesia di masa pandemi. In Prosiding Seminar Nasional Bahasa dan Sastra Indonesia (SENASBASA),4(1). DOI: https://doi.org/10.22219/.v4i1.3703

Yunus, N. A., Hulukati, E., & Djakaria, I. (2020). Pengaruh pendekatan kontekstual terhadap kemampuan penalaran matematis ditinjau dari gaya kognitif peserta didik. Jambura Journal of Mathematics, 2(1), 30-38. DOI: https://doi.org/10.34312/jjom.v2i1.2591

Yusdiana, B. I., & Hidayat, W. (2018). Analisis Kemampuan Penalaran Matematis Siswa SMA pada Materi Limit Fungsi. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 1(3), 409-414. DOI 10.22460/jpmi.v1i3.409-414




DOI: http://dx.doi.org/10.33603/e.v10i1.7258

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


EUCLID terindeks oleh DOAJ, Google Scholar, ResearchBib, IPI, IOS dan Sinta.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution - Share Alike 4.0 International License
execute(); ?>