VARIASI KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN PERSOALAN GEOMETRI BIDANG DATAR SEGIEMPAT DAN SEGITIGA

Fatimah Azzahra

Abstract


Pada nyatanya, siswa masih mengalami banyak kesulitan dalam mengerjakan sebuah persoalan geometri bidang datar segiempat dan segitiga. Penulis berusaha menghimpun data-data terkait kesalahan siswa dalam mengerjakan soal geometri bidang datar segiempat dan segitiga dari penelitian-penelitian terdahulu. Penelitian-penelitian terdahulu berpendapat hal tersebut disebabkan karena lemahnya daya berpikir kreatif siswa dalam melakukan penalaran pada soal-soal geometri. Berdasarkan pengkajian pustaka yang telah dilakukan, maka hasil yang diperoleh adalah (1) Siswa merasa kesulitan untuk memahami soal, (2) Siswa merasa kesulitan untuk menemukan ide guna menyelesaikan soal secara utuh, (3) Siswa merasa kesulitan untuk menentukan rumus yang digunakan pada soal, dan (4) Siswa merasa kesulitan untuk mengaitkan materi geometri dengan sistem aljabar yang berguna untuk menemukan jawaban akhir yang diminta pada soal.

Kata Kunci: Geometri, Segiempat dan Segitiga, Kesalahan Siswa


References


Afifah, A. H., Sugiarti, T., & Monalisa, L. A. (2019). Analisis Keterampilan Geometri Siswa Kelas X dalam Menyelesaikan Soal Segiempat Berdasarkan Level Van Hiele. Kadikma, 10, 13.

Aprilianti, Y., & Zanthy, L. S. (2019). Analisis Kemampuan Penalaran Matematik Siswa SMP pada Materi Segiempat dan Segitiga. Journal On Education, 01(02), 9.

Hadiyanto, F. R. (2019). Analisis Kesalahan Siswa Kelas VII dalam Menyelesaikan Soal Cerita pada Materi Geometri dengan Menggunakan Newman’s Procedure. Jurnal Kajian Pembelajaran Matematika (JKPM), 3(2), 11.

Mardiyah, U. R. (2019). Abstraksi Reflektif Dalam Mengontruk Bangun Segiempat. MATHEdunesa: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 8(3), 7.

Nadjib, A. (2014). Analisis Kesalahan Pemahaman dalam Materi Segiempat Menurut Tingkat Berpikir Van Hiele pada Siswa SMP Negeri 1 Suppa Kabupaten Pinrang. Jurnal Pepatuzdu, 8.




DOI: http://dx.doi.org/10.33603/e.v9i1.5345

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


EUCLID terindeks oleh DOAJ, Google Scholar, ResearchBib, IPI, IOS dan Sinta.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution - Share Alike 4.0 International License
execute(); ?>