Pemodelan Respon Penawaran Komoditas Cabai Besar

Muhammad Fajar

Abstract


Tujuan penelitian adalah untuk mengestimasi model respon penawaran cabai besarsehingga dapat diperoleh informasi elastisitas harga terhadap produksi (penawaran). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah model respon penawaran yang mengadopsi model Nerlove dan diestimasi dengan regressi - ordinary least square. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data produksi cabai besar (kg), luas panen (hektar), dan harga cabai besar tingkat produsen (Rp/Kg) dengan periode 2008 – 2018 dalam waktu bulanan yang bersumber dari Badan Pusat Statistik. Hasil penelitian ini adalah estimasi model respon penawaran cabai besar yang mengadopsi model Nerlove merupakan model valid dan dapat menjelaskan 90.42% variasi variabel produksi cabai besar (penawaran). Estimasi elastisitas harga dalam jangka pendek dan jangka panjang masing-masing sebesar 9.60% dan 17.26%, yang merupakan kategori inelastis.

Kata Kunci. Cabai Besar, Penawaran, Model Nerlove, Elastisitas Harga


References


Askari, H. dan Cummings, J.T. 1977. Estimating agricultural supply response with the Nerlove model: A survey. International Economic Review 18 (2), 257-292.

Braulke, M. 1982. A note on the Nerlove model of agricultural supply response. International Economic Review 23(1), 241-246.

Nerlove, M, (1958). The dynamics of supply: Estimation of farmers’ response to price. United States of America: The Johns Hopkins Press, Baltimore.

Nerlove, M., dan Addison, W. 1958. Statistical estimation of long run elasticities of supply and demand. Journal of Farm Economics, 40, 861 – 880.

Samuelson, P.A. dan Nordhaus, W.D. 2004, Ilmu Mikroekonomi, Edisi Bahasa Indonesia. Jakarta: PT. Media Global Edukasi.

Sukirno, S. 2005. Mikro Ekonomi, Teori Pengantar. Jakarta: Penerbit PT. Raja Grafindo Persada.




DOI: http://dx.doi.org/10.33603/e.v9i2.5178

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


EUCLID terindeks oleh DOAJ, Google Scholar, ResearchBib, IPI, IOS dan Sinta.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution - Share Alike 4.0 International License
execute(); ?>