PENGGUNAAN METODE CONFIGURAL FREQUENCY ANALYSIS UNTUK MENENTUKAN KARAKTERISTIK PEMAIN DALAM SUATU PERTANDINGAN (STUDI KASUS: AGE OF EMPIRE 2)

Muhammad Faizal Akbar, Gumgum Darmawan, Resa Septiani Pontoh

Abstract


Configural Frequency Analysis (CFA) merupakan suatu metode yang digunakan untuk menganalisis data yang variabelnya berbentuk kategori. Variabel kategori adalah variabel yang bersifat kualitatif sehingga dibutuhkan frekuensi pada setiap kategori atau pasangan kategori agar dapat dilakukan analisis statistik. Jika variabel kategori terlibat bersamaan dalam suatu penelitian, maka dapat membentuk suatu pola (konfigurasi) di antara variabel-variabelnya. Pola (konfigurasi) yang terjadi kemudian dapat dianalisis menggunakan metode CFA untuk diketahui apakah terjadi ketidakcocokkan (discrepancies) dengan apa yang telah diekspektasikan sebelumnya. Ketidakcocokan ini ditandai dengan dua jenis data, yaitu type dan antitype. Type terjadi apabila konfigurasi tersebut terjadi lebih sering daripada yang telah diekspektasikan, sedangkan antitype terjadi apabila konfigurasi tersebut terjadi lebih jarang daripada yang telah diekspektasikan. CFA berguna untuk menganalisis penyebab terjadinya penyimpangan pada suatu model statistik. Penelitian ini mengkaji tentang bagaimana suatu penyimpangan dalam model statistic dapat terjadi. Data yang digunakan adalah data primer dari sebuah game yaitu  Age of Empire 2 dengan variabel dependen adalah kemenangan pemain (y), sedangkan variabel independennya adalah civilization (x1), positioning (x2), dan strategy (x3). Hasil akhir pada penelitian ini menunjukkan adanya type atau antitype pada konfigurasi variabelnya.

Kata kunci : Age of Empire 2, Configural Frequency Analysis


References


Agresti, A. 1990. Categorical Data Analysis. John Wiley and Son. New york.

Mawardi, M.I. 2012. Penerapan Configural Frequency Analysis (CFA) untuk Menentukan Karakteristik User dan Non User Motor Honda di Kota Cirebon. Skripsi. Jurusan Statistika FMIPA Universitas Padjadjaran, Bandung.

Pontoh, R.S. 2008. Configural Frekuency Analysis untuk Melihat Karakteristik Calon Investor Saham Retail PT Bursa Efek Jakarta. Laporan Penelitian Mandiri. Jurusan Statistika FMIPA Universitas Padjadjaran, Bandung.

Von Eye, A. 2002. Configural Frequency Analysis Methods, Models, and Applications. Psychology Press.




DOI: http://dx.doi.org/10.33603/e.v4i2.416

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


EUCLID terindeks oleh DOAJ, Google Scholar, ResearchBib, IPI, IOS dan Sinta.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution - Share Alike 4.0 International License
execute(); ?>