PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR SISWA MELALUI METODE ROLLING QUESTION MATERI SEGITIGA DAN SEGI EMPAT DI SMPN 3 CIAWIGEBANG KABUPATEN KUNINGAN

Kusnati Kusnati

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya kemauan dan kemampuan berfikir siswa dalam mengerjakan soal matematika tentang bangun segitiga dan segi empat sehingga hasil belajar siswa rendah. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui penerapan metode rolling question dalam meningkatkan kemampuan berfikir siswa dalam mengerjakan soal matematika tentang bangun segitiga dan segi empat  di kelas VIIC SMPN 3 Ciawigebang. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VIIC SMPN 3 Ciawigebang Kabupaten Kuningan yang terdiri dari 28 siswa. Pelaksanaan penelitian ini dilakukan pada semester genap tahun pelajaran 2015/2016. Proses penelitian tindakan kelas ini dilakukan dua siklus. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa nilai rata-rata hasil belajar pada siklus I memperoleh nilai 71 dengan ketuntasan belajar 57% atau 16 siswa dari 28 siswa yang memenuhi nilai KKM 70 dan siklus II memperoleh nilai 92 dengan ketuntasan belajar 93% atau 26 siswa yang tuntas. Begitu pula dengan hasil observasi aktivitas siswa dan guru menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan, pada siklus I aktivitas siswa berkategori baik (80%) dan siklus II berkategori sangat baik (100%). Sedangkan kinerja guru berkategori sangat baik (90%) pada siklus I  dan Pada siklus II juga sangat baik (100%). Penelitian ini berkesimpulan bahwa penerapan metode rolling question dapat meningkatkan kemampuan berfikir siswa dalam mengerjakan soal matematika tentang bangun segitiga dan segi empat di kelas VIIC SMPN 3 Ciawigebang Kabupaten Kuningan. Selain itu, juga dapat meningkatkan partisipasi dan aktivitas siswa dalam pembelajaran.


References


Depdiknas (2006). Kurikulum Pendidikan Dasar, Standar Isi. Jakarta : BNSP.

Nuharini Dewi dkk. (2008). Matematika Konsep dan Aplikasinya untuk Kelas VII SMP dan MTs. Jakarta: Pusbuk Depdiknas.

Pitajeng (2006). Pembelajaran Matematika yang Menyenangkan. Jakarta : Depdiknas.

Ruswandi, Hermawan. (2007). Metode Penelitian Pendidikan Sekolah Dasar. Bandung : UPI Press.

Suherman dkk. (2001). Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung: JICA UPI

Suwangsih, Erna. (2006). Model Pembelajaran Matematika. Bandung : UPI Press.

Wiriatmadja, Rochiati. (2005). Metode Penelitian Tindakan Kelas. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.




DOI: http://dx.doi.org/10.33603/e.v4i2.400

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


EUCLID terindeks oleh DOAJ, Google Scholar, ResearchBib, IPI, IOS dan Sinta.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution - Share Alike 4.0 International License
execute(); ?>