Pembelajaran Matematika Realistik Dapat Mengoptimalkan Kecerdasan Majemuk Siswa
Abstract
Howard Gardner mengatakan bahwa setiap individu memiliki delapan kecerdasan yaitu kecerdasan Matematis-Logis, Linguistik, Spasial, Musikal, Interpersonal, Kinestetik-Jasmani, Intrapersonal, dan Naturalis. Setiap kecerdasan yang dimiliki seseorang memiliki cara tersendiri dalam mengolah informasi, namun untuk menuangkannya kembali seluruh kecerdasan tersebut akan bersinergi dalam satu kesatuan yang unik. Hal ini membuat seseorang mampu meningkatkan kemampuannya secara optimal.
Jika kita kaitkan antara pembelajaran realistik (PMRI) dengan kecerdasan majemuk tentu sangat terlihat jelas dalam PMRI semua kecerdasan dapat dikembangkan, karena dalam pembelajaran matematika realistik ini siswa dihadapkan dengan sesuatu yang nyata, diberi kesempatan untuk mengemukakan pendapatnya tentang materi yang dipelajarinya baik secara individu ataupun secara kelompok. Dengan demikian diharapkan setiap siswa mampu mengoptimalkan seluruh kecerdasannya sehingga siswa mampu belajar matematika dengan baik yang pada akhirnya nilai siswa akan lebih baik.
Katakunci: pembelajaran realistik, kecerdasan majemuk.
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Amstrong, Thomas. 2002. Setiap Anak Cerdas.
Jakarta : Gramedia Pustaka Utama.
Amstrong, Thomas. 2002. Sekolah Para Juara.
Bandung : Kaifa.
Asikin. M. 2001. RME: Sebuah harapan baru
dalam pembelajaran Matematika.
Disajikan pada Seminar Nasional
RME di Surabaya.
Deporter, Bobbi dan Hernacki, Mike. 2000.
Quantum Learning : Membiasakan
Belajar Nyaman dan Menyenangkan.
Terjemahan Alwiyah Abdurrahman.
Bandung : Kaifa.
Drygen, Gordon, Vos, Jeannete. 2001. Revolusi
Cara Belajar. Terjemahan Word ++
translation Service. Bandung : Kaifa.
Hobri. 2009. Model-model Pembelajaran
Inovatif. Jember : Center for Seciety
Studies
Hoerr, Thomas R. 2007. Buku Kerja Multiple
Intelligences. Terjemahan Ary
Nilandari. Bandung : Kaifa.
Marpaung. 2005. Dampak Pembelajaran Pada
Proses Berpikir Siswa di SD PMRI dan
Non PMRI
Sutarto Hadi. 2003. Paradigma Baru Pendidikan
M a t e m a t i k a . D i s a j i k a n p a d a
pertemuan Forum Komunikasi
Sekolah Inovasi Kalimantan Selatan,
di Rantau Kabupaten Tapin,
www.pmri.or.id. Diakses pada 8
Januari 2011.
DOI: http://dx.doi.org/10.33603/e.v2i1.360
Refbacks
- There are currently no refbacks.
EUCLID terindeks oleh DOAJ, Google Scholar, ResearchBib, IPI, IOS dan Sinta.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution - Share Alike 4.0 International License