Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Mobile Learning Dengan Pendekatan Scientific

Aryo Andri Nugroho, Heni Purwati

Abstract


Abstrak
Tujuan penelitian ini yaitu merancang dan mengembangkan media pembelajaran matematika berbasis mobile learning dengan pendekatan scientific untuk meningkatkan prestasi belajar peserta didik. Luaran yang dihasilkan adalah sebuah produk berupa media pembelajaran matematika berbasis mobile learning dengan pendekatan scientific pada SMP materi Persamaan Linear Dua Variabel (PLDV).
Penelitian pengembangan media pembelajaran matematika ini mengacu pada teori Thiagarajan. Proses pengembangan media dimulai dari tahap pendefinisian, proses merancang media yang dikembangkan berdasarkan informasi yang diperoleh dari tahap analisis awal-akhir, peserta didik, materi, tugas yang mendukung kemudian dilakukan tahap perancangan atau design, selanjutnya tahap terakhir adalah tahap development.
Pengembangan media pembelajaran matematika berbasis mobile learning dengan pendekatan scientific pada SMP materi PLDV yang dikembangkan teruji valid secara isi dengan hasil penilaian untuk media rata-rata sebesar 91,3% . Sedangkan penilaian validator untuk materi PLDV dengan pendekatan scientific rata-rata sebesar 93,6%. Hasil tersebut berdasarkan penilaian validator memberikan nilai baik dan dapat digunakan dengan sedikit revisi.

Keyword: pengembangan, mobile learning, pendekatan scientific,PLDV

References


Geddes, S.J. (2004). Mobile learning in

the 21st century: benefit for learners.

Knowledge Tree e-journal.

Giasemi Vavoula and Mike Sharples.

Meeting the Challenges in

Evaluating Mobile Learning: A 3-level

Evaluation Framework. International

Journal of Mobile and Blended Learning 1,

(2009) 54-75.

Graham A, Norbert P, Christoph P. 2010.

Towards Work-based Mobile learning:

What We Can learn from the Fields of

Work-based learning and Mobile learning.

International Journal of Mobile and

Blended Learning, 2(4), 118.

Guskey, dkk. 1982. The Effektivenessof

Mastery Learning Strategies In

Undergraduete Education Courses.

University of Kentucky.

Lacthem, C. Jung, I. (2010). Distance and

Blended learning in Asia. Newyork &

London: Routledge

Matthew Kearney, etc.2012. Viewing

mobile learning from a pedagogical

perspective. Research in Learning

Technology. Vol. 20

Nugroho, AN, dkk. 2013. Pengembangan

Assesment Matematika Online Berbasis

Proprofs di SMA. Penelitian tidak

dipublikasikan.

Nugroho, AN, dkk. 2014. Pengembangan

Media Pembelajaran Matematika Berbasis

Edmodo Pada Mata Kuliah Teori

Bilangan. Penelitian tidak dipublikasikan.

Purwati, H, dkk. 2013. Pengembangan

Media Pembelajaran Matematika Berbasis

Blended Learning Berbantuan Android

Pada SMK Materi Program Linear.

Penelitian tidak dipubikasikan

Sardiman.2008. Pembelajaran Aktif (Aktif

Learning). Jurnal. Teaching Improvement

Workshop. 21-08-2009.

Sudargo, dkk. 2012. Pembelajaran Savi

(Somatic, Auditory, Visual, Intellectual)

Berbantuan Cabri 3d Sebagai Upaya

Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis

Dan Komunikasi Matematis Pada Materi

Kubus Dan Balok Kelas Viii Smp Pgri 01

Semarang Tahun Pelajaran 2011/2012.

Penelitian tidak dipublikasikan.

Thiagarajan,S. Smmel, D.S. Smmel, M.I.

Instruksional Development for

teacher of exceptional Children.

Blomington: Indiana University.

Traxler, J. (2005). Defining Mobile

Learning. Tersedia online di :

http://iadis.net/dl/final_uploads/200506C018

.pdf

Winkel, W.S. 2007. Psikologi Pengajaran.

Jakarta: Media Abadi.




DOI: http://dx.doi.org/10.33603/e.v2i1.355

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


EUCLID terindeks oleh DOAJ, Google Scholar, ResearchBib, IPI, IOS dan Sinta.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution - Share Alike 4.0 International License
execute(); ?>