Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Kelas X SMK Dengan Model Problem Solving Heuristic Berprinsip Pengelolaan Laboratorium Teenzania

Fitrianto Eko Subekti

Abstract


Belajar matematika khususnya materi program linier dirasa masih sulit bagi siswa. Adapun tujuan penelitian ini adalah : menghasilkan perangkat pembelajaran yang valid, praktis dan efektif pada ujicoba dengan model problem solving heuristic berprinsip pengelolaan laboratorium teenzania. Penelitian menggunakan model pengembangan 4-D Thiagarajan (1974). Dalam penelitian ini hanya sampai tahap develop. Subjek penelitian adalah siswa SMK Dinamika Tegal kelas X O2 sebagai kelas eksperimen dan kelas X O1 sebagai kelas kontrol. Uji validitas dan uji kepraktisan diolah dengan analisis uji proporsi, sedang uji keefektifan diolah dengan uji t, uji z, regresi linier ganda, dan uji banding. Hasil penelitian menunjukan: (1) perangkat pembelajaran yang dikembangkan dinyatakan valid oleh validator; (2) perangkat yang dikembangkan praktis. (3) Hasil uji t dan z menunjukkan ketuntasan belajar tercapai. Motivasi belajar dan keterampilan proses berpengaruh terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa sebesar 83,4 %. Rata-rata kelas eksperimen lebih baik dari pada kelas kontrol. Hal ini berarti perangkat yang dikembangkan efektif. Berdasarkan penjelasan di atas, disimpulkan bahwa perangkat pembelajaran yang dikembangkan memenuhi valid perangkat, praktis penggunaan dan efektif pembelajaran.

Kata Kunci : Pengembangan Perangkat Pembelajaran, Problem Solving Heuristic, Laboratorium Teenzania.


References


Carson. 2007. A Problem With Problem Solving: Teaching Thinking Without Teaching Knowledge. The Mathematics Educator volume 17, no 2, 7-14.

Chronicle, et al. 2004. What Makes an Insight Problem ? The Roles of Heuristics, Goal Conception, and Solution Recoding in Knowledge- Lean Problem. Journal of : Learning,

Memory and Cognition Volume 30, no 1, 14 – 27.

Chu, et al. 2010. Heuristics in Problem Solving : The Role of Direction in Controlling Search Space. The Journal of Problem Solving volume 3, no. 1.

Hamdani. 2011. Strategi Belajar Mengajar. Bandung : CV Pustaka Setia.

http://kidzania.co.id/ver2/index.php?artid= 70&catid = 30 &mnid=113. Selamat Datang di Kidszania .Diunduh tanggal 19 Januari 2012.

Moursund, D. 2006. Improving Math Education in K-8 Schools.

Sukestiyarno, dkk. 2012. Pengembangan Model Pembentukan Karakter Terintegrasi dengan Kewirausahaan Melalui Laboratorium Teenzania Bagi Siswa SMA. Semarang. Universitas Negeri Semarang.

Thiagarajan, 1974. Instruksional Development for Training Teachers of Exceptional Student : A Sourcebook. Miieapolis : Indiana University Bloomington.

Uno, H. 2011. Teori Motivasi & Pengukurannya Analisis di Bidang Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Wena. 2009. Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer Suatu Tinjauan Konseptual Operasional. Jakarta : Bumi Aksara.

Wu dan Adams. 2006. Modelling Mathematics Problem Solving Item Responses Using a Multidimensional IRT Model. Mathematics Education Research Journal Volume 18, no 2, 93-113.




DOI: http://dx.doi.org/10.33603/e.v1i2.349

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


EUCLID terindeks oleh DOAJ, Google Scholar, ResearchBib, IPI, IOS dan Sinta.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution - Share Alike 4.0 International License
execute(); ?>