ANALISIS KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIS MAHASISWA PADA MATA KULIAH ALJABAR LINEAR 1

Cita Dwi Rosita, Laelasari Laelasari, M Subali Noto

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis ketercapaian setiap indikator kemampuan pemahaman matematis mahasiswa, menganalisis ketercapaian ketuntasan pemahaman matematis mahasiswa baik secara klasikal maupun individual, dan untuk menganalisis ketuntasan pemahaman matematis mahasiswa berdasarkan level kemampuan rendah, sedang, dan tinggi pada mata kuliah Aljabar Linear 1. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian adalah mahasiswa Unswagati tingkat 2 sebanyak 6 kelas yang terdiri dari 114 mahasiswa. Metode pengumpulan data yang digunakan meliputi: (1) tes kemampuan pemahaman; (2) observasi; (3) wawancara; dan (4) dokumentasi. Data dianalisis secara deskriptif dan menggunakan uji one way anova. Hasil penelitian didapatkan: (1) Tes Kemampuan Pemahaman Matematis (TKPM) mahasiswa secara klasikal tidak mencapai ketuntasan dan nilai TKPM mahasiswa yang mencapai lebih atau sama dengan 65 sebanyak 54,38% dari keseluruhan mahasiswa; (2) Ketercapaian pada setiap indikator soal TKPM, hanya 3 indikator mencapai lebih dari atau sama dengan 70%, sedangkan 4 indikator lainnya kurang dari 70% dengan terendah ketercapaian 50%; (3) Adanya perbedaan ketuntasan pada kelompok mahasiswa berdasarkan tingkat kemampuan tinggi, sedang dan rendah di mana masing-masing memperoleh  rata-rata 84,7714; 65,7500; 47,1395. Mahasiswa dengan tingkat kemampuan tinggi dan sedang mencapai ketuntasan lebih dari 65, sedangkan untuk yang berkemampuan rendah belum tuntas.

Kata Kunci : Pemahaman Matematis, Aljabar Linear, Analisis Ketuntasan


References


Ruseffendi, E. T. 1991. Pengantar kepada Membantu Guru Mengembangkan Kompetensinya dalam Pengajaran Matematika untuk Meningkatkan CBSA. Bandung: Tarsito.

Rosita, C. D. 2013. Peranan Psikologi Pembelajaran terhadap Peningkatan Kualitas Lingkungan Belajar Matematika. Jurnal Ilmiah Infinity, Vol. 2 No. 2, September 2013, page: 136-143.

______________. Pengembangan Kehidupan Sosial dalam Pembelajaran Matematika di Perguruan Tinggi. Jurnal Pengembangan Humaniora, Vol. 13 No. 3, Desember 2013, page: 180-187.

Sudjana. 2005. Metoda Statistika. Bandung: Tarsito.

Sumarmo, U. 2004. Pembelajaran Ketrampilan Membaca Matematika pada Siswa Menengah. Makalah disajikan dalam Seminar Nasional. Cirebon: Unswagati.




DOI: http://dx.doi.org/10.33603/e.v1i2.345

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


EUCLID terindeks oleh DOAJ, Google Scholar, ResearchBib, IPI, IOS dan Sinta.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution - Share Alike 4.0 International License
execute(); ?>