Pembelajaran Matematika Dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Fslc Bernuansa Konstruktivisme Pada Materi Turunan Fungsi Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Sma

Anggar Titis Prayitno

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi pembelajaran matematika dengan model pembelajaran kooperatif tipe Formulate Share Listen and Create bernuansa konstruktivisme untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis pada materi turunan fungsi yang efektif dengan perangkat yang valid dan praktis. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan model Plomp. Perangkat yang dikembangkan terdiri atas silabus, RPP, buku siswa, LKS, dan tes kemampuan komunikasi matematis. Penelitian dilaksanakan di SMA Negeri 1 Indramayu di kabupaten Indramayu. Kelas XI IPS 2 dipilih  sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPS 1 sebagai kelas kontrol. Klasifikasi perangkat yang dikembangkan tergolong valid. Perangkat secara praktis dapat meningkatkan kemampuan komunikasi matematis berdasarkan respon siswa dan guru yang positif. Selain itu, kemampuan komunikasi matematis kelas eksperimen mencapai ketuntasan proporsi lebih baik daripada kelas kontrol. Aktivitas dan motivasi berpengaruh positif terhadap kemampuan komunikasi matematis mereka.  Ada peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa kelas eksperimen.

Kata Kunci : Developing learning devices, cooperative learning, Formulate Share Listen and Create, differential function and mathematics communication ability.


References


Depdiknas. 2006. Permendiknas Nomor 22 Tahun 2006 tentang Standar Isi. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Gredler, M.E.B. 1991. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: CV.

Rajawali. Hake, R.R. 1998, Interactive – Engagement Versus Traditional Methods ; A. Six – Thousand – Student Survey of Mechanics Tes Data for Introductory Physics Course, American Association of Physic Teacher. 66 (1) 64-74.

Herawati. 2006. Mengembangkan Kemampuan Penalaran dan Komunikasi Matematis Siswa melalui Pembelajaran dengan Pendekatan Matematika Realistik dalam Kelompok Kecil. Bandung: Tesis UPI.

H u d o j o , H . 1 9 8 8 . Mengajar BelajarMatematika. Jakarta: Dedikbud Dirjendikti Proyek Pengembangan LPTK.

Lie, A. 2010. Cooperative Learning. Mempraktikkan Cooperative Learning Ruang-Ruang Kelas. Jakarta: PT Gramedia.

Marpaung, Y. 2001. Pendekatan Realistik dan SANI dalam Pembelajaran matematika. Makalah: Disampaikan pada Seminar Nasional Pendidikan Matematika Realistik di USD Yogyakarta, 14-15 November 2001.

Plomp, Tj dan Wolde, J. van den. 1992. The General Model for Systematical Problem Solving. From Tjeerd Plomp (Eds.). Design of Educational and Training (in Dutch). Utrecht (the Netherlands): Lemma. Netherland. Faculty of Educational Science and Technology, University of Twente. Enschede the Netherlands.

Rochmad. 2009. Pengembangan Model Pembelajaran Matematika Beracuan Konstruktivisme Yang Melibatkan Pola Pikir Induktif-Deduktif untuk Siswa SMP/MTs. Disertasi Universitas Negeri Surabaya.

Rozycki, E.G. & Goldfarb, M.E. 2000. The Educational Theory of Lev Semenovich Vygotsky (1896 - 1934) (Analysis by M a r y E l l e n G o l d f a r b ) . http://cas.buffalo.edu/classes/psy/segal/41 6f2001/vygotsky-web.htm download 15/12/2010

Ruseffendi, E.T. 1988. Pengantar Kepada Membantu Guru Mengembangkan Kompetensinya Dalam Pengajaran Matematika untuk Meningkatkan CBSA. Bandung:

Tarsito Trianto. 2007. Model Pembelajaran Terpadu dalam Praktek dan Teori. Jakarta: Prestasi Pustaka.




DOI: http://dx.doi.org/10.33603/e.v1i1.341

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


EUCLID terindeks oleh DOAJ, Google Scholar, ResearchBib, IPI, IOS dan Sinta.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution - Share Alike 4.0 International License
execute(); ?>