KETERAMPILAN PROSES BERFIKIR MATEMATIKA MAHASISWA DITINJAU DARI PERFORMANCE ASSESSMENT

Neneng Aminah, Siska Firmasari

Abstract


Hasil belajar bukan hanya dilihat dari nilai akhir saja melainkan dapat juga dilihat dari
proses yang dilaluinya. Begitu pula pada hasil belajar mahasiswa, mahasiswa baru
dirasakan perlu dilihat kemampuan awal mereka yang dilihat melalui proses berpikir
mereka. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bagaimana keterampilan
proses berfikir matematika mahasiswa saat awal memasuki perkuliahan yang ditinjau
melalui rubrik performance assessment, dimana subyek penelitian ini terdiri dari 6 orang dari
sejumlah mahasiswa tingkat satu, yang memiliki kemampuan akademik berbeda. Metode
penelitian yang digunakan deskriptif dilakukan pada saat sebelum perkuliahan dimulai.
Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa keterampilan proses berfikir mahasiswa
dari ketiga pertanyaan yang telah dijawab oleh subyek dengan kemampuan akademik tinggi
yaitu hampir tepat dan jelas serta tidak ada kesalahan dalam menentukan pola, berfikir
komunikasi, serta dalam melakukan perhitungan, sedangkan pada subyek dengan
kemampuan akademik sedang proses yang mereka lakukan hanya terdapat sedikit
kesalahan dalam nementukan pola, mengkomunikasikan ide matematika dan dalam
melakukan perhitungan, kesimpulan terakhir pada subyek dengan kemampuan akademik
rendah dalam proses berfikir yang mereka lakukan dari ketiga soal yang diberikan rata-rata
terdapat lebih dari satu kesalahan dalam menentukan pola, mengkomunikasikan ide
matematika, dan dalam melakukan perhitungan.
Kata Kunci : ketrampilan proses berfikir, Performance Assessment.




DOI: http://dx.doi.org/10.33603/e.v3i2.336

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


EUCLID terindeks oleh DOAJ, Google Scholar, ResearchBib, IPI, IOS dan Sinta.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution - Share Alike 4.0 International License
execute(); ?>