PENERAPAN MODEL INTEGER LINEAR PROGRAMMING PADA PENJADWALAN PETUGAS SATUAN PENGAMANAN

Sri Maryam Mohungo, Lailany Yahya, Resmawan Resmawan, Djihad Wungguli

Abstract


Penjadwalan petugas satuan pengamanan merupakan salah satu permasalahan yang sering timbul pada sistem manajemen keamanan pada suatu tempat. Demikian pula manajemen keamanan pada unit keamanan kampus Universitas Negeri Gorontalo. Penjadwalan petugas satuan pengamanan yang tepat diperlukan untuk menghindari kelelahan bagi para petugas, baik fisik maupun psikologis yang dapat menurunkan kinerja para petugas. Dalam penelitian ini, permasalahan penjadwalan satuan pengamanan dimodelkan sebagai Integer Linear Programming (ILP) dengan fungsi objektif Linear, fungsi kendala Linear dan variabel berupa bilangan Integer. Dalam menyelesaikan permasalahan penjadwalan ini, maka akan diselesaikan dengan bantuan software LINGO 11.0. Fungsi objektif model ini adalah memaksimalkan hari kerja petugas satuan pengamanan dalam satu periode penjadwalan dengan 3 kali shift.


Full Text:

PDF

References


Alan H. dan Kaluzy B.L. 2011. Scheduling Security Personnel for Vancouver 2010 Winter Olympic Games by Integer Programming: A Case Study. 49(3):221-231

Aminudin. 2015. Prinsip-prinsip Riset Operasi. Jakarta: Erlangga.

Garfinkel R. S dan Nemhauser G. L. 1972. Integer Programming. New York: John Willey and Son.

Hikmah dan Amin N. 2017. AplikasiInteger Linear Programming (ILP) untuk meminimumkan Biaya Produksi pada Siaputo Aluminium, Jurnal Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Sulawesi Barat, Vol. 3 No. 2.

Maslihah S. 2005. Metode Pemecahan Masalah Integer Programming, Jurnal Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Walisongo, Vol. 7 No. 2

Maspaitella B. J dan Tupan J. M. 2016. Model Integer Programming, Jurnal Program Studi Teknik Industri Fakultas Teknik Universitas Patimura Ambon, Vol. 10No. 1, ISSN 1978-1105.

Rao S. S. 2009. Engineering Optimizations : Theory and Practise (Fourth Edition). Canada : John Wiley and Son.

Siswanto. 2007. Operation Research (jilid Kedua). Jakarta: Erlangga.

Taha H. A. 2007. Operation Research : An Introduction (Eight Edition). New Jersey, USA.




DOI: http://dx.doi.org/10.33603/e.v8i1.3294

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


EUCLID terindeks oleh DOAJ, Google Scholar, ResearchBib, IPI, IOS dan Sinta.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution - Share Alike 4.0 International License
execute(); ?>