EFEKTIFITAS PENGGUNAAN BAHAN AJAR BERBASIS WOLFRAM MATHEMATICA PADA MATA KULIAH ALJABAR LINIER

Aryo Andri Nugroho, Lukman Harun, Noviana Dini Rahmawati

Abstract


Penelitian ini bertujuan meningkatkan prestasi belajar mahasiswa
pendidikan matematika semester 2 tahun 2014/2015 Universitas PGRI Semarang
dengan menggunakan bahan ajar berbasis wolfram mathematica pada mata kuliah
aljabar linear.
Jenis penelitian yang digunakan adalah Quasy Experimental. Populasi dalam
penelitian ini adalah mahasiswa semester 2 tahun 2014/2015. subjek penelitian ini
terdiri dari 2 kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Pemilihan subyek
penelitian ini diambil dengan teknik purposive sampling. Variabel penelitian yaitu
kreativitas dan prestasi belajar. Cara pengambilan data dengan observasi dan tes
prestasi belajar.
Dari hasil penelitian dapat disimpukan bahwa pembelajaran dengan
menggunakan bahan ajar berbasis wolfram mathematica pada mata kuliah aljabar
linear melalui uji statistika memenuhi kriteria efektif dengan ketuntasan belajar
lebih dari 65 yaitu 73,09 dan kreativitas mempunyai pengaruh terhadap hasil
belajar sebesar 17,5%. Selain itu, kelas eksperimen mempunyai rata-rata sebesar
73,09 dan kelas kontrol mempunyai rata-rata sebesar 62,81. Dengan demikian,
kelas eksperimen lebih baik dibandingkan dengan kelas kontrol.
Keyword: wolfram mathematica, Aljabar linear, bahan ajar




DOI: http://dx.doi.org/10.33603/e.v3i1.326

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


EUCLID terindeks oleh DOAJ, Google Scholar, ResearchBib, IPI, IOS dan Sinta.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution - Share Alike 4.0 International License
execute(); ?>