DESKRIPSI KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DITINJAU DARI RASA PERCAYA DIRI MAHASISWA

Fitrianto Eko Subekti, Anggun Badu Kusuma

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan
komunikasi matematis ditinjau dari rasa percaya diri mahasiswa. Subjek
penelitian adalah mahasiswa Program Studi Pendidikan Mahasiswa FKIP
Universitas Muhammadiyah Purwokerto yang mengambil mata kuliah
statistika deskriptif. Metode Penelitian yang digunakan adalah deskriptif
kualitatif. Teknik pengambilan data yang digunakan adalah menggunakan
angket untuk mendapatkan data rasa percaya diri mahasiswa, tes dan
wawancara untuk mendapatkan data kemampuan komunikasi matematis
mahasiswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa responden dengan rasa
percaya diri rendah belum mampu menyajikan data dalam bentuk diagram
sesuai dengan tujuannya, tetapi sudah mampu menyajikan data tunggal ke
dalam tabel distribusi frekuensi. Responden dengan rasa percaya diri
sedang sudah mampu menyajikan data dalam bentuk diagram sesuai
dengan tujuan dan tabel distribusi frekuensi dari data tunggal. Sedangkan
responden dengan rasa percaya diri tinggi cenderung mampu menyajikan
data dalam bentuk diagram sesuai dengan tujuannya dan tabel distribusi
frekuensi dari data tunggal dan histogram frekuensi.
Kata Kunci : rasa percaya diri, kemampuan komunikasi matematis




DOI: http://dx.doi.org/10.33603/e.v3i1.321

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


EUCLID terindeks oleh DOAJ, Google Scholar, ResearchBib, IPI, IOS dan Sinta.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution - Share Alike 4.0 International License
execute(); ?>