PENINGKATAN KOMUNIKASI MATEMATIS MAHASISWA CALON GURU SD MELALUI IMPLEMENTASI FLIPPED CLASSROOM

Suprih Widodo

Abstract


Abstrak—Kemampuan Komunikasi Matematik adalah salahsatu kemampuan yang harus dimiliki oleh calon guru Sekolah Dasar. Dengan memiliki kemampuan komunikasi matematik, calon guru SD tahu bagaimana menyampaikan pikiran dan ide-ide secara efektif menggunakan komunikasi lisan, tertulis dan nonverbal. Mereka mendengarkan secara efektif untuk menguraikan makna, seperti pengetahuan, nilai-nilai, sikap dan niat, dan menggunakan komunikasi untuk berbagai keperluan dalam tim dan lingkungan yang beragam. Penelitian ini mengimplementasikan Flipped Classroom yaitu sebuah metode pembelajaran yang melaksanakan pembelajaran di luar kelas dan di ruang kelas kelas secara bergantian agar lingkungan belajar di dalam kelas lebih interaktif, sehingga siswa dapat secara aktif terlibat dalam konten. Flipped Classroom pada penelitian ini dibangun dengan menggunakan GAFE (Google Apps for Education), yaitu sebuah tools yang disediakan oleh Google untuk pendidikan. Melalui perangkat ini Mahasiswa dan Dosen dapat berbagi ide secara efektif dalam memperoleh informasi, menuangkan ide dalam bentuk dokumen, lembar kerja, presentasi dan gambar atau portofolio. Kelebihan alat ini juga dapat membantu kolaborasi mahasiswa satu dengan yang lain secara realtime. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuasi eksperimen, dengan desain pretes dan postes control group. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa metode Flipped Classroom yang didesain dengan tools GAFE ini mampu memenuhi standar sebagai sebuah sistem manajemen pembelajaran. Selain itu kemampuan komunikasi mahasiswa calon guru sekolah dasar pada sampel yang menggunakan model Flipped Classroom ini lebih baik  dari kelas kontrol.

References


B. Milman, Natalie. 2012. The Flipped Classroom Strategy What is it and How Can it Best be Used?. Jurnal Internasional Volume 9, Issue 3 : The George Washington University.

Cury, Augusto (2007), Brilliant Parents Fascinating Teachers, Jakarta : Gramedia Pustaka Utama

Depdiknas.(2006). Kurikulum Tingkat Satuan Pelajaran. Jakarta: Depdiknas.

Mellado V (1998), The Classroom practice of preservice teacher and their cinception of teaching and learning, Science Education, 82, 197-214.

Lie A (2005), Cooperative Learning : Mempraktikan Quantum Learning di Ruang Kelas, Bandung : Mizan Pustaka.

Mellado V (1998), The Classroom practice of preservice teacher and their cinception of teaching and learning, Science Education, 82, 197-214.

Ruseffendi, E.T. (1988). Pengantar kepada Membantu Guru Mengembangkan Kompetensinya dalam Pengajaran Matematika untuk Menigkatkan CBSA. Bandung: Tarsito.

Sopian, A. 2011. The Effectiveness Of Religion Lesson Study Learning Model In Enhancing Teacher’s Professionalism. Laporan Penelitian Hibah Bersaing UPI.

Stigler Jw, Hilbert J (1999), The Teaching Gap : Best Ideas from The World Teachers Improving Education in the Classroom, New York : the free Press.

Suherman, E. dkk. (2001). Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung: JICA UPI Bandung.

Sumarmo, U. (2012). Handout Evaluasi Pengajaran Matematika. Bandung: UPI. Tidak diterbitkan

Supriatna, Asep, et all (2010), Implementasi Lesson Study , Program Pengembangan Profesionalitas Pendidik dan Tenaga Kependidikan, Bandung : Rizqi Press.

Ulya, N. (2007). Upaya Meningkatkan Kemampuan Penalaran Dan Komunikasi Matematik Siswa SMP/MTS Melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Games Tournament (TGT). Tesis Magister pada Pendidikan Matematika UPI Bandung: tidak diterbitkan.

UPI,R. (2011). kaitan pemecahan masalah dan komunikasi.[Online]Tersedia:http://www.repository.upi.edu/operator/upload/t_mtk_0705384_chapter2.pdf. [24 November 2012].

UPI,R. (2011). Kajian Pustaka. [Online]. Tersedia:http://repository.upi.edu/operator/upload/s_mat_0705129_chapter2.pdf. [24 November 2012].




DOI: http://dx.doi.org/10.33603/e.v4i2.316

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


EUCLID terindeks oleh DOAJ, Google Scholar, ResearchBib, IPI, IOS dan Sinta.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution - Share Alike 4.0 International License
execute(); ?>