Analisis Proses Berpikir Menyusun Bukti Matematis Mahasiswa Calon Guru Pada Mata Kuliah Struktur Aljabar

Lilis Marina Angraini, Mohammad Dadan Sundawan, Muchamad Subali Noto

Abstract


Penelitian ini secara khusus bertujuan untuk menelaah kemampuan mahasiswa calon guru Pendidikan Matematika dalam menyusun bukti matematis, serta mengamati kendala apa saja yang dialami mahasiswa dalam menyusun bukti matematis. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan di Universitas Islam Riau jurusan Pendidikan Matematika, pada mahasiswa semester VI sebanyak 21 orang mahasiswa yang mengikuti mata kuliah Struktur Aljabar tahun ajaran 2018/2019. Berdasarkan hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa kemampuan pembuktian matematis mahasiswa Universitas Islam Riau dalam menjawab soal Struktur Aljabar memperoleh rata-rata skor sebesar 26 dari skor maksimum 50. Ini artinya kemampuan pembuktian matematis mahasiswa masih kategori cukup namun perlu ditingkatkan lagi agar skor yang diperoleh lebih tinggi. Persentase rata-rata skor kemampuan pembuktian matematis adalah 52%.

Kata Kunci: Menyusun Bukti Matematis, Mahasiswa Calon Guru, Struktur Aljabar.


References


Arnawa, M. I. (2009). Mengembangkan kemampuan mahasiswa dalam memvalidasi bukti pada aljabar abstrak melalui pembelajaran berdasarkan teori APOS. Jurnal matematika dan sains. XIV(2): 62-68

Fadillah, S. & Jamilah. (2016). Pengembangan bahan ajar struktur aljabar untuk meningkatkan kemampuan pembuktian matematis mahasiswa. Jurnal ilmiah pendidikan cakrawala pendidikan. XXXV(1): 106-113.

Guler, G. (2016). The difficulties experienced in teaching proof to prospective mathematics teachers: Academician views. Higher Education Studies. 6 (1): 145.

Hodiyanto, H. (2017). Analisis kesalahan mahasiswa semester v dalam mengerjakan soal pengantar analisis real. Edu Sains: Jurnal Pendidikan Sains & Matematika. 5 (1):Ozdemir & Ovez, 2012: 33-44.

Lestari, K. E. dan Yudhanegara, M. R. (2015). Penelitian pendidikan matematika. Bandung: PT Refika Aditama.

Lestari, K. E. (2015). Analisis Kemampuan Pembuktian Matematis Mahasiswa Menggunakan Pendekatan Induktif-Deduktif Pada Mata Kuliah Analisis Real. Jurnal Mendidik. 2 (1).

Ozdemir, E. & Ovez, F. T. D. (2012). A research on proof perceptions and atti-tudes towards proof and proving: some implications for elementary mathematics prospective teachers. Procedia-Social and Behavioral Scienc-es. 46: 2121–2125.

Sadikin, A. (2009). Pengantar logika matematika dan himpunan. Pontianak: STAIN Pontianak Press.

Sumarmo. (2010). Advanced mathematical thinking and habit of minds mahasiswa. Bahan ajar mata kuliah kajian dan isu pendidikan matematika pascasarjana UPI dan STKIP Siliwangi Bandung. Hal 12-14.




DOI: http://dx.doi.org/10.33603/e.v6i2.2564

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


EUCLID terindeks oleh DOAJ, Google Scholar, ResearchBib, IPI, IOS dan Sinta.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution - Share Alike 4.0 International License
execute(); ?>