Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) Berbasis Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis

Tiara Afridiani, Slamet Soro, Ayu Faradillah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui terdapat atau tidaknya pengaruh model problem based learning berbasis lembar kerja peserta didik (LKPD) terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik di SMPN 174 Jakarta. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dan menggunakan metode penelitian eksperimen jenis quasy experiment dengan tipe the nonequivalent posttest only control group design. Populasi penelitian ini mencakup seluruh peserta didik kelas VII SMP Negeri 174 Jakarta pada semester genap tahun pelajaran 2018/2019. Sampel yang diteliti sebanyak 71 peserta didik dari kelas VII-D dan VII-G. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode cluster random sampling. Dalam penelitian ini teknik pengumpulan data menggunakan instrumen kemampuan pemahaman konsep matematis. Instrumen terlebih dahulu diuji coba di SMPN 160 Jakarta untuk 66 peserta didik pada kelas VIII-C dan kelas VIII-D. Penelitian ini menggunakan uji normalitas, data yang diperoleh kelas eksperimen dan kelas kontrol berdistribusi normal serta kedua kelas tersebut memiliki data varians kelompok yang berdistribusi homogen. Sehingga dilakukan uji hipotesis menggunakan uji t menghasilkan t-hitung sebesar 1,9521 yang mengakibatkan tolak H0 pada taraf signifikansi 5% dengan effect size sebesar 0,5343 yang tergolong sedang. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model problem based learning berbasis lembar kerja peserta didik terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis dengan kriteria sedang.


References


Akınoğlu, Orhan., & Ruhan Özkardeş Tandoğan. (2007). The Effects of Problem-Based Active Learning in Science Education on Students’ Academic Achievement, Attitude and Concept Learning. Turkey: Eurasia Journal of Mathematics, Science & Technology Education, 3(1), 71-81.

Arikunto. (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Yogyakarta: Rineka Cipta.

Choo, Serene S.N., Jerome I. Rotgans., Elaine H. J. Yew., & Henk G. Schmidt. (2011). Effect of Worksheet Scaffolds on Student Learning in Problem Based Learning. Singapore: Springer.

Dolmans, D. H. J. M., & Schmidt, H. G. (2006). What do we know about cognitive and motivational effects of small group tutorials in problem-based learning? Advances in Health Sciences Education, 11(4), 321–336.

Faradisa, Insania. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Make A Match Terhadap Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 SIMAN Ponorogo. Ponorogo: Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

Johnson, Bethany Rittle., & Michael Schneider. (2014). Developing Conceptual and Procedural Knowledge of Mathematics. Oxford University Press.

Krisnawati, Endang. (2018). Desain Tugas untuk Mengidentifikasi Proses Kognitif Siswa dalam Memahami Konsep Pecahan. Surabaya: Jurnal Euclid, Vol 5 No 2.

Kritzer, Karen L. (2009). Barely Started and Already Left Behind: A Descriptive Analysis of the Mathematics Ability Demonstrated by Young Deaf Children. USA: Oxford University Press.

Laelasari., & Ira Ratnasari. (2014). Perbandingan Kemampuan Pemahaman Matematis Antara Siswa yang Menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dan Model Pembelajaran Group Investigation (Gi) Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Jalaksana. Cirebon: Jurnal Euclid, Vol 1 No.1.

Latha, Maheswari Narayanan. (2007). Analysis of Error in Addition and Subtraction of Fraction among Form 2. Kertas Projek Sarjana Pendidikan. Universiti Malaya.

Merrie¨nboer, J. J. G. V. (1997). Training complex cognitive skills: A four-component instructional design model for technical training. Englewood Cliffs, NJ: Educational Technology.

Nasir, Muhammad. (2016). Effektivitas Model Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning)Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Pada Pelajaran Matematika. Baruh Jaya: Muallimuna jurnal madrasah ibtidaiyah.

Padmavathy, R. D., & Mareesh. K., (2013). Effectiveness of Problem Based Learning In Mathematics. India: Internasional Multidiscriplinary e-Journal.

Rerung, Nensy., Iriwi L.S. Sinon., & Sri Wahyu Widyaningsih. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik SMA Pada Materi Usaha dan Energi. Papua: Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-BiRuNi, 06 (1).

Rizki, Hedia., Kamid., & Saharuddin. (2018). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Matematika Untuk Siswa Tunarugu (SDLB-B). Jambi: Jurnal Riset Pendidikan Matematika Vol 1, No 2.

Star, J. R. (2005). Reconceptualizing procedural knowledge. Journal for Research in Mathematics Education, 36, 404–411.

Sulistyani, Niluh. (2016). Pengembangan Lembar Kegiatan Siswa (LKS) Bangun Ruang Sisi Datar Berbasis PBL. Yogyakarta: Jurnal Matematika Vol 6, No 1.

Tambychik, Tarzimah., Thamby Subaha Mohd Meerah. (2010). Students’ Difficulties in Mathematics Problem-Solving:What do they Say?.Malaysia: Science Direct.

Temel, Senar. (2014). The Effects of Problem Based Learning On Pre Service Teachers’ Critical Thinking Dispositions and Perceptions of Problem Solving Ability. Turkey: South African Journal of Education 34(1).

Zuchri, Saefudin. (2017). Manipulatif Berbantuan Geogebra untuk Membantu Pemahaman Siswa dalam Menyelesaikan Word Problem Kelas 7 SMP. Cirebon: Jurnal Euclid Vol 4 No 2.




DOI: http://dx.doi.org/10.33603/e.v7i1.2532

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


EUCLID terindeks oleh DOAJ, Google Scholar, ResearchBib, IPI, IOS dan Sinta.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution - Share Alike 4.0 International License
execute(); ?>