ANALISIS KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS BERDASARKAN GAYA BELAJAR VISUAL

Nurina Happy Rina Dwi Setyowati Masrifah

Abstract


Komunikasi matematis sangatlah penting karena dengan komunikasi matematis yang baik siswa dapat memahami tujuan dari permasalahan yang ada. Seorang guru harus mengenali karakteristik gaya belajar siswanya, karena siswa yang belajar sesuai dengan gayanya memiliki kemampuan komunikasi yang baik. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan komunikasi matematis siswa yang memiliki gaya belajar visual. Penelitian kualitatif ini dilaksanakan pada 30 April-13 Mei 2019. Subjek penelitian adalah siswa kelas VII F SMP N 28 Semarang yang memiliki gaya belajar visual, memiliki nilai pada rentang 80-85, dan sesuai saran guru sehingga diperoleh 1 subjek. Instrumen yang digunakan adalah angket gaya belajar dan tes kemampuan komunikasi matematis yang telah divalidasi. Teknik pengumpulan data yaitu dengan penyebaran angket gaya belajar, tes tahap pertama dan tahap kedua, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan komunikasi matematis subjek dengan gaya belajar visual termasuk dalam kriteria sangat baik karena berhasil dalam 7 Indikator  Kemampuan Komunikasi (IKK) yakni IKK 1.1, IKK 1.2, IKK 2.1, IKK 2.2, IKK 2.3, IKK 3.1, IKK 3.3.


References


Astuti, I. B. 2017. Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Ditinjau Dari Gaya Belajar Siswa Pada Materi Pola Bilangan Kelas VIII SMP N 2 Mranggen. Skripsi. Semarang: Universitas PGRI Semarang.

Darkasyi, M., Johar, R., Ahmad, A. 2014. Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematis Dan Motivasi Siswa Dengan Pembelajaran Pendekatan Quantum Learning Pada Siswa SMP Negeri 5 Lhokseumawe. Jurnal Didaktik Matematika, Vol. 1, No. 1, Hal. 21-34.

Depdiknas. 2006. Permendiknas Nomor 22 Tahun 2006 Tentang Standar Isi Sekolah Menengah Atas. Jakarta: Depdiknas.

DePorter, B & Hernacki, M. 2005. Quantum Learning. Bandung: Kaifa.

Gilakjani, A.P., & Branch, L. 2012. Visual, Auditory, Kinaesthetic Learning Styles and Their Impact of English Language Teaching. Journal of Studies Education, Vol.2, No.1. Hal. 104-113. Tersedia di http://brainbutter.com.au/wp/wpcontent/uploads/2013/01/ Visual-Auditory-Kinaesthetic-.pdf [diakses 6 desember 2018].

Khairunnisa. 2018. Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Ditinjau Dari Gaya Belajar Siswa Kelas VIII MTs S Islamiyah Urung Pane. Skripsi.Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan.

NCTM. 2000. Principles and Standards for School Mathematics. USA: NCTM.

Osterholm, M. 2006. Metakognition and reading-criteria for comprehension of mathematics texts. In Novotna, J., Moraova, H.Kratka, M.& Stehlikova, N. (Eds.). Proceeding 30th Conference of the International Group for the Psychology of Mathematics Education, Vol. 4, pp.289-296.Prague: PME.

Papilaya, J. O., Huliselan, N. 2016. Identifikasi Gaya Belajar Mahasiswa. Jurnal Psikologi Undip, Vol. 15, No. 1. Hal. 56-63.

Sari, Ika. P. 2017. Kemampuan Komunikasi Matematika Berdasarkan Perbedaan Gaya Belajar Siswa Kelas X SMA Negeri 6 Wajo Pada Materi Statistika. Jurnal Nalar Pendidikan, Vol. 5, No. 2, hal. 88-89.

Sholihah, Dyahsih. A. 2015. Keefektifan Experiential Learning Pembelajaran Matematika MTs Materi Bangun Ruang Sisi Datar. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, Vol.2-Nomor 2, hal. 175-185.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.




DOI: http://dx.doi.org/10.33603/e.v7i1.2508

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


EUCLID terindeks oleh DOAJ, Google Scholar, ResearchBib, IPI, IOS dan Sinta.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution - Share Alike 4.0 International License
execute(); ?>