Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa SMA Melalui SQ3R

Runisah Runisah Runisah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji  peningkatan kemampuan berpikir kritis matematis siswa yang mengggunakan SQ3R. Penelitian ini merupakan penelitian  kuasi eksperimen yang melibatkan 72 siswa kelas X dari salah satu SMA di Indramayu, Jawa  Barat. Data dianalisis menggunakan uji t’,  Anova Satu jalur dan uji Scheffe. Dari hasil penelitian disimpulkan bahwa: 1) Peningkatan kemampuan berpikir kritis matematis siswa yang pembelajarannya menggunakan SQ3R lebih baik dari siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional; 2) Peningkatan kemampuan berpikir kritis matematis  siswa yang mengunakan SQ3R dengan kemampuan awal  tinggi lebih baik dari siswa dengan kemampuana awal sedang, dan peningkatan kemampuan berpikir kritis matematis siswa berkemampuan awal sedang lebih baik dari siswa berkemampuan awal rendah.

Kata kunci.  berpikir kritis,  matematika,   SQ3R


References


Dahar, R.W. (1989). Teori-Teori Belajar. Jakarta: Erlangga.

Eggen, P & Kauchak, D (2012). Strategic and Model for Teachers: Teaching Content and Thinking Skills. Boston: Pearson.

Ennis, R.H. (1996). Critical Thinking. United States of America: Prentice-Hall, Inc.

Facione, P.A. (1994). Holistic Critical Thinking Scoring Rubric. Diakses dari www.temple.edu/tlc/resources/handouts/holistic20Critical20 Thinking20Scoring % 20Rubric.v2.pdf

Firdaus, Kailani, I. Nor, B.B., & Bakry. (2015). Developing Critical Thinking Skills of Students in Mathematics Learning. Journal of Education and Learning, Vol.9(3), 226-236.

Firmansyah, D.T., Zaenuri, & Mulyono. (2012). Keefektifan Model Pembelajaran Kooperatif TipE SQ3R terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa SMP Kelas VII. Unnes Journal of Mathematics Vol.1 (2).7-14.

Glazer, E. (2001). Using Web Sources to Promote Critical Thinking in High School Mathematics. [Online]. Diakses dari http://math.unipa.it/~grim/AGlazer79-84.PDF

Hassoubah, Z.I. (2004). Developing Creative & Critical Thinking Skills. Bandung: Nuansa.

Kurniati, Kusumah, Y.S., Sabandar, J., & Herman, T. (2015). Mathematical critical thinking skills through contextual teaching and learning. IndoMS-JME, 6(1), 53-62..

Meltzer, D.E. (2002). The Relationship between Mathematics Preparation and Conceptual Learning Gains in Physics: A Posible “Hidden Variable†in Diagnostic Pretest Scores. American Journal of Physics. Diakses dari http : //www.physics.iastate.edu/ per / does /AJP-Dec-2002-Vol.70-1259-1268.pdf.

Meyers, C. (1986). Teaching Student to Think Critically. San Francisco: Jossey-Bass Inc.

Mullis, I.V.S. & Martin, M.O. (2013). TIMSS 2015 Assessment frameworks.

Martin, M.O (Editor). TIMSS & PIRLS International Study Center, Lynch School of Education, Boston College and International Association for the Evaluation of Educational Achievement (IEA).

Nizam. (2016). Ringkasan Hasil-Hasil Asesmen: Belajar dari Hasil UN, PISA, TIMSS, INAP. Jakarta: Puspendik Balitbang Kemdikbud

Palinussa, A. (2012). Kemampuan Berpikir Kritis dan Kreatif Matematis, serta Karakter Siswa dalam Pembelajaran Matematika Realistik Berbasis Budaya. Disertasi pada SPS UPI.: tidak diterbitkan

Pujawan, I. G. (2005). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif dengan Metode SQ3R dalam Meningkatkan Aktivitas dan Prestasi Belajar Matematika Siswa SMP. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran. Vol. 38(3), 343-358.

Rohaeti, E.E. (2010). Critical and Creative Mathematical Thinking of Junior High School Student. Educationist Journal, Vol 4(2), 99-106.

Runisah. (2012). Kemampuan berpikir kritis matematis siswa SMA (studi pendahuluan).

Runisah. (2019). Penggunaan SQ3R untuk Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis. Wacana Didaktika. Vol 7 (1). 12-19.

Slameto. (2010). Belajar dan Faktor­Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta : Rineka Cipta.

Subekti, F.E & Yanuarto, W.N.(2013). Peningkatan Kemandirian Belajar dan Kemampuan Komunikasi Matematika melalui Pembelajaran SQ3R Khazanah Pendidikan.Vol 2(1). Diakses dari http://jurnalnasional.ump.ac.id/index.php/khazanah/index

Sudrajat (2001) Penerapan SQ3R pada Pembelajaran Tindak Lanjut untuk Peningkatan Kemampuan Komunikasi dalam Matematika Siswa SMU. Tesis pada PPS UPI.: tidak diterbitkan.

Yumiati. (2015). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Aljabar, Berpikir Kritis Matematis, dan Self-Regulated Learning Siswa SMP Melalui Pembelajaran Core (Connecting, Organizing, Reflecting, Extending). Disertasi. Bandung: Sekolah Pascasarjana Universitas Pendidikan Indonesia




DOI: http://dx.doi.org/10.33603/e.v6i2.2216

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


EUCLID terindeks oleh DOAJ, Google Scholar, ResearchBib, IPI, IOS dan Sinta.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution - Share Alike 4.0 International License
execute(); ?>