Peningkatan Kompetensi Guru Matematika SMK Melalui Program Revitalisasi di PPPPTK BMTI

Joko Soebagyo, Wahyu Purnama

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peningkatan kompetensi guru matematika SMK melalui program revitalisasi di PPPPTK BMTI.  Jenis penelitian ini adalah eksperimen, dengan desain penelitian yang digunakan One-Group Pretest-Posttest Design.  Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh guru matematika SMK yang sudah mengikuti Uji Kompetensi Guru (UKG).  Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik stratified random sampling, dan hasilnya terpilih 24 guru matematika SMK se-Indonesia dengan nilai UKG tahun 2017 kurang dari 75 pada modul C dan F.  Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu posttest berupa tes online, kemudian data dianalisis menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, uji t, uji gain dan uji efektifitas.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata nilai UKG modul C tahun 2017 adalah 37,58 dan nilai rata-rata posttest 66,25 hal ini berarti kompetensi guru matematika SMK pada modul C mengalami peningkatan sebesar 28,67, dan besar rata-rata uji gain termasuk dalam kriteria sedang yaitu sebesar 0,46 atau 46%.  Sedangkan hasil penelitian pada modul F menunjukkan rata-rata nilai UKG tahun 2017 adalah 55,39 dan rata-rata nilai posttest 49,58 hal ini menunjukkan bahwa kompetensi guru matematika SMK pada modul F mengalami penurunan sebesar 5,81, dan besar rata-rata uji gain sebesar -0,13 atau mengalami penurunan sebesar 13%.  Penelitian ini memberikan informasi bahwa program revitalisasi melalui PKB dapat meningkatkan kompetensi guru matematika pada modul C tetapi tidak pada modul F.

References


Akdoğan, E. E., & Sağ, G. Y. (2018). An Investigation on How Prospective Mathematics Teachers Design a Lesson Plan, 7(1987), 81–96. https://doi.org/10.7822/omuefd.313310

Arifin, Z. (2012). Implementasi manajemen stratejik berbasis kemitraan dalam meningkatkan mutu smk. Jurnal Administrasi Pendidikan, XIV(1), 60–70.

Beswick, K., & Goos, M. (2012). Measuring Pre-Service Primary Teachers’ Knowledge for Teaching Mathematics. Mathematics Teacher Education and Development, 14(2), 70–90. Retrieved from http://search.ebscohost.com/login.aspx?direct=true&db=eric&AN=EJ1018656〈=es&scope=site

Fraenkel, J. R., Wallen, N. E., & Hyun, H. H. (2012). How To Design And Evaluate Research In Education. (E. Edition, Ed.). New York: McGraw-Hill Companies Inc. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004

Gintings, E. (2018). Revitalisasi SMK : Solusi Kebekerjaan Lulusan SMK. Retrieved from http://tedcbandung.com/web2018/html/index.php?id=artikel&kode=1

Hassani, S. (2009). Mathematical Methods for Students of Physics and Related Fields (Second Edi). New York: Springer Science+Business Media, LLC.

Hine, G. S. C. (2015). Strengthening pre-service teachers ’ mathematical content knowledge. Teaching and Learning Forum, 12(4), 1–11.

Knowles, M. S., Holton, E., & Swanson, R. (2005). The Adult Learning: The Definitive Classic In Adult Education and Human Resource Development. Taylor and Francis.

Ma, L. (1999). Knowing and Teaching Elementary Mathematics: Teachers’ understanding of funamental mathematics in China and the United States. https://doi.org/10.2307/749776

Merrill, C., Devine, K. L., Brown, J. W., & Brown, R. A. (2016). Improving Geometric and Trigonometric Knowledge and Skill for High School Mathematics Teachers:A Professional Development Partnership. The Journal of Technology Studies, 36(2), 20–30. https://doi.org/10.21061/jots.v36i2.a.3

Nababan, W. (2009). Pengaruh Kepemimpinan dan Sikap Profesional Widyaiswara Terhadap Akademik Peserta Diklat di P4TK BMTI. Universitas Pendidikan Indonesia.

Pahl, P. J., & Damrath, R. (2001). Mathematical Foundations of Computational Engineering: A Handbook. Berlin: Springer-Verlag Wien GmbH. https://doi.org/10.1007/978-3-642-56893-0

Rahman, A. (2009). Pembinaan Profesional Guru SMK (Kajian Kualitatif Pada SMK di Bandung). Jurnal Tabularasa, 6(1), 26–14.

Sekretariat Kabinet Republik Indonesia. (2016). Salinan Inpres Nomer 9 Tahun 2016.pdf.

Shulman, L. (2015). Knowledge and Teaching: Foundations of the New Reform. Harvard Educational Review, 57(1), 1–23. https://doi.org/10.17763/haer.57.1.j463w79r56455411

Slamet PH. (2013). Pengembangan SMK Model untuk Masa Depan. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 32(1), 14–26. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004

Stylianides, G. J., & Stylianides, A. J. (2010). Mathematics for teaching: A form of applied mathematics. Teaching and Teacher Education, 26(2), 161–172. https://doi.org/10.1016/j.tate.2009.03.022

Sulaeman, D., & Mona, L. (2017). Sekolah Kejuruan Sebagai Corporate Social Responsibility Djarum Foundation. Wacana, 16(2), 264–278.

Turgut, M., Yenilmez, K., & Anapa, P. (2014). Symmetry and rotation skills of prospective elementary mathematics teachers. Bolema - Mathematics Education Bulletin, 28(48), 383–402. https://doi.org/10.1590/1980-4415v28n48a19

Wardani, D. (2016). Tantangan dan Harapan Revitalisasi SMK di Indonesia Menuju Lembaga Vocational yang Berdaya. Retrieved July 4, 2019, from http://simposium.gtk.kemdikbud.go.id/karya/files/dikmen_2/DaniWardani,S.Hum.,M.Pd._28102016231905.pdf




DOI: http://dx.doi.org/10.33603/e.v6i2.2184

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


EUCLID terindeks oleh DOAJ, Google Scholar, ResearchBib, IPI, IOS dan Sinta.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution - Share Alike 4.0 International License
execute(); ?>