PENGEMBANGAN INSTRUMEN UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MATHEMATICAL PROBLEM POSING SISWA SMA

Authors

DOI:

https://doi.org/10.33603/e.v4i1.211

Abstract

Penelitian pengembangan ini menghasilkan produk berupa instrumen pembelajaran dengan pendekatan scientific disertai strategi what if not dan tes kemampuan mathematical problem posing. Metode penelitian ini terdiri dari: pendahuluan (studi pustaka, observasi, dan wawancara), pengembangan instrumen, penilaian tim ahli, uji coba terbatas pada 10 siswa kelas XII, dan uji coba pada siswa kelas XI di SMA Negeri 2, 3, dan 4 Cimahi dengan peringkat tinggi, sedang, dan rendah. Instrumen pembelajaran yang dikembangkan terdiri dari silabus, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), dan tes uraian. Silabus mengenai materi aturan pencacahan. RPP disusun sesuai dengan pendekatan scientific disertai strategi what if not. Tes disusun sesuai dengan indikator kemampuan Mathematical Problem Posing (MPP). Pada uji coba terbatas terhadap 10 siswa yang telah mempelajari materi aturan pencacahan disimpulkan bahwa instrumen sudah valid untuk mengukur kemampuan MPP. Sebelum dan setelah mendapatkan pembelajaran, siswa mengalami peningkatan kemampuan MPP yang tergolong sedang.

Kata Kunci:   Instrumen, Pendekatan Scientific, Strategi What If Not, Mathematical Problem Posing.

Author Biography

Harry Dwi Putra, STKIP Siliwangi

Pendidikan Matematika STKIP Siliwangi Penata Muda Tk. I / IIIB

References

Bonnoto, C. (2013). Artifacts as Sources for Problem-Posing Activities. Educational Studies in Mathematics , 83, 37-55.

Brown, S. I., & Walter, I. (1990). The Art of Problem Posing (2nd ed.). Hillsdale, NJ: Lawrence Erlbaum Associates.

English, L. D. (1998). Children's Problem Posing within Formal and Informal Contexts. Journal for Research in Mathematics Education , 29 (1), 83-106.

Herman, T. (2007). Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Matematika Tingkat Tinggi Siswa Sekolah Menengah Pertama. Educationist, 1 (1), 47-56.

Kilpatrick, J. (1987). Problem Formulating: Where Do Good Problem Come From? In A. H. Schoenfeld, Cognitive Science and Mathematics Education (pp. 123-147). Hillsdale: Erlbaum.

Muljono, P. (2002). Penyusunan dan Pengembangan Instrumen Penelitian. Lokakarya Peningkatan Suasana Akademik Jurusan Ekonomi (pp. 1-27). Jakarta: FIS UNJ.

NCTM. (2000). Principles and Standards for School Mathematics. Reston, VA: National Council of Teacher Mathematics.

Silver, E. A. (2013). Problem Posing Reseach in Mathematics Education: Looking Back, Looking Around, and Looking Ahead. Educational Studies in Mathematics , 83 (1), 157-162.

Sumarmo, U. (2015, September 5). Mathematical Problem Posing: Rasional, Pengertian, Pembelajaran, dan Pengukurannya. Retrieved from STKIP Siliwangi: http://utari-sumarmo.dosen.stkipsiliwangi.ac.id/files/2015/09/Problem-Posing-Matematik-Pengertian-dan-Rasional-2015.pdf

Winograd, K. (1997). Ways of Sharing Student-Authored Story Problems. Teaching Children Mathematics , 4 (1), 40-49.

Published

2017-03-26

Citation Check