Pengaruh Jenis Alat Ukur Tes dan Strategi Pembelajaran Inquiri terhadap Kemampuan Berbikir Kritis Matematika Siswa Madrasah
DOI:
https://doi.org/10.33603/e.v4i1.200Abstract
ABSTRAK
     Penelitian dengan judul “ Pengaruh Jenis Alat ukur tes dan Pengaruh Strategi Pembelajaran terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematika Siswa Madrasah di DKI Jakartaâ€. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : 1) apakah terdapat pengaruh jenis alat ukur tes terhadap kemampuan berpikir kreatif matematika siswa, dan 2) apakah terdapat pengaruh strategi pembelajaran inquiri terhadap kemampuan berpikir kritis matematika siswa konvensional.
     Penelitian ini dilaksanakan selama kurang lebih 5 bulan terhitung dari kegiatan pengembangan instrument sampai kegiatan laporan hasil yang dimulai pada bulan Juli sampai dengan bulan Oktober 2016. Tempat penelitian di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 4 Jakarta, Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode quasi eksperimen. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik pengambilan sampel cluster random sampling dengan memilih dua kelas sampel secara random dari cluster yang sudah dianggap homogen.
     Hasil penelitian menyimpulkan bahwa tidak terdapat pengaruh jenis alat ukur tes baik dalam bentuk tes obyektif pilihan ganda maupun dalam bentuk tes uraian terhadap kemampuan berpikir kritis matematika siswa Madrasah Aliyah Negeri (MAN). Tidak adanya pengaruh atau efek jenis alat ukur bentuk uraian terhadap kemampuan berpikir kritis matematika siswa disebabkan oleh faktor karakteristik alat ukur tes matematika, dan keterampilan guru matematika dalam mendesain alat ukur tes.   Hasil penelitian juga menyimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan strategi pembelajaran inquiri terhadap kemampuan berpikir kritis matematika siswa. Adanya pengaruh ini disebabkan oleh karena Beberapa factor diantaranya adalah : 1) pembelajaran yang dilakukan sudah diorientasikan pada pengembangan intelektualitas siswa 2) guru telah  melakukan kegiatan pembelajaran dengan adanya prinsip interaksi antara siswa dengan guru; siswa dengan siswa lain; maupun antara siswa dengan sumber belajar lain, 3) melakukan pembelajaran dengan prinsip bertanya, dan 4) melakukan pembelajaran dengan prinsip keterbukaan; dengan melakukan kegiatan refleksi terhadap materi yang sudah dibahas dengan siswaÂ
References
DAFTAR PUSTAKA
Alec Fisher, Berpikir Kritis sebuah Pengantar, ( Jakarta : Erlangga)
Budi Susetyo, Prosedur Penyusunan & Analisis Tes untuk Penilaian Hasil Belajar Kognitif, (Bandung : P T. Refika Aditama, 2015)
Burhan Nugiantoro dkk, Statistik Terapan untuk Penelitian Ilmu-ilmu Sosial, (Yogyakarta : Gajah Mada University Press, 2004)
Dina Mayadiana Suwarna, Suatu Alternatif Pembelajaran Kemampuan Berpikir Kritis Matematika, ( Jakarta : Cakrawala Maha Karya, 2009)
Djaali, Pengukuran dalam Bidang Pendidikan, ( Jakarta : Grasindo, 208)
Erna Suwangsih, Model Pembelajaran Matematika, (Bandung : UPI PRESS, 2006)
Firdausi, Laporan Penelitian; Pengembangan Authentic Assesment untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif; Kemampuan Pemecahan Masalah; dan Sikap Belajar Matematika Siswa, ( Jakarta : LP2M UIN Syarif Jakarta; Laporan Penelitian tidak dipublikasikan,2015)
Erman S.Ar, Evaluasi Pembelajaran Matematika, ( Bandung : UPI, 2003)
I. Supranto, Statistik; Teori dan Aplikasi, (Jakarta : Erlangga, 2001)
Kadir, Statistika Terapan; Konsep, Contoh dan Analisis Data dengan Program SPSS/Lisrel dalam Penelitian, (Jakarta : Raja Grafindo Persada, 2015)
Kunandar, Penilaian Authentik, Penilaian Hasil Belajar Peserta Didik Berdasarkan Kurikulum 2013, Suatu Pendekatan Praktis, ( Jakarta: RajaGrafindo Persada, 2014)
Noehi Nasoetion, dkk; Evaluasi Pembelajaran Matematika, ( Jakarta : Universitas Terbuka, 2007)
Marthen Kanginan dkk, Matematika untuk SMA/MA kelas X ; Kelompok Peminatan Matematika dan Ilmu-ilmu Alam, (Bandung : Yrama Widya, 2014)
Saifuddin Azwar, Reliabilitas dan Validitas, ( Yogyakarta : Pustaka Pelajar, 1997) 5)
Zaenal Arifin, Evaluasi Pembelajaran prinsip teknik dan prosedur ( Jakarta : Remaja Rosdakarya, 2010)
Rifaatul Mahmudah dkk, Peningkatakan kemampuan berpikir kritis dan disposisi matematis siswa SMP dengan menggunakan pendekatan problem possing,
Jurnal Didaktik Matematika, vol.1 No.2, September 2014,Program Studi Pendidikan Matematika, Pascasarjana Unsyiah
Wina Sanjaya, Kajian Kurikulum dan Pembelajaran, (Bandung : SPs UPI, 2007)
Downloads
Published
Issue
Section
Citation Check
License
The author who published his work in this journal agrees to the following terms:
The author reserves the copyright and grants the first publishing rights journal, with works simultaneously licensed under the License: Creative Commons Attribution - Share Alike 4.0 Internasional License that enables others to share works with the acknowledgment of early publication and authorship of the work in this journal.