PENGARUH ONLINE CREDIT SERVICES DAN PROMOSI PENJUALAN TERHADAP ONLINE IMPULSE BUYING MAHASISWA PENDIDIKAN EKONOMI
DOI:
https://doi.org/10.33603/ejpe.v13i2.10874Abstrak
Belanja online telah menjadi tren yang semakin meningkat di kalangan mahasiswa, terutama didukung oleh online credit services dan berbagai strategi promosi yang ditawarkan oleh platform e-commerce. Namun, kemudahan-kemudahan tersebut juga mendorong perilaku impulse buying, terutama di kalangan konsumen muda dengan tingkat literasi keuangan yang beragam. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh online credit services dan promosi penjualan terhadap perilaku impulse buying di kalangan mahasiswa Pendidikan Ekonomi angkatan 2021-2024. Populasi penelitian terdiri dari seluruh mahasiswa aktif di program tersebut, dengan 100 responden yang dipilih sebagai sampel, yang semuanya pernah menggunakan online credit services seperti Shopee Paylater, Gopay Later, atau Kredivo. Data dikumpulkan melalui kuesioner online yang didistribusikan melalui Google Forms dengan menggunakan skala Likert 1-4. Analisis regresi moderasi diterapkan untuk menguji pengaruh langsung dan pengaruh interaksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa online credit services dan promosi penjualan berpengaruh positif dan signifikan terhadap online impulse buying mahasiswa. Lebih lanjut, karakteristik konsumen bertindak sebagai variabel moderasi dengan peran yang berbeda: mereka memperlemah hubungan antara online credit services dan online impulse buying, sementara memperkuat hubungan antara promosi penjualan dan online impulse buying. Temuan ini menunjukkan bahwa emosi dan pengetahuan konsumen dapat mengendalikan atau meningkatkan perilaku impulsif tergantung pada rangsangan eksternal. Studi ini menyoroti pentingnya literasi keuangan sebagai faktor kunci dalam membantu siswa mengelola fasilitas kredit digital dan menangkal strategi pemasaran yang agresif.
Kata Kunci: online credit services, promosi penjualan, online impulse buying, karakteristik konsumen.
Referensi
Bakar, R., Fauziyah, N., & Rahmat, A. (2025). Do consumers perceive impulsive buying and pain of payment? E-commerce transactions using pay later, e-wallet, and cash-on-delivery. Gadjah Mada International Journal of Business, 27(1), 31–59. https://doi.org/10.22146/gamaijb.81568
Chan, T. K. H., Cheung, C. M. K., & Lee, Z. W. Y. (2017). The state of online impulse-buying research: A literature analysis. Information & Management, 54(2), 204–217. http://dx.doi.org/10.1016/j.im.2016.06.001
Denia, R., Yohana, C., & Rahmi. (2023). The effect of sales promotion and hedonic shopping on impulse buying behavior through positive emotion in e-commerce users in Jabodetabek. Digital Business Journal (DIGIBIS), 2(1), 99–111. https://doi.org/10.31000/digibis.v2i1
Dewi, K. (2024). Korelasi festival tanggal kembar Shopee terhadap perilaku impulsive buying Gen Z Kecamatan Ngabang. Iltizam Journal of Shariah Economic Research, 8(1), 94–103. http://dx.doi.org/10.30631/iltizam.v8i1.2505
Febrilia, I., Rahmi, R., Lada, S., & Chekima, B. (2024). Online impulse buying: Investigating the role of e-commerce attributes, customer motivation, and urge to buy impulsively. The Journal of Behavioral Science, 19(1), 95–108. Retrieved from https://so06.tci-thaijo.org/index.php/IJBS/article/view/266699
Jie, W., Poulova, P., Haider, S. A., & Sham, R. B. (2022). Impact of internet usage on consumer impulsive buying behavior of agriculture products: Moderating role of personality traits and emotional intelligence. Frontiers in Psychology, 13, 951103. https://doi.org/10.3389/fpsyg.2022.951103
Mutanafisa, T. A., & Retnaningsih. (2021). The effect of sales promotion and knowledge on impulsive buying of online platform consumers. Journal of Consumer Sciences, 6(1), 77–91. https://doi.org/10.29244/jcs.6.1.77-91
Nomleni, K. E. J., & Timo, F. T. N. (2024). Pengaruh terpaan konten iklan layanan pinjaman online terhadap pembelian impulsif pada Gen Z. Jurnal Ilmiah Dinamika Sosial, 8(1), 40–51.
Panginan, E. K., & Irwansyah. (2020). Fenomena aplikasi kredit dan pinjaman online Kredivo di Indonesia. Jurnal Komunikasi dan Kajian Media, 4(1), 12–26.
Parameswari, R., & Ginny, P. L. (2022). The effect of paylater payment methods on the increase of impulse purchases. Primanomics: Jurnal Ekonomi dan Bisnis, 20(2), 1–11. https://doi.org/10.1109/ICDATE58146.2023.10248527
Prasetio, A., & Muchnita, A. (2022). The role website quality, credit card, sales promotion on online impulse buying behavior. Jurnal Manajemen, 26(3), 424–448. http://dx.doi.org/10.24912/jm.v26i3.922
Sari, R. (2021). Pengaruh penggunaan paylater terhadap perilaku impulse buying pengguna e-commerce di Indonesia. Jurnal Riset Bisnis dan Investasi, 7(1), 44–57. https://doi.org/10.35313/jrbi.v7i1.2058
Soleha, A. N., & Permadi, H. (2024). Pengaruh flash sale dan penggunaan paylater terhadap impulse buying pada marketplace Shopee di Kabupaten Bekasi. Jurnal Ilmu Manajemen Indonesia, 2(2), 56–68.
Sugiyono. (2019). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: CV Alfabeta.
Topino, E., Cacioppo, M., & Gori, A. (2022). The relationship between attachment styles and compulsive online shopping: The mediating roles of family functioning patterns. International Journal of Environmental Research and Public Health, 19(13), 8162. https://doi.org/10.3390/ijerph19138162
Utari, F., & Wijayanti, C. A. (2021). Pengaruh kualitas situs web dan karakteristik konsumen terhadap perilaku pembelian impulsif konsumen pada situs web Tokopedia dengan niat pembelian sebagai variabel mediasi. Journal of Management and Business Review, 18(2), 321–338. https://doi.org/10.34149/jmbr.v18i2.287
Wardhana, A. (2024). E-commerce in the digital edge – edisi Indonesia. Purbalingga: CV. Eureka Media Aksara.
Wulandari, N. T., & Prihatini, A. P. (2022). Pengaruh emosi positif dan promosi penjualan terhadap perilaku pembelian impulsif pada konsumen Shopee (Studi kasus pada mahasiswa Universitas Diponegoro). Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 11(1), 81–91.
Zahara, R. (2019). Pengaruh sales promotion terhadap impulse buying pada konsumen. Jurnal Manajemen Strategi dan Aplikasi Bisnis, 2(1), 39–44. http://dx.doi.org/10.36407/jmsab.v2i1.46
Zhao, H., Peng, H., & Li, W. (2022). Analysis of factors affecting individuals’ online consumer credit behavior: Evidence from China. Frontiers in Psychology, 13, 922571. https://doi.org/10.3389/fpsyg.2022.922571
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Citation Check
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Edunomic : Jurnal Ilmiah Pendidikan Ekonomi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Penulis yang menerbitkan karyanya ke jurnal ini setuju dengan persyaratan berikut:
Penulis menyimpan hak cipta dan memberikan jurnal hak penerbitan pertama, dengan karya yang secara serentak dilisensikan di bawah Lisensi: Creative Commons Attribution - Share Alike 4.0 Internasional License yang memungkinkan orang lain membagikan karya dengan pengakuan penerbitan awal dan kepenulisan karya di jurnal ini.