Pengaruh Self-regulated Learning dan Adversity Quotient terhadap Prestasi Akademik Mahasiswa Pendidikan Ekonomi UNS
DOI:
https://doi.org/10.33603/ejpe.v13i2.10830Abstrak
Penelitian ini meneliti pengaruh self-regulated learning dan adversity quotient terhadap prestasi akademik mahasiswa Pendidikan Ekonomi Universitas Sebelas Maret (UNS). Dengan menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif, penelitian ini melibatkan 189 mahasiswa angkatan 2022–2024 Program Studi Pendidikan Ekonomi. Sampel dipilih dengan teknik proportional random sampling, dengan kriteria partisipasi aktif dalam kegiatan pembelajaran serta memiliki Indeks Prestasi Kumulatif (IPK). Validitas instrumen diuji menggunakan korelasi product moment Pearson, sedangkan reliabilitas diukur melalui Cronbach’s alpha. Analisis data meliputi statistik deskriptif, uji asumsi klasik, dan regresi linear sederhana dengan bantuan SPSS Statistics versi 26. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Self-regulated learning berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi akademik, dibuktikan dengan nilai t-hitung sebesar 10,332 lebih besar dari t-tabel 1,973, dengan tingkat signifikansi 0,000 < 0,05. (2) Adversity quotient juga berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi akademik, dengan nilai t-hitung sebesar 10,175 lebih besar dari t-tabel 1,973, serta tingkat signifikansi 0,000 < 0,05.
Referensi
Asyah, F. F., Nurhikmah, N., & Thalib, T. (2025). The Role of Adversity Quotient in Academic and Social Adjustment: A Study on Non-Local Students in Makassar. EDUTREND: Journal of Emerging Issues and Trends in Education, 2(1), 1–8. https://doi.org/10.59110/edutrend.513
Bandura, A. (1977). Social Learning Theory. Prentice Hall.
Cai, Y., & Guo, J. (2024). The mediating effects of adversity quotient and self-efficacy on college students’ engagement and achievement. Applied Mathematics and Nonlinear Sciences, 9(1), 1. https://doi.org/10.2478/amns-2024-1496
Cikka, H. (2019). Strategi komunikasi guru memotivasi peserta didik dalam meningkatkan prestasi belajar. Jurnal Al-Mishbah, 15(2), 361–380.
Derang, I., Pane, J., & Tamba, M. E. (2023). Hubungan self regulated learning dengan motivasi belajar pada mahasiswa ners tingkat. Jurnal Keperawatan, 15(4), 1903–1914. http://journal.stikeskendal.ac.id/index.php/Keperawatan
Ejubović, A., & Puška, A. (2019). Impact of self-regulated learning on academic performance and satisfaction of students in the online environment. Knowledge Management and E-Learning, 11(3), 345–363. https://doi.org/10.34105/j.kmel.2019.11.018
Fauzi, H. (2020). Strategi pendidikan karakter di perguruan tinggi. AT-TA’LIM Jurnal Kajian Pendidikan Agama Islam, 2(1). www.ejournal.annadwahkualatungkal.ac.id
Huda, T. N., & Mulyana, A. (2017). Pengaruh adversity quotient terhadap prestasi akademik mahasiswa angkatan 2013 fakultas psikologi uin sgd bandung. Jurnal Ilmiah Psikologi, 4(1), 115–132.
Jansen, R. S., van Leeuwen, A., Janssen, J., Jak, S., & Kester, L. (2019). Self-regulated learning partially mediates the effect of self-regulated learning interventions on achievement in higher education: A meta-analysis. In Educational Research Review (Vol. 28, p. 1). Elsevier Ltd. https://doi.org/10.1016/j.edurev.2019.100292
Maramis, J., Glenda, Q., & Waas, T. (2023). Assessing the Impact of adversity quotient on academic achievement of nursing students. Klabat Journal of Nursing, 5(2), 2685–7154. http://ejournal.unklab.ac.id/index.php/kjn
Marie Lontok, J. M., Dawn Reyes, K. T., & Paglinawan, A. L. (2025). The Impact of Adversity Quotient in Perceived Academic Performance of BSA Students in Calamba City, Laguna. The Impact of Adversity Quotient in Perceived Academic Performance of BSA Student in Calamba Laguna, 7(2), 1–3. www.ijfmr.com
Maulidiyah, E. F., Hidayah, M., Sholikhah, A., & Rasyada, D. A. (2024). Peran Self Regulated Learning dalam Meningkatkan Prestasi Akademik pada Mahasiswa. Character Jurnal Penelitian Psikologi, 11(02), 996–1008. https://doi.org/10.26740/cjpp.v11n2.p996-1008
Mawarni, W. D. (2023). Pengaruh efikasi diri dan adversity quotient terhadap prestasi akademik mahasiswa pendidikan ekonomi fkip uns angkatan 2019-2021. Jurnal Pendidikan Ekonomi (JUPE), 11(3), 281–287.
Safitri, A. O., Yunianti, V. D., & Rostika, D. (2022). Upaya Peningkatan Pendidikan Berkualitas di Indonesia: Analisis Pencapaian Sustainable Development Goals (SDGs). Jurnal Basicedu, 6(4), 7096–7106. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3296
Sappaile, B. I., & Pahrijal, R. (2023). Hubungan antara Self-Leadership dan Penyesuaian Akademik pada Mahasiswa Baru. Jurnal Psikologi Dan Konseling West Science, 1(03), 173–180.
Setyawan, N. N. R., & Afriyenti, L. U. (2024). Pengaruh Self Regulated Terhadap Prestasi Belajar. Inspiratif: Journal of Educational Psychology, 3(1), 1–9.
Slameto. (2003). Belajar dan Faktor-Faktor yang Memengaruhinya. Rineka Cipta.
Stoltz, P. G. (1997). Adversity Quotient. John Wiley & Sons.
Sumarni, Nurhidayah, & Supriyanto, A. (2020). The effect of self-regulated learning on academic achievment of puangrimanggalatung university. International Journal on Education, Management and Innovation (IJEMI), 1(3), 203–204.
Suprayogo, I., Sukmo Wardhono, W., & Zulvarina, P. (2025). Pengaruh faktor-faktor internal dan eksternal terhadap keputusan bekerja pada peserta didik rumpun ti di smkn 4 malang. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 9(4), 2548–2964. http://j-ptiik.ub.ac.id
Tarumasely, Y. (2021). Pengaruh self regulated learning dan self efficacy terhadap prestasi akademik mahasiswa. JPE (Jurnal Pendidikan Edutama), 8(1), 71–79. http://ejurnal.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/JPE
Trisiana, A. (2020). Penguatan pembelajaran pendidikan kewarganegaraan melalui digitalisasi media pembelajaran. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 10(2), 31–41.
Walfitri, S. N., Yusri, N. A., & Ardias, W. S. (2023). Pengaruh adversity quotient terhadap stres akademik pada mahasiswa akhir (the effect of adversity quotient on final student’s academic stress). Syiah Kuala Psychology Journal, 1(2), 117–128.
Wardani, N., Ramdani, T., & Dinar Rahmani Hakim, L. (2024). Pola Asuh Orang Tua Menikah Di Usia Dini Di Desa Sukadana Kabupaten Lombok Utara. Jurnal Proceeding Seminar Nasional Mahasiswa Sosiologi, 2(1), 2024. https://www.kompas.com
Zimmerman, B. J. (2002). Becoming a Self-Regulated Learner: An Overview. Journal College Of Education, 41(2), 64–70. https://doi.org/10.1207/s15430421tip4102_2
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Citation Check
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Edunomic : Jurnal Ilmiah Pendidikan Ekonomi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Penulis yang menerbitkan karyanya ke jurnal ini setuju dengan persyaratan berikut:
Penulis menyimpan hak cipta dan memberikan jurnal hak penerbitan pertama, dengan karya yang secara serentak dilisensikan di bawah Lisensi: Creative Commons Attribution - Share Alike 4.0 Internasional License yang memungkinkan orang lain membagikan karya dengan pengakuan penerbitan awal dan kepenulisan karya di jurnal ini.