PENGARUH SELF REGULATED LEARNING TERHADAP PRODUKTIVITAS PENDIDIKAN PELAJARAN EKONOMI XI-F SMAN 1 KARTASURA DIMODERASI FASILITAS BELAJAR
DOI:
https://doi.org/10.33603/ejpe.v13i2.10764Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh self-regulated learning terhadap produktivitas belajar pada mata pelajaran Ekonomi siswa kelas XI-F SMAN 1 Kartasura, serta untuk mengetahui pengaruh self-regulated learning terhadap produktivitas belajar ketika dimoderasi oleh fasilitas belajar. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif deskriptif dengan jumlah sampel sebanyak 125 siswa yang diambil menggunakan teknik proportionate stratified random sampling.
Pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner. Uji validitas menggunakan korelasi bivariat dengan Koefisien Korelasi Product Moment Pearson, sedangkan uji reliabilitas menggunakan Cronbach’s Alpha. Teknik analisis data meliputi uji asumsi klasik (uji normalitas, linearitas, multikolinearitas, dan heteroskedastisitas) serta uji hipotesis menggunakan uji t, regresi linear sederhana, dan analisis regresi moderasi (MRA).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan self-regulated learning terhadap produktivitas belajar. Namun, fasilitas belajar tidak memoderasi hubungan antara self-regulated learning dan produktivitas belajar. Temuan ini menegaskan bahwa faktor internal dan eksternal memiliki peran penting dalam keberhasilan belajar siswa.
Referensi
Abdullah, M. (2015). Metodologi penelitian kuantitiatif. Aswaja Pressindo.
Amruddin, Priyanda, R., Agustina, T. S., Ariantini, N. S., Rusmayani, N. G. A. L., Aslindar, D. A., et al. (2022). Metodologi penelitian kuantitiatif. Pradina Pustaka.
Anggryawan, I. H. (2019). Pengaruh fasilitas belajar dan motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ekonomi. Jurnal Pendidikan Ekonomi (JUPE), 7(3), 71–75. https://doi.org/. https://doi.org/10.26740/jupe.v7n3.p71-75
Bustami, N., Amelia, M., & Selvia, N. (2024). Pengaruh konsep diri, cara belajar, aktivitas belajar, pemanfaatan siswa kelas xi ips pada mata pelajaran ekonomi di man 3 padang. 8, 36440–36446.
Dzakiah, S., & Widyasari, P. (2021). Regulasi diri sebagai mediator interaksi mindfulness dan prokrastinasi akademik. Persona: Jurnal Psikologi Indonesia, 10(1), 48–62. https://doi.org/10.30996/persona.v10i1.4129
Febriani, E. (2023). Pengaruh regulasi diri dan efikasi diri terhadap hasil belajar matematika siswa. Jurnal Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, 1(1), 101–110.
Ginting R, G, B & Santi, N. W. A. (2024). Pengaruh fasilitas belajar dan motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas xi sma negeri 1 sukasada. Ekuitas: Jurnal Pendidikan Ekonomi, 12(2), 234–242. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/EKU
Hanushek, E. A. (2020). Chapter 13: Education production functions. the economics of education, second edition. Academic press
Juniar, N. (2024). Studi literatur: Pengaruh self regulated learning terhadap prestasi belajar siswa. Jendela: Jurnal Pendidikan Elaborasi Athirah, 1(1), 17–24.
Lesmanawati, Y., Rahayu, W., Kadir, & Iasha, V. (2020). Pengaruh self regulated learning terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis siswa sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 4(3), 593–603. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i3.400
Ma, Y., & Guo, W. Y. (2023). Exploring the effect of learning motivation and self-regulated learning climate on undergraduates’ self-regulated learning in higher education. International Journal on Social and Education Sciences, 5(2), 354–366. https://doi.org/10.46328/ijonses.512
Meliyana, A., Arham, A., Panigoro, M., Hafid, R., Hasiru, R., & Sudirman, S. (2023). Pengaruh fasilitas belajar siswa terhadap hasil belajar siswa. Journal of Economic and Business Education, 1(2), 26–33. https://doi.org/10.37479/jebe.v1i2.17904
Nurrahmawati, R., Suherti, H., & Nurdianti, R. R. S. (2024). Pengaruh sikap belajar dan fasilitas pembelajaran terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi. Jurnal Sains Student Research, 2(1), 66–75. https://doi.org/https://doi.org/10.61722/jssr.v2i1.479
Pellokila, I. I., & Taneo, S. T. (2023). Pengaruh regulasi diri kristen terhadap prokrastinasi akademik siswa. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 5(1), 568–576. https://doi.org/10.31004/edukatif.v5i1.4640
Prasetyo, I. E., Taroreh, J., & Kawulur, A. (2023). Pengaruh fasilitas belajar dan motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa kelas xi di sma negeri 1 kawangkoan. Literacy: Jurnal Pendidikan Ekonomi, 4(2), 69–77. https://doi.org/10.53682/jpeunima.v4i2.7582
Rozaini, N., & Panjaitan, P. E. Y. (2020). Pengaruh self regulated learning dan karakter terhadap prestasi belajar mahasiswa pendidikan bisnis universitas negeri medan. Niagawan, 9(1), 14. https://doi.org/10.24114/niaga.v9i1.17651
Rustam, A., & Wahyuni, D. S. (2020). Pengaruh efikasi diri dan regulasi diri terhadap hasil belajar matematika siswa kelas x sma alkhairaat 1 palu. Guru Tua : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 3(1), 61-68.
Sapriani, A., & Supriyadi. (2022). Pengaruh fasilitas belajar terhadap prestasi belajar siswa mata pelajaran ips. Arus Jurnal Pendidikan, 2(2), 97–102. https://doi.org/10.57250/ajup.v2i2.75
Sholiha, T. A., Kurniati, N., Tyaningsih, R. Y., & Prayitno, S. (2022). Pengaruh self-regulated learning (srl) terhadap hasil belajar matematika siswa kelas xi sman 1 masbagik. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(3), 1355–1362. https://doi.org/10.29303/jipp.v7i3.745
Soesana, A., Subakti, H., Karwanto, Fitri, A., Kuswandi, S., Sastri, L., et al. (2023). Metodologi penelitian kuantitatif. Yayasan Kita Menulis.
Zulfikar, A., & Afian, T. (2021). Pengukuran produktivitas sekolah di SMP kota Mataram. Journal Visionary: Penelitian Dan Pengembangan Di Bidang Administrasi Pendidikan, 9(20), 1–10. https://doi.org/10.33394/vis.v9i2.4818
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Citation Check
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Edunomic : Jurnal Ilmiah Pendidikan Ekonomi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Penulis yang menerbitkan karyanya ke jurnal ini setuju dengan persyaratan berikut:
Penulis menyimpan hak cipta dan memberikan jurnal hak penerbitan pertama, dengan karya yang secara serentak dilisensikan di bawah Lisensi: Creative Commons Attribution - Share Alike 4.0 Internasional License yang memungkinkan orang lain membagikan karya dengan pengakuan penerbitan awal dan kepenulisan karya di jurnal ini.