FAKTOR-FAKTOR PENDORONG PERILAKU KONSUMTIF MAHASISWA PENDIDIKAN EKONOMI TERHADAP E-COMMERCE
Studi Kualitatif di UM Palangkaraya
DOI:
https://doi.org/10.33603/ejpe.v13i2.10755Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor pendorong perilaku konsumen mahasiswa pendidikan ekonomi terhadap e-commerce. Penelitian ini merupakan analisis deskriptif kualitatif yang mengandalkan data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data dengan observasi dan wawancara. Informan kunci dalam penelitian ini berjumlah 3 mahasiswa dengan penentuan teknik Snowball Sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor-faktor pendorong perilaku konsumen mahasiswa pendidikan ekonomi terhadap e-commerce adalah; 1). Faktor internal: a. Gaya hidup (Lifestyle), b. Keinginan untuk eksis (citra diri), c. Manajemen keuangan yang buruk, d. Emosi dan psikologi. 2). Faktor eksternal: a. Diskon, promosi, dan cashback, b. Iklan dan influencer di media sosial, c. Kemudahan Akses dan Sistem Pembayaran, d. Lingkungan Sosial.
Referensi
ANDARIE, Y. (2019). Bekerja Paruh Waktu Sebagai Gaya Hidup Modern Mahasiswa (Studi Kasus Mahasiswa Universitas Diponegoro). Fakultas Ilmu Budaya.
Erwin, E., Subagja, A. D., Masliardi, A., Hansopaheluwakan, S., Kurniawan, S. D., Darmanto, E. B., & Muksin, N. N. (2023). Bisnis Digital: Strategi dan Teknik Pemasaran Terkini. PT. Green Pustaka Indonesia.
Farichin, S. N. (2022). Pengaruh digitalisasi dalam bidang e-commerce terhadap perilaku konsumtif mahasiswa UIN Sunan Ampel. JURNAL SOSIAL Jurnal Penelitian Ilmu-Ilmu Sosial, 23(1), 34–39.
Jabat, D. E. B., Tarigan, L. L., Purba, M., & Purba, M. (2022). Pemanfaatan platform e-commerce melalui marketplace sebagai upaya peningkatan penjualan. Skylandsea Profesional Jurnal Ekonomi, Bisnis Dan Teknologi, 2(2), 16–21.
Maulana, A., Purtina, A., & Rezki, I. (2025). Pengaruh Literasi Keuangan dan Gaya Hidup Terhadap Pengelolaan Keuangan Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Palangkaraya. Neraca: Jurnal Pendidikan Ekonomi, 10(2 SE-Articles), 174–182. https://doi.org/10.33084/neraca.v10i2.9719
Melinda, M., Lesawengen, L., & Waani, F. J. (2022). Perilaku Konsumtif Dan Kehidupan Sosial Ekonomi Mahasiswa Rantau (Studi Kasus Mahasiswa Toraja Di Universitas Sam Ratulangi Manado. Jurnal Ilmiah Society, 2(1).
Nurjannah, N., Nurdiana, N., & Ampa, A. T. (2023). Perilaku konsumtif mahasiswa pendidikan ekonomi sebagai dampak perkembangan e-commerce. Jurnal Pendidikan Ekonomi (JUPE), 11(2), 186–192.
PRATIWI, L. A. Y. U. S. (n.d.). PENGARUH KONFORMITAS, KUALITAS INFORMASI, DAN SIKAP HEDONISME TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF PENGGUNA E-COMMERCE (Studi Kasus Pengguna Aplikasi Shopee Kota Bekasi).
Rachel, R., & Rangkuty, R. P. (2020). Konsumerisme dan Gaya Hidup Perempuan di Ruang Sosial: Analisis Budaya Pembedaan Diri di Lingkungan FISIP Unimal. Jurnal Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik Malikussaleh (JSPM), 1(1), 97–113.
Roslan, S., Anggraini, D., & Minanda, A. (2018). Perilaku konsumtif belanja online pada mahasiswa fakultas ilmu sosial dan ilmu politik universitas halu oleo kendari. Haluoleo University.
Sa’idah, I., Laily, N., Liyana, E., & Aryani, A. (2025). Perilaku Konsumtif Gen Z di Era Digital: Studi Kasus di Kabupaten Pamekasan. DA’WA: Jurnal Bimbingan Penyuluhan & Konseling Islam, 4(2), 95–106.
Saputra, R., & Wala, G. N. (2024). Pengaruh Tekanan Sosial Terhadap Perilaku Konsumtif (Study Literature Review). Jurnal Komunikasi Dan Ilmu Sosial, 2(3), 111–122.
Satrio, R., Wati, K. A., Destiyana, A., & Sanjaya, R. (2024). Pengaruh Gaya Hidup Hedonisme terhadap Perilaku Manajemen Keuangan Mahasiswa. Jurnal Publikasi Ilmu Manajemen, 3(4), 26–35.
Wan, X., Yang, D., & Teng, Z. (2022). Blockchain digital technology empowers E-commerce supply chain sustainable value co-creation decision and coordination considering online consumer reviews. Applied Soft Computing, 130, 109662.
Yusuf, M., Sutrisno, S., Putri, P. A. A. N., Asir, M., & Cakranegara, P. A. (2024). Prospek Penggunaan E-Commerce Terhadap Profitabilitas Dan Kemudahan Pelayanan Konsumen: Literature Review. Jurnal Darma Agung, 30(3), 786–801.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Citation Check
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Edunomic : Jurnal Ilmiah Pendidikan Ekonomi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Penulis yang menerbitkan karyanya ke jurnal ini setuju dengan persyaratan berikut:
Penulis menyimpan hak cipta dan memberikan jurnal hak penerbitan pertama, dengan karya yang secara serentak dilisensikan di bawah Lisensi: Creative Commons Attribution - Share Alike 4.0 Internasional License yang memungkinkan orang lain membagikan karya dengan pengakuan penerbitan awal dan kepenulisan karya di jurnal ini.