PENGEMBANGAN E-MODUL INTERAKTIF PADA MATERI PELAKU KEGIATAN EKONOMI SEBAGAI PENDUKUNG BAHAN AJAR KEMANDIRI SISWA

dika arfin isnaini

Sari


Abstract

The problems contained in learning at SMAN 1 Dsidoarjo about the difficulty of students understanding the material. With the Covid-19 pandemic, the need fpr a teaching material for students in order to be able to better understand the materials provided by teachers such as Electronic Module teaching materials or often called E-modules developed using the Flipbook Application. With that the learning process will be more maximal. This research uses a Research and Development research model designed with a 4-D model (four D-Models, there are 4definition planning (design), development (development), deployment (dessiminate). Rith this teaching material is expected to later be trialled on a wider scale. The subjects of this study amounted to 36 students at positive impact on student understanding and learning autcomes.

Keywords: Teaching Materials, Flipbook-based E-modules, understanding the material, student independence


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Daryanto. (2013). Menyusun modul bahan ajar untuk persiapan guru dalam mengajar. Yogjakarta: gava media.

Endang novita tjiptiany, abdur rahman as’ari, m. M. (2016). Pengembangan modul pembelajaran untuk membantu siswa sma kelas x dalam memahami materi peluang. Jurnal pendidikan : teori, penelitian, dan pengembangan, 1(2009), 1938–1942.

Jauh, j., sma, d., & sa, k. (2021). Edukatif : jurnal ilmu pendidikan pengembagan e-modul berbasis digital flipbook untuk mempermudah pembelajaran. 3(4), 1298–1308.

Juniati, e., & widianti, t. (2015). Pengembangan buku saku berbasis mind mapping dan multiple intelligences materi jamur di sma negeri 1 slawi. Unnes journal of biology education, 4(1), 37–44.

Linda, r., & putra, t. P. (2021). Peningkatan kemandirian dan hasil belajar peserta didik melalui implementasi e-modul interaktif ipa terpadu tipe connected pada materi energi smp / mts pendahuluan. 9(2), 191–200. Https://doi.org/10.24815/jpsi.v9i2.19012

Muhson, a. (2010). Pengembangan media pembelajaran berbasis teknologi informasi. Jurnal pendidikan akutansi indonesia, viii(2).

Nita sunarya herawati, a. M. (2018). Pengembangan modul elektronik (e-modul) interaktif pada mata pelajaran kimia kelas xi sma. Jurnal inovasi tekonologi pendidikan, 5(2), 180–191.

Prastowo, a. (2011). Bahan ajar inovatif. Yogjakarta: diva press.

Priatna, i. K., putrama, i. M., gede, d., & divayana, h. (2017). Pembelajaran project based learning pada mata pelajaran videografi untuk siswa kelas x desain komunikasi visual di smk negeri 1 sukasada. Jurnal nasional pendidikan teknik informatika (janapati), 6, 70–78.

Rasiman. (2014). Efektivitas resource- based learning berbantuan. 1(september).

Rini sefriani, r. S. (2020). Pengembangan media e-learning berbasis schoology pada pembelajaran kurikulum pendidikan teknologi dan kejuruan. 2(1), 8–14.

Sugiarti, l. (2013). Pengaruh bahan ajar terhadap kualitas hasil belajar materi konstruksi pola pada prodi pkk tata busana. Fashion and fashion education, 2(1), 48–54.

Sugihartini, n., & jayanta, n. L. (2017). Pengembangan e-modul mata kuliah strategi pembelajaran. Jurnal pendidikan teknologi dan kejuruan, 14(2), 221–230.

Sugiyono. (2010). Metode penelitian pendidikan. Bandung: alfabeta.

Sujarweni, v. W. (2014). Spss untuk penelitian. Yogyakarta: pustaka baru press.

Suprijono, a. (2009). Cooperative learning: teori & aplikasi paikem. Pustaka pelajar.

Tania, l. (2013). Pengembangan bahan ajar e-modul sebagai pendukung pembelajaran kurikulum 2013 pada materi ayat jurnal penyesuaian perusahaan jasa siswa kelas x akuntansi smk negeri 1 surabaya joni susilowibowo abstrak.

Thiagaraja, s. A. O. (1974). Development for training teachers of exceptional childern: asourcebook. Indiana univ,bloomingtoon: center forinnovation in.

Triyono, m. B. (2015). The indicators of instructional design for e- learning in indonesian vocational high schools. Procedia - social and behavioral sciences, 204(november 2014), 54–61. Https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2015.08.109

Wiyanto, a. (2012). Panduan karya tulis guru. Galangpress publisher.

Wulansari, e. W., kantun, s., & suharso, p. (2018). Pengembangan e-modul pembelajaran ekonomi materi pasar modal untuk siswa kelas xi ips man 1 jember tahun ajaran. 12, 1–7. Https://doi.org/10.19184/jpe.v12i1.6463.




DOI: http://dx.doi.org/10.33603/ejpe.v10i2.7075

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.
execute(); ?>