Analisis Pedagogical Content Knowledge Buku Guru IPAS Muatan IPS SD Kurikulum Merdeka

Indah Aulia Ayuning Pertiwi, Revaldhi Athallah S, Tin Rustini

Sari


Abstrak. Pedagogical Content Knowledge merupakan suatu konstruksi akademik yang menggambarkan suatu ide yang dapat membangkitkan minat untuk mempelajari sesuatu (Loughran, 2006). PCK adalah pengetahuan yang dikembangkan oleh guru dari waktu ke waktu dan melalui pengalaman tentang bagaimana mengajarkan konten tertentu dengan cara tertentu untuk meningkatkan pemahaman siswa. Penulisan artikel ini bertujuan untuk mendeskripsikan Pedagogical Content Knowledge terhadap buku guru IPAS kelas IV pada muatan IPS sekolah dasar Kurikulum Merdeka. Persentase Pedagogical Content Knowledge secara keseluruhan yang muncul dalam buku guru IPAS kelas IV adalah sebesar 75% dan tergolong ke dalam kategori tercapai. Berdasarkan temuan ini dapat diketahui bahwa komponen Pedagogical Content Knowledge yang muncul pada buku guru IPAS kelas IV pada muatan IPS sudah cukup baik, meskipun belum maksimal. Meskipun demikian buku guru IPAS kelas IV tetap tidak bisa dijadikan satu-satunya sumber rujukan bagi guru dalam melaksanakan pembelajaran di SD. Guru tetap memerlukan sumber lainnya dalam merancang dan melaksanakan pembelajaran terutama dalam aspek perbedaan perlakuan terhadap siswa.

Kata Kunci: Pedagogical Content Knowledge (PCK), IPAS, Kurikulum Merdeka

 


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Agustina, N. S., Robandi, B., Rosmiati, I., & Maulana, Y. (2022). Analisis Pedagogical Content Knowledge terhadap Buku Guru IPAS pada Muatan IPA Sekolah Dasar Kurikulum Merdeka. Jurnal Basicedu, 6(5), 9180–9187. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i5.3662

Asniar, K, A., & Jafar, M. I. (2022). Hubungan antara Variasi Mengajar Guru dengan Motivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar. JPPSD: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 2(1), 440–444. https://doi.org/10.26858/pjppsd.v2i1.27377

Bahri, S. (2017). Pengembangan Kurikulum Dasar Dan Tujuannya. Jurnal Ilmiah Islam Futura, 11(1), 15–34.

Battencourt, A. (1989). What is Constructivism and Why Are They All Talking About It? Michigan State University.

Dewantara, I. P. M., & Paramartha, A. A. G. Y. (2021). How Integrated Is The 2013 Primary School Curriculum? 2nd International Conference On Technology And Educational Science (ICTES 2020), 296–304.

Djamarah, S. B., & Zain, A. (2006). Strategi Belajar Mengajar. Rineka Cipta.

Fitri, A., Rasa, A. A., Kusumawardhani, A., Nursya’bani, K. K., Fatimah, K., & Setianingsih, N. I. (2021). Buku Panduan Guru Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial untuk SD kelas IV (1st ed.). Pusat Kurikulum dan Perbukuan Badan Penelitian dan Pengembangan dan Perbukuan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.

Glasersfeld, V. E. (1989). Knowing Without Methapysics:Aspect Of The Radical Constructivist Potition. Sage.

Hermawan, H., Darmawan, D., Supriadie, D., & Wahyudin, D. (2007). Teori Mengajar (M. Ali, N. S. Sukmadinata, D. Sudjana, & W. Rasyidin (eds.)). Pedagogiana Press.

Kirom, A. (2017). Peran Guru Dan Peserta Didik Dalam Proses Pembelajaran. Al Murabbi, 3(1), 69–80.

Latifah, N., & Supena, A. (2021). Analisis Attention Siswa Sekolah Dasar Dalam Pembelajaran Jarak Jauh di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Basicedu, 5(3), 1175–1182. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i3.887

Loughran, J. et. al. (2006). nderstanding and Developing Science Teachers Pedagogical Content Knowledge. Sense Publishers.

Magdalena, I., Prabandani, R. O., & Rini, E. S. (2021). Analisis Taksonomi Bloom sebagai Alat Evaluasi Pembelajaran di SDN Kosambi 06 Pagi. Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 3(2), 227–234.

Mutiani, M., Sapriya, S., Handy, M. R. N., Abbas, E. W., & Jumriani, J. (2021). Pembinaan Etika Peserta Didik Melalui Pembelajaran Tematik Integratif di Sekolah Dasar. EDUKATIF: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(3), 704–709.

NRC. (1996). National Science Education Standards. The National Academy of Science, National Academy Press.

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 74 tahun 2008 tentang Guru.

Resbiantoro, G. (2016). ANALISIS PEDAGOGICAL CONTENT KNOWLEDGE (PCK) TERHADAP BUKU GURU SD KURIKULUM 2013. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 6(3), 153–162. https://doi.org/https://doi.org/10.24246/j.scholaria.2016.v6.i3.p153-162

Saifudin, M. F., & Sukma, H. H. (2019). Pedagogical Content Knowledge (PCK) Calon Guru SD Melalui Mata Kuliah Pengembangan dan Praktik Pembelajaran Bahasa dan Sastra SD. Jurnal VARIDIKA, 30(2), 55–63.

Suparno, P. (1997). Filsafat Konstruktivisme dalam Pendidikan. Kanisius.

Surat Keputusan Mendikbudristek No. 262 Tahun 2022 tentang Perubahan Atas Keputusan Menteri Pendidikan, Kebudayaan , Riset , Dan Teknologi Nomor 56/M/2022 Tentang Pedoman Penerapan Kurikulum Dalam Rangka Pemulihan Pembelajaran.

Surat Keputusan Mendikbudristek No. 56 Tahun 2022 tentang Pedoman Penerapan Kurikulum dalam rangka Pemulihan Pembelajaran.




DOI: http://dx.doi.org/10.33603/caruban.v6i1.7984

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.
execute(); ?>